Monday, December 12, 2022

Baterai Entrepreneur yang Rapuh

Jalan Panjang yang akan dilalui entrepreneur atau pengusaha akan dirasakan setelah setidaknya satu tahun berjalan. Setidaknya akan ada rasa  lelah, bosan dan banyak cobaan terutama yang tidak ada kemajuan dalam bisnisnya.

Setidaknya Jika anda mulai tersesat atau rapuh berjalan di jalan pengusaha ini, Maka jangan lupa untuk mencharge kembali baterai pengusaha anda atau Jangan lupa untuk berinvestasi dalam baterai-baterai pengusaha berikut.

1. Uang

Selama pemasukan lancar tentu ini menjadi pondasi yang bagus, Namun jika stagnan anda harus bisa memutar otak anda, setidaknya ada cadangan pemasukan dari chanel lainnya. Karena jika pondasi ini rapuh, anda harus terus memupuknya dengan pemasukan lainnya. 

Ya bisnis adalah layaknya investasi, di awal atau sudah lama belum mendapatkan hasilnya yang diharapkan selama anda masih yakin bisnis ini akan berbunga atau bermekaran. Tentu anda harus memupuk dari sumber penghasilan lainnya.

2. Kesukaan

Walaupun itu jenis bisnis yang anda sukai atau malahan bukan bidang yang anda sukai, tentu rasa jenuh, bosan dan lelah akan menghantui. Nah jika anda jike mulai merasakan bosan seperti itu, Maka anda harus memutar otak anda, atau mencari celah agar anda menyukai atau setidaknya ada hal yang mulai disukai.

Karena jika anda mulai tidak menyukai atau tidak ada yang disukai anda akan mulai meninggalkannya atau mulai layu, layaknya kebun yang ditinggalkan akan mulai rusak kebun atau bisnis andanya.

3. Sistem Support

Jangan terlena ketika mulai mendapatkan uang, karena jika anda mulai tidak memikirkan sistem support seperti pegawai atau sistem alat maka selanjutnya anda akan terjatuh dan akan susah bangkit kembali ( butitran debu).

Ya seperti kata motivator jika ingin berjalan lama dan lama berjalan lah bersama tim, Setidaknya ketika anda mulai jenuh tim akan menghandle untuk sementara.

Sistem support bisa teman atau kenalan dengan sistem berbagi hasil, berbagi ilmu, berbagi informasi hingga berbagi makanan. Maka anda harus menjaga dan memelihara sistem support tersebut agar bisnis anda bisa bertahan.

4. Teman

Teman adalah orang yang bisa diajak bicara secara santai untuk setidaknya saling berbagi pengalaman hidup untuk dicandakan. Ya setidaknya bisa diajak curhat, tanpa ini hidup ini setidaknya ada yang kurang. 

Jika anda belum menemukan teman seperti di atas, maka anda harus segera mencarinya setidaknya seperti teman, kekasih, hingga mentor

5. Ibadah

Jika Bisnis anda hanya bisa mencukupi saja dan mencukupi pegawai atau partner anda. Maka anda harus mulai kembali ke niat bahwa semua yang dikerjakan adalah ibadah termasuk bisnis anda yang untuk menghidupkan anda dan pegawai atau partner anda.

Maka bersyukur setidaknya mencukupi walaupun belum bisa mewah, awas jangan tergganggu rumput tetangga yang hijau karena belum tentu kita butuh rumput tersebut

Jika semua baterai di atas tidak dirawat ibarat pohon akan layu, Maka coba cek baterai manakah yang belum di charge kembali karena semua adalah bagian elemen penting

SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment