Monday, February 15, 2016

Ubi Bakar Cilembu yang MENGGODA



Ubi bakar cilembu adalah makanan yang tidak boleh dilewatkan oleh anda yang ketika lewat daerah Sumedang atau sedang berkunjung ke Sumedang. Ubi Bakar Cilembu adalah salah satu makanan unggulan kota Sumedang yang terkenal bukan hanya dalam negeri tetapi luar negeri.

Ubi Bakar Cilembu atau Ubi Cilembu oven atau Ubi Madu Cilembu merupakan salah satu olahan Jenis Ubi yang khusus bisa tumbuh maksimal di daerah Sumedang atau lebih tetapnya desa Cilembu kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang.

Ubi Bakar Cilembu terkenal karena rasa dan teksturnya yang unggul. Seperti kata Julukannya Ubi Madu, Ubi Cilembu memilki rasa manis yang seperti madu dan tekstur lembut yang seperti madu juga. Ketika Ubi Cilembu di bakar/dipanggang atau dioven maka Ubi Cilembu akan mengeluarkan Cairan seperti Madu, Lumerrr pokoknya.

Ya seperti yang disebutkan, Ubi Cilembu sangat cocok di olah dengan cara di oven, dipanggang dan dibakar sehingga bisa menghasilkan cairan lumerr yang seperti madu. Jika digoreng Ubi Cilembu ternyata dimaksimal dan akan cepat gosong sedangkan jika direbus cairan madunya juga tidak keluar karena rasa manis telah berkurang ketika direbus.

Mengenai rasa manisnya, Anda tidak usah khawatir kalau nantinya anda bakal mengira  memiliki rasa manis yang berlebihan yang bikin Eneq (gihung). Walau diumpamakan seperti Madu, rasa Ubi Cilembu tidak 100% mirip, tapi Ubi Cilembu memiliki rasa Unik tersendiri dan tidak akan membuat anda bikin eneg.

Itulah mengapa Ubi Cilembu menjadi prodak unggulan yang dicari-cari bukan hanya dalam negeri juga luar negeri. Selain itu Ubi Cilembu juga memiliki keunikan yang hanya dimiliki jenisnya dari jenis Ubi manis.

Seperti yang telah disebutkan diawal Ubi Cilembu ternyata hanya bisa tumbuh maksimal di daerah Desa Cilembu. Ketika bibit Ubi Cilembu ditanan didaerah lain bahkan di desa tetangga ternyata rasa manis  kurang dan cairan seperti madunya tidak keluar.

Jika dulu sering dikaikan dengan Mitos yang ada di daerah Sumedang yaitu legenda cerita rakyat. Entah itu benar atau tidak. Tapi yang jelas setelah diteliti oleh peniliti dalam negeri hingga luar negeri, Ternyata orang luar negeri juga kepo guys.

Orang luar negeri ternyata ingin menduplikasinya agar bisa ditanam di negaranya dan tidak jauh-jauh beli ke Indonesia. Tapi sayangnya mereka masih belum bisa menghasilkan Ubi Cilembu yang sama persis yang di daerah desa Cilembu.

Setelah diteliti Penyebabnya ternyata adalah jenis tanah desa cilembu yang memiliki unsur mineral tanah yang unik. Selain itu kondisi alam, cuaca dan kelembapan desa cilembu juga berperan dalam menciptakan Ubi Cilembu yang melenda.

Selain rasa dan teksturnya yang unggul, Ternyata eh ternyata Ubi Cilembu sebagai prodak unggulan bukan mitos. Ubi Cilembu juta ternyata memiliki banyak manfaat atau khasiat. Mulai dari obat kecantikan yang membuat awet muda, obat stress, mencegah kangker mulut dan paru-paru, mencegah jantungan, cocok dikonsumsi oleh penderita diatabetes hingga menjaga daya tahan tubuh.

Ingat lho bukan mitos karena sudah diiteliti bukan hanya oleh peneliti dalam negeri tapi luar negeri juga tidak tanggung-tanggung penelitinya adalah harvard University. Mengenai khasiat dan manfaat Ubi Cilembu teman-teman bisa baca artikel sebelumnya Ubi Cilembu dengan segala keunggulannya.

Tapi Ubi Cilembu ternyata memiliki kelemahan, Apa? Ubi Cilembu ternyata belum dimaksimalkan penuh oleh warga Indonesia terutama orang Sumedang atau lebih tepatnya orang Pamulihan desa Cilembu. Dari segi pemasarannya masih sangat kurang dan selain itu belum bisa diolah dan dikemas maksimal.

Eh Tapi ada positifnya juga seh, Teman-teman bisa mulai mencoba bisnis Ubi Cilembu. Bisa bikin Cafe Ubi Cilembu yang langsung jual Ubi Cilembu Oven atau yang dibakar. Atau mengolah dan mengemasnya menjadi sesuatu yang berbeda yang bernilai lebih.

Contohnya? Ya Seperti kue Cilembu, Bolu Cilembu, Lapis Cilembu, Donat Cilembu hingga keripik Cilembu. Sebenarnya sudah ada juga seh yang mengembangkannya tapi kurang Joss pemasarannya. Jadi masih berpeluang bagi anda semua yang ingin berbisnis Ubi Cilembu.

Mau Bisnis atau Usaha Ubi Cilembu?

Atau hanya sekedar ingin Coba ?

Atau mau buat sebagai oleh-oleh ?

Silakan anda bisa kesini Jual Ubi Cilembu disana dijelasin bagaimana cara pesan Ubi Cilembu baik yang sudah matang atau yang masih mentah, baik skala kecil atau skala besar, baik hanya untuk konsumsi saja atau untuk dijual atau dibisniskan.

Dah ah mau Ngopi dulu plus ditenami Ubi Cilembu yang Maknyesss hehe

SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip