Thursday, August 27, 2015

Ceker Setan, Ghani Fatahillah mendapatkan Profit 60Juta/bulan dari ISENG dan GRATISAN.


Ada orang bandung? Kalau orang bandung mungkin akan tahu kuliner ceker setan. Kuliner makanan ceker dengan rasa pedas. Rumah makan ini hampir tidak pernah sepi alias rame dikunjungi konsumen. Kini Ceker setan kurang lebih bisa menghasilakn profit atau penghasilan bersih sekitar 40juta/bulan. 

Tahu gak seh modal dan ide mendirikan ceker setan ini dari mana? 

Jawabannya Modal ISENG dan GRATISAN.

Ghani Fatahillah

Inilah yang disebut dengan the power of social media. Owner Ceker setan adalah seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Bandung yaitu manajemen informatika LPKIA. Saat kuliah karena hobinya makan dia suka posting hasil jelajah kulinernya di akun sosial media twitternya. 

Saat kuliah karena banyak waktu senggang, Daripada tidak ada kerjaan dia iseng-iseng suka menginformasikan hasil jelajah kulinernya dibandung di akun media sosial twitternya. Eh lama-lama banyak yang Follow. Apalagi saat itu akun media social twitter lagi sangat boomingnya
.
 “Semuanya bermula dari iseng, pas nunggu kuliah di tahun 2010. Awalnya pakai akun pribadi menceritakan tempat-tempat kuliner di Bandung, ternyata banyak yang follow, akhirnya saya ubah akun tersebut jadi @kuliner_bandung sejak 30 Juni 2010,”

Setelah tergesit merubah ide menjadi @kuliner_bandung dia semakin konsisten dan rajin menginformasikan seputar kuliner bandung. Terutama informasi berdasarkan keramaiannya, misal tempat makan malam yang rame di bandung yang enak dan murah dimana atau kuliner jajanan bandung yang enak dan rame dimana.


Hingga akhirnya jumlah Follower twitternya terus bertambah hingga 400ribu follower lebih mungkin bisa dikatakan sekarang adalah akun kuliner terbesar di bandung. Karena akun twiiternya sangat tersegmen yaitu kuliner bandung dan memiliki banyak follower tak heran mulai banyak yang minta pasang iklan di twitternya.

Ghani Fatahillah pertama kali mendapatkan tawaran promosi dari  sebuah restoran iga bakar. tawaran iklan memasang tarif  sekitar Rp.100.000 dengan durasi per-bulannya. Hingga akhirnya bisa mencapai 100pengiklan lebih dengan tarif berbeda.

“Alhamdulillah, sampai sekarang, nyaris 100 tempat pernah berpromosi, mulai dari tempat makan kelas kaki lima, kedai makan, kafe, restoran, hingga hotel mewah,”

Dari akun twitternya dia bisa meraih pendapatan bersih sekitar 20juta/bulannya, apalagi saat bulan puasa bisa bertambah penghasilannya. Karena sering mendapatkan liputan langsung tempat makan dan Melihat kesuksesan tempat makan yang diiklankannya semakin rame membuatnya tergiur. Muncullah ide untuk membuat tempat makan sendiri.

“Karena kabita (tergiur-red.), saya diskusi sama keluarga. Kebetulan bibi saya jago masak, muncullah ide jualan ceker setan. Nama setannya karena saking pedasnya, kebetulan waktu itu di Bandung lagi musim keripik-keripik pedas yang merembet ke mana-mana”

Maka lahirlah @CekerSetan sejak 13 Februari dengan jasa delivery. Respon pasar sangat baik minggu awal sudah bisa mengirim puluhan paket. Lantas dia semakin memanfaatkan akun twitternya @kuliner_bandung untuk mempromosikan tempat makannya.

Omset semakin membesar hingga lebih 120juta/bulan dengan profit hingga 40juta/bulan. Jika digabungkan dengan twitter penghasilannya bersihnya perbulan bisa lebih dari 60juta/bulan.

Karena paham benar berawal dari Social media yaitu twitter, Ghani Paham benar bahwa social media sangat powerfull. Ketika ada social media yang baru yang booming yaitu instagram, dia tidak menyia-nyia kan kesempatan tersebut. 

Apalagi instagram sangat cocok dengan kuliner karena social media tersebut berbasis utama photo. Jadi sangat klop dengan akun media socialnya yaitu kuliner. Ghani pun membuat akun instagram kuliner bandung di instagram dengan memanfaatkana akun social media twitternya untuk mempromosikannya. Kini akun social media instagramnya sudah mencapai hampir 200ribu.

Pundi-pundi Ghani pun semakin bertambah, apalagi yang paham bagaimana larisnya jualan diinstagram karena twitter yang semakin redup. Beh..

Hanya modal iseng update status, sembari duduk-duduk leyeh dan minum kopi bisa penghasilan lebih 20juta/bulan. Ya itulah modal kretifitas dan konsisten memanfaatkan internet terutama social media. Banyak peluang yang bisa kita dapatkan diinternet asalkan kita tekun dan kreatif.

Nah setelah instagram kini muncul Line@, banyak yang sudah menghasilkan manisnya jualan dengan Line@. Contoh dari Titis Mutiara yang beromset ratusan juta hingga  Andika Putra Primakusumah yang beromset 2.4 Milyar hanya dengan Line.

Kabar gembarinya, Pemain Line@  masih belum terlalu banyak artinya PELUANG dalam membangun bisnis ataupun mengembangkan bisnisnya anda.

Jadi sudah punya Line@ ?







Sumber data:
majalahtower.com
dan social media @kuliner_bandung
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete