Friday, February 26, 2016

Si Sales yang disepelekan dapat 1,2 Milyar dalam 12 Bulan plus BMW Sport

Gara-gara sales yang tipe Hit and Run alias udah maksa-maksa nawarin prodak trus ketika sudah dibeli mau komplen karena barang jelek, tidak sesuai yang diomongkan, Eh orangnya ga ada. Ya Itulah kurang lebih tipe Sales Hit and Run, Push atau gembor-gembor, segala diobral seenaknya setelah itu kabur.

Memang seh metoda penjualan seperti ini bisa sangat cepat tapi membuat cepat hancur juga. Karena telah merusak kepercayaan konsumen. Tidak heran ucapan sumpah serapan konsumen terucap karena sudah kecewa, Eh salesnya kabur.

Nah Gara-gara tipe Sales Hit and Run tersebut, orang-orang terutama para orang tua jadi memandang sebelah mata seorang sales atau penjual. Padahal tipe sales bukan hanya itu, Ada yang namanya tipe sales Profesional, tipe ini tentu tidak seperti sales Hit and Run.

Mereka tipe yang bertanggung jawab, mereka siap melayani konsumen baik ketika tidak ada masalah hingga ada masalah. Mereka profesioanal bukan hanya masalah tanggung jawab tetapi dalam berjualan juga.

Tidak terlalu berlebihan dalam berjualan,tidak menutupi kekurangan prodak dan lebih menggunakan pendekatan sebelum jualan. Tipe Sales seperti memang bisa diandalkan karena menggunakan pendekatan tepat sasaran. Tidak heran bayarannya yang diterima bisa tergolong wow.

Selanjutnya Tipe terakhir yaitu Konsultan. Sales tipe ini bukan hanya berperan sebagai penjual tapi seorang yang ahli tentang prodak yang dijualnya. Layaknya konsultan, tipe sales ini sebelum berjualan akan mendiagnosa penyakit konsumennya. Kemudian memberikan arahan atau edukasi, Mereka tidak terlalu mementingkan closing jualan tetapi kepuasan konsumennya.

Tipe konsultan seperti ini tidak segan-segan untuk tidak menganjurkan membeli prodaknya jika memang  dirasa konsumennya belum cocok. Karena baginya jika prodak dibeli sedangkan prodak tidak sesuai hanya akan membuat kekecewaan. Sehingga membuat konsumen sangat nyaman ketika dengannya.

Tidak heran penghasilannya bisa dibilang Fantastic tipe Konsultan ini. Ya tetapi ada kelemahannya, Perlu proses panjang dan konsisten dalam membangun kepercayaannya. Tapi tidak masalah karena tipe sales seperti akan jangka panjang.

Nah sudah tahukan ternyata tapi sales itu ada 3, tapi gara-gara tipe sales yang hit and run membuat divisi sales disamarakan bahkan dipukul rata. Tukang maksa, tukang obral, tidak bertanggung jawab gajih tidak menentu. Padahal Gajih sales yang sesungguhnya adalah aduhai dan jarang orang tahu.

Contohnya Sales Property aparteman Bong Chandra berikut, dapat 1,2 Milyar plus cash dapat mobil BMW sporty Limited atau mendapatkan omset 60 Milyar. Bayangkan cuma dalam hitungan bulan, Kalau kerja butuh berapa abad, Guys? Cicilan vario saja butuh 3 abad, bagaimana mau dapat BMW.



Nah jadi jangan pernah malu jadi seorang sales kecuali sales hit and run yang tidak bertanggung jawab. Marketing adalah tombak perusahaan dan Ingat Sales adalah Ujung tombaknya. Tanpa mereka perusahaan akan bangkrut. Ya iyalah ga ada pemasukan.

Dan Ingat Juga hampir semua pengusaha sukses adalah mantan Sales dari mulai Jaya Setiabudi, Merry Riana, Bong Chandra hingga Om Bob sadino. Bisa baca arikel berikut Cerita 3 Pengusaha. Ya seperti kata Jaya Setiabudi ilmu sales atau jualan adalah ilmu dasar pengusaha. Minimal anda bisa menjual diri anda sendiri. (Tanda kutip "menjual diri")

Kenapa pengusaha sukses kebanyakan dari sales? Ya Karena Uang dari sana datang, jika dibalik mulai dari produksi malah harus keluar uang dulu, eh pemasukannya ga kunjung datang. Itulah mengapa banyak yang gagal yang mulai dari produksi tapi yang sukses lebih banyak yang mulai dari sales atau jualan.

Ingat Profesi sales adalah profesi yang hebat dan Menjanjikan. Satu lagi terhormat karena mencoba mengedukasi konsumennya tentang manfaat prodaknya sehingga konsumen terbantu. Ya bisa dibilang Profesi membantu orang mendapatkan kebutuhannya.

Mau belajar jadi sales atau penjual yang handal? Baca buku ini aja 30 hari jago jualan.
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

2 comments:

  1. Huaaa keren bisa dapet seperti itu gan

    ReplyDelete

iklan responsip