Saturday, September 24, 2016

KAMPRET Memang Rival Bisnisku !


Jika anda penggemar automotive atau pemilik mobil dengan lambang bulat dan segita seperti gambar di atas pasti paham apa maksud gambar tersebut. 

Tapi jika anda hanya punya honda beat yang masih nyicil kurang lebih seperti saya pasti kurang paham. Ya kami biasanya hanya fokus bagaimana bisa membayar cicilan tiap bulan yang semakin jatuh tempo agar motor masih tetap dipake.

Merk bagi kami tidak terlalu penting yang penting BISA jalan. Ya kami kaum fungsional bukan kaum Emosional. Gan kok malah curhat -__- ? Eh maaf khilaf

Baik ane coba sedikit sok-sok-an jelaskan ya gan. Gambar tersebut adalah ucapan ulang tahun dari perusahaan mobil Mercedess ( identik dengan logo lingkaran segita) ke perusahan mobil BMW ( identik dengan dua lubang angin radiator di moncong depannya) yang arti kalimat setatusnya " Rangga yang lakukan ke aku tuh jahat !" << #dem mulai lagi neh penulis ga jelas #pletak

#Aw oh iya maksudnya " Terimakasih untuk 100 tahun kompetisinya, 30 tahun sebelumnya kami sungguh membosankan/monoton" Sungguh dalam ya guys ucapannya ulang tahunnya #BilangAjaGaPaham

Sebenarnya itu sindiran atau beneran ucapan terimakasih ya? Hayo tebak?

Mungkin bagi sebagian orang terutama yang benci persaingan bisnis, itu bisa diartikan sindiran tapi bagi yang sudah lama dan sukses bisnisnya, itu dalah pujian yang sangat dalam dan menyentuh atau bahasa jawanya so sweat.

Kok gitu ya? Mari kita bedah satu persatu.

Sudah menjadi hukumnya atau kaum muslim menyebutnya sunatullahnya di mana ada gula maka akan datang semut berdatangan #copasBahasaMasJ.

Ketika anda menjadi pioner suatu bisnis tertentu dan sukses maka sudah hukumnya orang lain akan menirunya.

Bagi mereka yang terlanjur terlena di zona nyaman di puncak kejayaan menikmati hasil jeri payahnya, biasanya mereka menjadi malas untuk melakukan apapun apalagi, bahkan untuk berpikir sekalipun.

Dia pikir semuanya sudah selasai yang perlu kita lakukan tinggal menikmatinya.

Nah itu adalah kesalahan terbesar pertama orang yang sudah di puncak kalau kata bang mansyur TERLENA. Itu adalah awal kemunduran dan jika tidak segera berubah akan punah.

Seperti hukum semut, Ketika anda sudah membuka pasar dan berhasil automatis bakal berdatangan semut yang lain dan mulai meniru prodak anda dan menjadi rival bisnis anda.

Bagi yang sudah terlena tentu cara yang paling mudah adalah menyalahkan orang lain terutama rivalnya dengan menyebutnya dengan umpatan-umpatan apalah, karena menganggap penjiplak.

Apalagi ketika prodak rival bisnisnya bisa menyangingi prodaknya, keluar deh tuh katanya mematikan.

Tapi bagi pebisnis yang paham tentang sunatullah tersebut dan ketika ada rival bisnisnya muncul, mereka akan tersenyum #Cie.

Mereka akan mulai terus belajar dan tidak terus terlena di puncak karena semuanya tidak ada yang abadi. Karena sesungguhnya Rival bisnis tidak selalu merugikannya, lho..

Lantas apakah keuntungan memiliki rival bisnis?

Oh catatan Rival bisnis itu seperti jenis prodak yang sama dengan terget konsumen yang sama seperti mie indomie dengan mie sedap, dan Mercedess dengan BMW.

Okee berikut keuntungan memiliki rival bisnis.

1. Membantu memasarkan prodak

Jika prodak kita adalah prodak baru atau inovasi barang lama tentu kita perlu mengenalkan prodak tersebut. Ya dalam mengenalkan prodak tentu perlu biaya, yang paling gampang contohnya dengan iklan.

Kalau pesaing kita iklan prodak tentu semakin banyak konsumen yang teredukasi tentang jenis prodak kita. Kita tidak terlalu repot menjelaskan lebih banyak dan lama lagi.

Cukup bisa dengan langsung mengenal merk anda kepada konsumen yang telah diedukasi tadi.
Contohnya, Antara persaingan marketplace tokopedia, bukalapak, elevenia, blibli dan mataharimall. Dulu mungkin bukalapak harus menjelasakan dan meyakinkan konsumen lebih lama dan berat lagi tentang belanja online.

Tapi karena sudah dijelaskan terlebih dahulu oleh tokopedia maka bukalapak tinggal meneruskan. Atau sebaliknya konsumen bukalapak ketika belanja di tokopedia sudah bakal tidak asing lagi.

Contoh lain adalah jualan mobil.. Dulu mungkin konsumen asia tidak suka mobil Eropa seperti mobil Mercedess tapi karena BMW sudah iklan di asia maka Konsumen asia jadi mulai percaya.

Sebaliknya juga ketika Mercedess iklan di dearah Asia lainnya dan terbukti berhasil maka BMW tinggal ikut..

2. Terpacu untuk belajar lebih lagi

Dengan adanya rival, maka kita dituntut untuk membuat strategi demi strategi agar konsumen tidak berpaling atau sebaliknya agar konsumen rival bisa berpaling.

Tanpa belajar lagi dan hanya menikmati kesuksesan tentu kita akan cepat bangkrut, Yaiyalah konsumen sudah berpaling semua.

Contohnya jika kita tidak mau belajar lagi, seperti kasus mie sarimi yang direbut pasarnya oleh mie sedap. Konsumen sarimie pada berpaling karena melihat mie sedap lebit menarik jadi wajar berpaling.

3. Mengasah Otak berpikir dari kebiasan

Rival bisnis tentu tidak selalu mencontek kita, karena rival bisnis punya tim yang memilik otak yang berbeda. Jadi kadang rival bisnis tentu punya ide yang briliant juga yang terbukti berhasil.

Lalu apa yang mesti kita lakukan? Nangis di pojokkan? ya elah ga kreatif amat.. Ya tinggal kita tiru dan modifikasi juga.

Jadi walaupun kita sebagai pioner jangan arogan atau jaim-jaim ga mau meniru pesaing karena kalau udah bangkrut siapa yang rugi?

oh Ya karena kreatif bukan berarti kita boleh meniru 100% tapi kita variasikan dengan ide gila anda.
Contohnya, Ketika petinggai honda sok-sok nyindir yamaha ketika mengeluarkan motor matic di Indonesia katanya " alah ga mungkin laku..

Tapi DHUAR.. ternyata penjualan motor matic mio laku keras.. Tapi untunglah honda tidak terus-terusaan terlarut dalam kearoganan. Honda kemudian mengeluarkan motor matic juga alhasil penjualan matic honda pun laku keras juga.

Begitu juga yang terjadi dengan Mercedes dan BMW mereka mungkin sering saling meniru ide, itulah mejadi hal yang tidak membosankan tetapi menarik dan dinamis.

4.makin tertantang

Dalam pertarungan dengan rival tentu kita punya ego untuk tidak saling kalah karena kalau mengalah ga bisa makan alias bangkrut.

Mereka sama-sama jadi tertantang untuk mengeluarkan yang terbaik. Dengan begini menjadi teman berpikir yang sehat.

Contoh sederhanya indomart dan alfamart yang saling menantang untuk bisa mendapatkan tempat strategis pinggir jalan sebelah gang utama dan menyebarkannya seluas-luasnya.

5. Memperbesar siklus bisnis

Asalnya prodak bisnis anda sudah jenuh tapi karena pesaing melakukan terobosan marketing yang tak terduga. Pasar kembali hangat dan ramai sehingga siklus bisnis yang tadinya mature ( dewasa) kembali Growt atau tumbuh.

Contohnya dulu pasar hijab sudah mulai mature tapi setelah ada Dian pelangi kemudian disusul oleh marketplace hijab-hijab, pasar hijab kembali hanget dan ramai lagi.

Secara tidak langsung membuat dagangan hijab anda menjadi ikut ramai juga.

Jadi memiliki Rival bisnis belum tentu Negatif bukan? Tapi banyak untungnya juga, Malah jika dipikirkan kita butuh rival bisnis bukan? Benar atau betul?

Nah Bagaimana kalau tidak punya saingan bisnis?

Simpel Itu artinya seperti hukum semut, anda sebagai pioner belum bisa membuat pasarnya terbuka. Kalau gulanya belum ada mana mau semuat datang kan? kasihan ya kaya jomblo ga ada yang nemenin.

Tapi tunggu dulu.. Kalau anda pakai otak kiri terus memang susah, kalau pakai yang kanan hal tersebut menjadi peluang lho?

Kalau kita tidak punya saingan bisnis ya ciptkan sendiri rival bisnis kita He he..
Lho-lho apa untungnya membuat rival bisnis sendiri? kalau saya katakan banyak Bahkan banyak perusahaan menggunakan cara ini #Ngeri

Lalu apa untungnya membuat rival bisnis sendiri? Berikut keungtungannya

Pertama Tentu seperti hal di atas membantu membuka pasar dengan membantu mengedukasi pasar.

Kedua Kita bisa mengontrol pasar dan ini point yang paling penting. Kita bikin seolah-olah beda perusahaan dengan membuat dua merk berbeda tentunya tapi prodak yang sama.

Lalu misal dari strategi harga prodak satu sedikit dinaikan sedang prodak satu diturunkan, dan kadang-kadang dibalik dengan memberikan value yang berbeda dengan strategi bonus atau diskon lainnya.

Tujuannya adalah agar fokus konsumen hanya kepada dua prodak tersebut. Seolah bersaing padahal hanya untuk mencari perhatian saja atau istilahnya isu marketing. #MiripDramaKorea

Contohnya seperti ini adalah seperti persaingan mobil kelas avanza dan xenia padahal satu perusahaan distributor astra.

Mereka sering seolah bersaing dengan saling berpromo value strategi tujuannya agar satu pihak terlihat lebih oke padahal uang mengalir ke tempat yang sama hehe..

Contoh lainnya adalah kasus rokok, Banyak rokok yang seolah menjiplak dan meniru tapi setelah diselediki mereka bagian dari perusahaan yang sama. Atau memiliki kekerabatan

Kayanya cukup segitu dulu #CatatanBisnis dari saya yang sok-sokan sotoy, Semoga bermanfaat.. Oh ya makna Kampret dalam judul adalah uangkapan kedekatan layaknya sahabatnya hehe.. bukan nada negatif...

*Tulisan saya ini sebelumnya dimuat di catatan bisnis Bung Billy

Thursday, September 22, 2016

Kisah sukses rudy Habibie Mata Air Indonesia


Kisah sukses Rudy Habibie mata Air Indonesia, Jika anda sekarang merasa jenuh atau bosan dengan bisnis atau keadaan rutinitas bisnis anda. Ini saatnya bagi anda untuk men-charge energi anda. Seperti kata  ahli Motivasi, “Orang bilang motivasi tidak akan bertahan lama. Begitu juga dengan mandi, karenanya kami menyarankan Anda melakukannya setiap hari.”-Zig Ziglar

Film Rudie Habibie inilah mungkin akan membangkitkan motivasi anda lagi. Awalnya sebelum menonton filmnya, Saya kira pak Habibie adalah orang dari latar belakng keluarga jawa saja, tetapi ternyata campuran ibu jawa dan ayah Gorontalo. Pada jamannya hal tersebut menjadi masalah yang menyebabkan keluarga habibie di usir dari daerahnya secara kasarnya.

Selanjutnya, Pak Habibie dari awal kita tahu seorang yang Jenius dan saya kira karena kejeniusannya, beliau bisa mendapatkan beasiswa ke Jerman. Ternyata salah besar, Beliau tidak berangkat ke jerman dengan beasiswa tapi dengan biaya dari ibunya. Padahal keluarganya hidup hanya bercukupan dan pada usia anak-anak pak Habibie juga udah di tinggal Ayahnya.

Bagaimana pengorbanan Ibunya sangat mempercayakan cita-cita pak Habibie yang ingin membuat dirgantara pesawat Indonesia. Ini pun menjadi konflik di Filmnya ketika pak Habibie harus bisa bertahan dengan biaya kekurangan dan menjadi olok-olok temannya yang mendapatkan jatah beasiswa hadiah bukan karena kepintarannya.

Kenapa Ibunya bisa sangat percaya? Jika teman-teman nonton filmnya dan paham tentang cara kerja pak Habibie teman-teman akan menemukann jawanbannyya. Jawabannya adalah pak Habibie seorang yang punya tujuan (visi dan misi) yang jelas. Selanjutnya punya jiwa yang lurus, Fokus dan religius.

Bagaimana tidak, karena karakter dan tujuanya sudah jelas dari awal pak Habibie bisa lompat tingkat 3 tahun dari perkuliahan dan bisa langsung kuliah diploma di Jerman. Selanjutnya pak Habibie juga sudah siap-siap jauh-jauh hari sebelum di jerman, beliau sudah bisa bahasa jerman dan belanda dengan lancar.

Tidak heran ketika beliau ikut ujian masuk di jerman beliau bisa langsung bisa tingkat kedua di kelas. Itulah yang mungkin membuat percaya ibunya untuk mensekolahkan habibie ke jerman dengan biaya sendiri.

Setiap karekter tentu ada konsekuensinya, Pak Habibie yang terlalu Fokus pada tujuannya sehingga kadang tidak terlalu memperhatikan sekitarnya atau bisa dikatakan agak antisosial membuat teman-teman menganggapnya aneh. Tapi beda yang sudah kenal jauh mereka akan menganggap pak Habibie Unik dan penuh kejutan.

Terbukti pak Habibie banyak membuat kejutan terhadap temannya di film tersebut. Mulai bisa menjadi ketua PPI yang awalnya disangka kuper. Menghidupakan organisasi, Pandai memasang, membuat kopi, bisa kerja dengan benar di pabrik, Hingga membuat pesawat yang semula di anggap "idiot."

Kenapa saya bilang "idiot", Karena sebenarnya pak Habibie sendirilah yang mengingkan hal tersebut. Maksudnya? Maksudnya adalah Pak Habibie tipe orang yang tidak mau membuang waktu berbicara yang tidak jelas dan tidak bermanfaat.

Jika dirasa orang tersebut hanya akan membuatnya tidak produktif maka beliau akan berpura-pura seperti itu. Bagaimana tidak, beliau selalu menjawab hal aneh ketika ditanya kenapa bisa berbahasa jerman dan belanda secara lancar padahal dari negeri Jauh dan baru sebentar di jerman.

Apa Coba jawabannya? Katanya, Keluarga pak Habibie adalah keluarga kanibal dan dia suka makan otak orang jerman dan belanda sehingga bisa lancar berbahasa jerman dan belanda. Coba bagaimana perasaan anda ketika anda bertanya dan jawabannya seperti itu.

Ya beberapa orang menganggapnya aneh atau gila sehingga tidak aneh beliau diledak atas jawabannya tersebut dan mendapatkan julukan "kanibal" di pabrik tempat beliau bekerja. Tapi pak Habibie tidak perduli justru merasa tujuannya tercapai dia tidak diganggu orang-orang yang akan menghabiskan waktunya tidak jelas.

Tapi anggap aneh atau gila tersebut semuanya berubah ketika beliau menghasilkan karya-karya luar biasa dan kejutan-kejutan yang luar biasa. Anda harus menontonya jika ingin tahu tentunya.

Kisah selanjutnya, Ternyata ada perempuan Polandia yang bernama Ilona yang diperankan chelsea olivia yang tinggal di jerman yang bisa nyambung dengan keanehan pak Habibie. Itulah babak dimulainya kisah asmara cinta pertama pak habibie dan banyak membantu pak habibie dalam segala menghadapi masalahnya.

Ilona disini menjadi sosok yang penting bagi perjalanannya pak habibie. Jika bukan karena perbedaan latar belakang dan agama mungkin ilona yang menjadi pendamping pak Habibie. Tapi kita semua tahu pak Habibie menikah dengan bu ainun.

Selanjutnya, sebenarnya perbedaan kedua hal tadi tidak terlalu di masalahkan pak Habibie karena beliau sudah cinta ilona dan berniat pergi bersamanya. Tapi pada akhirnya beliau tidak bisa ikut dengannya karena kecintaannya terhadap sesuatu yang lebih besar. Itu yang anda harus cari tahu di filmnya.

Film ini menjadi sangat cocok bagi pebisnis, Kenapa? Seperti bahasan sebelumnya Pak Habibie semua mulai dari bawah atau nol. Tapi karena sesuatu yang membedakan dengan yang lainya yaitu tujuan yang jelas (visi dan misinya jelas) beliau tidak membuang-buang waktu dan Fokus di jalannya.

Seperti yang dialami semua pebisnis gagal, Mereka semua tidak punya tujuan atau visi dan misi yang jelas. Sehingga setiap harinya tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Beda dengan pak habibie, Setiap waktu berharga dan tidak akan mensia-siakan waktu setiap harinya terbuang percuma.

Selanjutnya Fokus, Beliau tidak peduli tentang omongan orang yang tidak berguna. Tetap berjalan dengan konsisten. Dan point penting lainnya dekat dengan sang pencipta. Beliau ketika ada masalah selalu langsung berdoa atau sholat kepada sang pencipta.

Jadi jika anda ingin sukses ketahuilah tujuaan anda dan susun apa yang harus dilakukan setiap harinya untuk mencapi hal tersebut. Tanpa tujuan yang jelas seperti kata pak Habibie pesawat tanpa tujuan. Fokus tanpa fokus mustahil bisa sampai tujuan. Terakhir dekat dengan sang pencipta.

Oh ya mungkin ada yang bertanya apa maksud Mata air Indonesia? Jawabannya ada di filmya. Jika diceritakan semuanya ga bakal nonton dong.

Friday, September 2, 2016

Terjebak di zona instan


Merasa tidak berguna? Tidak punya karya yang dibuat? Merasa pekerjaan bosan, stuck? Atau bisnis Keuangan sempit atau mampet?

Bisa jadi anda terkena penyakit ini, INSTAN

Dan sumbangan terbesar penyakit ini adalah sosial media dan televisi.

Padahal bagaimana proses membangun sosial media saja Mark perlu melakukan hal yang membosankan bertahun-tahun, begitu juga pembuatan game pokemon go.. yang gamenya terlihat simple.

Kerjaan apa emang? CODING alias mencocok-cocokan angka

Bagitu juga tayangan televisi, Mereka tidak menayangkan bagaiman susahnya parkir,  susahnya cari wc umum di jalan, antri di loket dan lain sebagainya. Ya karena terlihat tidak menarik alias membosankan bagi penonton.

Tapi mereka langsung menyajikan sesutu yang terlihat menarik semua, padahal dampaknya luar biasa yaitu persepsi penonton menilai semuanya INSTAN. kita tertipu oleh tayangan manis, tapi kadang emang kita senang ditipu seh..

Ya mereka menyajikan keinstanan dan memanjamkan kita,
akhirnya orang lain bahkan kita sendiri mulai membandingkan diri kita dengan orang lain,

"kok gue ga bisa ya seperti itu."

Kata-kata ini muncul biasanya setelah baru beberapa lama proses berjalan atau sedikit perjalan dan harapan kita sudah bisa langsung instan seperti tayangan sosmed atau televisi.

Padahal Mereka yang berhasil telah melewati masa bosan yang luar biasa dan kefrutasian, cuma tidak ditayangkan karena dilihat bakal tidak menarik alias membosankan.

Kenapa kita harus terlindar dari penyakit INSTAN?

Karena menurut penelitian dalam buku deep working kita tidak bakal bisa menciptakan sesuatu yang luar biasa tanpa adanya kefokusan dan kesabaran karena tidak ada karya luar biasa yang diciptakan instan.

Walaupun ada yang cepat prosesnya, bukan berarti itu instan tapi mereka sudah AHLI mereka sudah terbiasa sehingga mengerjakan hal tersebut menjadi cepat, seperti pembuat lagu, menulis buku, membuat design.

Mereka awalnya tentu lambat tapi karena terbiasa dan berhasil fokus melewati masa kebosanan mereka menjadi ahli dan cepat.

Tanpa Kefokusan dan kesabaran dalam kebosanan, mustahil kita bisa menciptakan karya yang luar biasa.

Sosial media menjadi menjadi bumerang, di tangan orang kreatif akan menjadi pundi-pundi uang yang tidak terbatas dan di tangan zona instan hanya akan terjebak di zona sirik dan nyirnyir selalu membandingkan diri dengan orang lain.

Ingat lho salah satu penyebab tidak bahagia kita selalu membandingkan dengan orang lain.

dan satu lagi terjebak di zona ikut debat kosong tanpa arti, Ikut berkomentar dengan menebar kebencian saling menyalahkan padahal mereka yang didebatkan tidak peduli atau sedang menari melihat umpannya termakan.

Strategi isu sering digunakan dalam marketing, sebenarnya strategi ini bagus untuk membuat isu dalam hal prodak bisnis tapi sangat tidak dianjurkan untuk dipolitik, karena syarat adu domba.

Jadi bagaimana pun tidak ada keberhasilan di zona instan kecuali menjadi los*r.

Sekian tulisan tidak jelas ini yang sedang mengusir kebosanan rutinitas proses bisnis.

Kenapa kita harus mengulang-ngulang mempraktekan padahal itu membosankan? Karena repetisi is mother of science. Untuk menjadi ahli perlu 10000 jam dalam bidangnya. Ya itu kadang-kadang membosankan melakukan hal yang sama.

Misal dalam ilmu SEO, membuat backlink dengan artikel yang diulang-ulang, atau pembuat game, theme website, tool, mereka melakukan pengulangan coding yang prosesnya gitu-gitu aja.

Jadi kesimpulannya, Sudahkan anda makan mie instan seperti gambar di atas? #Oke ini tanda tulisan harus dihentikan.


Thursday, September 1, 2016

Prodak yang LARIS dijual


Prodak yang laris dijual, Jika teman-teman bertanya kepada marketing ekspert atau suhu bisnis tentang prodak apa yang laris dijual, Mereka akan sepakat akan menjawab,

"Tidak Tahu!"

Ya Karena Marketing ekspert atau Suhu Bisnis bukan dukun yang bisa meramal. Lalu apa yang dilakukan mereka hingga bisa sukses menjual prodak hingga tak karuan?

Jika jawabannya "riset" itu masih belum cukup, karena bahkan riset yang yang mengeluarkan biaya hingga ratusan juta pun masih tinggi resiko gagalnya ketika esekusi.

Pernah dong teman-teman melihat prodak nasi goreng instan atau minimal iklannya di televisi, tapi setelah beberapa bulan prodaknya hilang alias bangkrut tidak laku!

Lalu apa jawabanya?

Mereka akan menjawab lebih dalam lagi "Test saja pasarnya"

Sebelum mengesekusi dengan kuantitas banyak bikinlah beberapa prodak sebagai test kepada target pasar yang ingi diuji. Jika itu "work" lanjutkannya jika tidak maka tinggalkan.

Karena Ngapain cape-cape menjual prodak yang tidak dibutuhkan!

Lalu bagaimana cara "test pasarnya"? Perlu lebih ekstra dana dong?

Ga lah sekarang adalah era marketing online, Cukup menggunakan hal tersebut. Karena Para Suhu bisnis pun melakukan cara ini.

Setelah anda membuat beberapa prodak yang akan dijual (prodak yang dijual offline) atau jika prodak online anda bisa cukup mendownload gambarnya di google hehe..

Lalu  tidak usah ribet cukup melakukan Test pasar dengan cara ini,

1. Tanya Langsung 

Jika belum ada prodaknya alias hanya sebuah konsep, minimal anda punya gambarnya dulu lah. Lalu tanya langsung apakah mau beli jika anda akan menjual prodak tersebut

Jika sudah ada real sample prodaknya anda bisa bikin  pra launching prodak. Bagaimana respondnya, tapi respond disini jangan tanya langsung karena kemungkinan tidak akan jujur tapi perhatikan segi ekspresi atau tingkar repeat ordernya.

2. Tanya di Sosmed

Nah ini juga yang tak kalah ampuh dan sering dilakukan para mastah apalagi yang sudah punya banyak follower. Sebelum bikin prodak mereka akan tanya dulu ke followernya di sosmed. Kalau respondnya bagus mereka akan langsung eseskusi dengan cara pre order, minim resiko high impact, karena tanpa modal.

Tapi bukan berarti teman-teman yang belum punya follower tidak bisa melakun hal tersebut. Ya tanya langsung aja di sosmed pribadi atau sosmed khusus jualan anda

3. Iklan Online

Tahukah teman-teman para mastah sering mengiklankan prodak yang belum dibikin hanya modal gambar? Ya kalau cara ke 2 seh masih wajar karena di sosmed gratisan tapi ini iklan lho yang perlu sedikit ekstra dana.

Kenapa? karena iklan online ini lebih ampuh dan cepat ketimbang di sosmed gratisan karena bisa langsung membidik pasar sesuai kriteria diinginkan. Ini juga menjadi solusi yahuddd bagi yang belum punya follower di sosmednya.

Karena sosmed pribadi belum tentu target pasarnya sesuai kecuali bikin akun khusus jualan yang sudah ditarget. Mantap kan?

4. tanya GOOGLE

Alias dengan cara SEO atau menempatkan keyword prodak jualan yang kita incar. Karena SEO lebih tertarget. coba teliti bagaimana respon dari permintaan prodak tersebut. Dengan begitu kisa bisa memutuskan lanjut atau tidak dalam membangun prodak tersebut. Nah hal ini yang sering saya lakuka baru-baru ini.

Contoh SEO itu seperti apa seh? misal saya mau menawarkan jasa konveksi seragam. Ya saya tinggal bidik keyword konveksi seragam  agar bisa muncul di halaman pertama contohnya artikel ini konveksi seragam Handal

Tentu saya juga telah melakukan riset sederhana menggunakan google planner untuk melihat tingkat pertmintaannya layak atau tidak di targetkan.

Kalau sample contohnya, saya bikin prodak yang bernama Hanbee Ubi Cilembu For Diet bikin beberapa sample lalu saya SEO kan di keyword "jual ubi cilembu" lalu saya perhatikan bagaimana respondnya..




Simpel bukan? Nah itulah beberapa kisi-kisi tentang isi buku saya yang akan diterbitkan di gramedia...

Bagaimana ada yang mau? ( wkwkwk nah ini riset juga... )






iklan responsip