Wednesday, August 5, 2015

Inilah mengapa Bank BNI menjadi salah satu Bank terdepan di Indonesia



Pernakah  anda masuk ke cabang Bank BNI dan BRI, apakah menemukan perbedaannya? Jika memperhatikan cabang Bank BRI tampilan kantor dan isinya lebih sedikit tidak rapih di bandingkan dengan Bank BNI yang tampilannya lebih rapih. Menurut anda apakah hal tersebut tidak disengaja?

Jika jawabannya Ya kurasa itu kurang tepat, tetapi itu kemungkinan besar disengaja sebagai strategi pemasaran Bank nya. Lho kok gitu, bukannya lebih rapih harusnya lebih bagus? Ya tapi justru orang-orang yang di daerah mereka akan segan masuk ke Bank apalagi bank BRI adalah bank yang segmennya masyarakat bawah seperti petani, peternak, tukang kebun dll.

Mereka biasa di tempat yang bisa dikatakan tidak rapih dan kotor, Jika mereka datang ke sebuah tempat yang rapih, bersih dan wangi mereka tentu mungkin sebagian akan minder atau segan untuk masuk. Kalau masuk aja segan apalagi lagi nabung. Mereka lebih nyaman jika tempatnya lebih kurang rapih jadi seperti yang biasa mereka lihat di tempat kerjaannya. Ya itu merupakan bagian dari strategi pemasaran Bank BRI.

Lalu bagaimana dengan Bank BNI yang tampilan lebih rapih, bersih dan nyaman jika di bandingkan dengan Bank BRI. Ya itu juga merupakan bagaian dari strategi pemasaran mereka. Lagi-lagi yang harus dibahas adalah mengenai siapa target pasar mereka. Target pasar Bank BNI jika diperhatikan adalah lebih atas sedikit dari Bank BRI yaitu nasabah kecil dan menengah.

Sehingga tampilannya disesuaikan dengan target pasar atau sebisa mungkin harus cocok dengan target pasarnya, Kasusnya mungkin akan sama jika target pasarnya seperti Bank BRI kebanyakan mereka akan minder atau sungkan masuk ke tempat yang kelihatan agak berkelas. Lalu bagaimana menangani masalah tersebut.

Ya Jawabannya adalah sesusi tagline bank BNI yaitu Melayani Negeri Kebanggaan Bangsa, Kuncinya adalah dikata Melayani. 

Sebagai kasus saya akan cerita bagaimana pengalaman saya sebagai nasabah Bank BNI hingga sekarang. Awalnya saya menjadi nasabah Bank BNI karena waktu itu sebuah persyaratan untuk pembayaran SPP, Saya kuliah di Unpad Jatinangor.

Saya yang masih gaptek dan ndeso karena memang dari Desa memang agak sedikit minder atau segan ketika mau bikin buku tabungan bank BNI. Waktu itu saya bikin buku tabungan bank BNI yang berlokasi di dekat kampus Unpad Jatinangor.

Waktu itu saya masih memakai seragam SMA karena baru dari OSPEK Kampus. Biasalah dari Ndeso jadi agak minder jadi waktu itu Cuma berdiri di dekat pintu Bank BNI. Tak lama kemudian datanglah Satpam Bank BNI sebutlah Sumarno sebagai nama samaran.

Sumarno datang dengan senyum dan langsung menanyakan “iya mas ada yang bisa di bantu?”
Balas saya “nganu mas mau bikin tabungan”
“Oh mas bawa photo copy KTP dan persyaratan lainnya?” Tanya Sumarno
“Bawa mas”
“Kalau gitu silakan isi formulir ini (sambil mengajak saya ke tempat formulir)… isi ini dengan ini.. dan ini dengan ini.., kemudian ambil tiket antrian… dan silakan di tunggu”
“Oke mas..” Jawab saya

Dari sini saya melihat bagaimana mengubah satpam yang seharusnya menakutkan berubah menjadi customer service yang memandu dan menyenangkan, mereka juga mencoba untuk lebih dekat dengan konsumen dengan memperlihatkan mimik muka yang natural. Mereka paham bawa konsumen itu gaptek dan ndeso sehingga berusah menempatkan diri sebagai pemandu yang ramah.

Beberapa hal lainnya yang suka dilakukan satpam Bank BNI adalah membukakan pintu, mengucapkan salam atau bantuan, mengambil tiket dan membantu membayarkan SPP via atm atau transaksi lainnya.

Saya sendiri pernah diberi bantuan untuk membayar SPP via ATM oleh satpam bank BNI. Satpam Bank BNI inilah yang menurut saya menjadi kunci kesuksesan awal Bank BNI. Mereka pintu utama yang menghilangkan sesuatu yang ditakuti konsumen yaitu minder atau segan, Konsumen kini tidak segan lagi. Tidak jarang saya lihat satpam ngobrol dengan konsumen sekadar untuk melayani pertanyaan-pertanyaan konsumen yang tidak ada hubungannya dengan persoalan bank. Sehingga tidak ada Gap minder atau segan lagi.

Selanjutnya jika kita memperhatikan ruangan Bank, Mereka akan memperlihatkan kenyamanan, kerapihan dan kebersihan. Tempat duduk antri yang nyaman, Televisi dan AC.  setidaknya saat saya menunggu antrian tidak merasa bosan dan tidak nyaman.

Lanjut ke Customer servicenya, Seperti biasa mereka terlihat professional, ramah dan cekatan. Mereka melayani dengan tidak berusaha memperlihatkan mereka terburu-buru mereka menghormati dan menghargai siapapun yang datang. Hal penting lainnya mereka selalu memberi kesempatan untuk kita bertanya hal yang tidak dimengerti atau yang masih mengganjal.

Kadang banyak layanan yang bikin kita males sehingga kita malas mengutarakan maksud dan tujuan karena takut dianggap gaptek, ndeso dan membuang-buang waktu. Mereka tidak begitu apapun yang disampaikan konsumen itu hal yang penting.

Beberapa layanan yang pernah saya alami adalah bayar SPP, membuat atm dan tabungan, menabung, penarikan tabungan dan yang terakhir membuat BNI Debit Online.

Saat melayani konsumen mereka berusaha menempatkan setara agar konsemun merasa tidak malu kalau mereka gaptek dan ndeso. Layaknya konsultan mereka juga mengedukasi dan memberikan solusi untuk masalah yang konsumen hadapi.

Waktu saat pembuatan debit online mereka menjelaskan dengan detail hingga mencobakan atau mencotohkannya dan memberikan rekomendasi sesuai dengan kebutuhan atau permasalahan kita.
Mereka sangat senang jika kita mau bertanya atau menanyakan sesuatu.

Walau kelihatan sempurna tapi namanya juga manusia semua tapi kadang mereka juga lelah, Jadi saat lelah mereka mungkin agak sedikit senyum iklas saat melayani tetapi masih tetap berusaha melayani dengan baik.

Ya kenapa bank BNI menjadi salah satu bank terbaik di Indonesia bahkan internasional karena mereka melayani dengan baik konsumennya, seperti taglinenya. Terus bagaimana cara bisa melayani baik konsumenya? Ya paham tentang konsumennya.

BNI mencoba melayani lebih dekat denga konsumennya karena mereka paham itu kuncinya.
Jadi jangan segan lagi datang ke Bank BNI untuk menanyakan sesuatu tentang Bank.

SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

2 comments:

  1. Thankss mba Tetty... saya sudah berkunjung di blog mba.. Keren sekali ! :)

    ReplyDelete