Friday, March 11, 2016

Kenapa Usaha mentok terus?


Sering rasanya mendengar pertanyaan "Mas bisnis apa ya yang bagus?" Apakah bisnis Ofline atau Bisnis online? Atau yang digabung keduanya? Kalau google adsense bagus ga ya? Apakah Affiliate marketing menjanjikan? Kalau blogger bisa sukses ga ya? Trus kalau cuma reseller doang apa bisa kaya?

Baik sedikit cerita, saya pernah melihat seorang pedagang baso yang jualan offline di jalan tapi penghasilannya puluhan juta perbulan. Atau seorang pedangan martabak yang omsetnya ratusan juta perbulan. Menurut anda bagus ga?

Atau seorang reseller penjual online yang omsetnya puluhan juta perbulan dari jualan buku hingga reseller jualan snack. Bahkan seorang dropship yang tanpa modal tapi omsetnya ratusa juta perbulan. Bagus ga menurut anda?

Atau seorang blogger yang hanya nongkrong di depan laptop tapi penghasilannya milyaran perbulannya dari adsense dan iklan pihak ketiga lainnya. Atau seorang Affiliate marketing yang penghasilannya lebih gila lagi yaitu Milyaran perminggu, Bagus ga menurut anda?

Trus bagus mana online dan offline? Kenapa harus diributkan kenapa tidak digabungkan saja? Banyak yang penjual kaos yang tadi omset jutaan tapi dengan bantuan pemasaran online jadi omsetnya ratusan juta. Ada yang jualan kopi yang awalnya omsetnya ratusan juta tapi dengan bantuan online jadi milyaran.

Jado bisnis yang bagus itu yang bagaimana?

Jawabannya adalah semua bisnis itu bagus tentunya yang halal. Kenapa? Karena setiap jenis bisnis atau bidang bisnis memiliki kesulitannya masing-masing. Ditambah dengan karakter pebisnisnya. Jadi dibutuhkan kerja keras dan kefokusan agar bisa melalui tahap kesulitan-kesulitan tersebut.

Karena setiap bisnis punya karekter medannya masing-masing, salah satunya ada karakter bisnis yang memiliki jangka waktu lama bertahannya ada juga yang jangka waktunya pendek. Jadinya kita harus tahu medan bisnis agar tahu kapan berhenti dan kapan lanjut. Bukan bilang bisnis jelek. Contoh bisnis yang memiliki jangka waktu pendek adalah prodak musiman seperti batu akik.

Apakah bisnis batu akik jelek? Tidak Jika kita tahu medan, sering dong dengar pedagang akik yang kaya mendadak? Nah finalnya tergantung apakah penjual tersebut terlena atau tidak (tahu medan). Jika tahu medan maka disaat trends mulai turun maka harus segera berhenti bukan malah lanjut di hajar jor-joran.

Yups bisnis akik bisa jadi jelek ketika kita tidak tahu medan. Trends sudah turun, Eh malah borong akik. Ya bangkrut..

Jadi kalau ditanya bisnis apa yang jelek?

Bisnis yang dijalankan tidak fokus alias gagal fokus. Sedikit-sedikit ganti bisnis karena tergoda dengan penghasilan tetangga jadi mereka tidak paham detail medan bisnis, wajar seh kalau diawal bisnis karena masih coba-coba tapi kalau udah T*a jadi kurang ajar hehe..

Jadi kenapa usaha kita mentok? Yups karena gagal Fokus.

Tapi sebenarnya ada seh bisnis yang paling bagus, apa itu gan?
Kalau kata Mas Jaya Setiabudi "Bisnis yang dibuka bukan ditanyakan terus" masih mau tanya?
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip