Thursday, November 24, 2016

Pusing Usaha anda mentok dan Stagnan? Berarti memang salah anda


Mungkin yang sedang pusing karena usahanya mentok dan stagnan apalagi masih ditahap belum bisa menghidupi layak untuk hidup keluarganya dan bahkan untuk dirinya pribadi. Hanya mereka yang paham yaitu yang memang sudah terjun di usaha dan benar mengalaminya, akan mengerti bagaimana pusingnya hal tersebut.

Ibarat  maju kena, mundur kena, dan kalau berhenti bakal ketabrak... wkwkwk... Ya sekali anda terjun di dunia bisnis anda tidak semudah bisa kembali lagi ke jalan semula. Semuanya sudah terlanjur, Keluarga dan teman sudah tahu bagaimana anda ngotot di awal tentang bisnis yang anda percaya bisa membuat itu bukan mimpi indah.

Tapi semua berubah ketika negera Api menyerang wkwkwk.. ( Ini Joke udah kuno belum ya?) Kalau gitu ganti kalimatnya, Ya Tapi semua berubah ketika hewan Fantastic beast kabur.. ( Nah ini paling update, lagi hot neh film Fantastis beas, udah nonton belum? Mungkin itu penyebab stagnan, kurang piknik, Nontoh gih,, ada yang mau ditemenin?

Kembali ke laptop, (Wah acara tukul udah tutup ya, jadi teringat usahanya ya?) Yaudah kembali ke menu utama, Ya semuanya berubah ketika kamu udah menggembor-gembor atau mengultimatum kepada semuanya, terutama teman dan keluarga anda bahwa anda akan bisnis dan Yakin akan sukses.

Tapi ( Setel musik: Perjalanan ini sungguh sangat menyakitkan, Sayang kok tak duduk disampingmu sayang #JirLagunyaJadulBanget) Ya, mungkin saat ini sedang beberapa perjalanan dan mengalami stagnan dan mentok. Alias tidak ada kunjung cahaya terang semua begitu gelap.. maju kena, mundur kena, dan kalau berhenti bakal ketabrak... wkwkwk...

Mau kerja tapi malu sama keluarga karena udah yakin mau usaha, terus udah terlanjur jelek CV nya, apalai kalau umur udah tidak cocok buat Fresh Graduate, wkwkwk.. Mau Lanjut usaha tapi Eh tapi bagaimana Mentok gini..

Sabar Sob.. Karena semua ada solusinya, Mungkin tulisan ini bisa sedikit mencerahkan..

Bisnis Itu seperti Profesi mekanik atau dokter, Kalau ada yang rusak atau sakit kita perlu mengecek dan memeriksanya. Dan selalu ada komponen utama yang mendasar untuk acuan pemeriksaan kalau dokter mungkin acuannya dari cek darah. Sedangkan mekanik atau teknisi dari arus listriknya, mereka biasa menggunakan OHM meter Kalau tidak ada aliran berarti komponen tersebut rusak.

Nah kalau bisnis apa komponen yang menjadi acuannya?

1. Mindset

Sebenarnya bukan alat atau tools atau modal yang membuat orang kaya tapi mindset. Permasalahan pertama dalam mindset bisnis, ketika gagal menyalahkan orang lain seperti pegawai, mitra, hingga konsumen. Selalu tanamkan yang salah adalah ownernya, kenapa anda memilih pegawai tersebut, dan mengapa anda tidak mengajarinya? dan mengapa anda tidak paham bahwa setiap pegawai butuh proses dan penyesuaian? Harusnya anda paham itu kalau mau bisnis.

Jika mindsetnnya benar maka kaya hanya nunggu waktu karena mereka paham butuh proses. Selain butuh proses yang harus ditanamkan di mindset juga caranya yang ditempuh harus berbeda-beda Tapi tujuan harus jelas.

Kan kalau mau hasil yang beda tentu caranya harus beda, Lha ini biasanya (Bukan anda) pengin hasil berbeda atau biasanya pengen keajaiban tapi cara yang di tempuh sama, Ya namanya "Imajinasi"

Cara yang sama hanya akan menghasilkan hasil yang sama, Coba gunakan cara yang berbeda, Misal seperti pergi keluar temui orang dan bergaul lah dengan orang yang sukses. atau bisa pakai cara ini >> Mental recehan

Kemudian kesalah lainnya dan ini adalah yang terfatal yaitu berhenti atau menyerah karena ketika menyerah tidak bakal mendapatkan apa-apa kecuali penyesalan. Keep moving forward

2. FOKUS

Selama kita tidak fokus yang kita dapat hanya penuh kebingunan karena akan banyak peluang dan hambatan yang membuat kita tidak memaksimalkan potensi yang ada

3. Konsistensi

Pas pertama nonton film Karete kids ( Jacki chan dan anaknya will smith, Jade smith kalau ga salah namanya) yang kurang begitu paham apa yang diajarkan jacki chan kepada anaknya will smith tersebut. Mau belajar Kunfu tapi kok diajarinya cuma gantunging baju di tempat kayu latihann kungfu,

Dan anehnya hal tersebut dilakukan berulang-ulang dalam setiap hari dan dilakukan beberapa hari, Gila bosan lah.. trus kapan bisa sakti maen kungfunya kalau gitu..

Tapi kini saya paham, seperti lanjutan filmya akhirnya si anak ini jadi jago dan bahkan bisa jadi juara kungfu mengalahkan orang cina asli, Saya paham karena saya juga mengalami hal sama seperti anak ini yaitu saya menulis setiap hari.

Memang kadang itu sangat membosankan apalagi jika kadang tidak mendapatkan profit atau uang, Kalau gitu kapan kayanya.

Seperti film tersebut konsistensi telah mengajar sesuatu yang hanya bisa didapatkan dengan cara konsistensi. Apa itu? Paham tentang dasar, Seperti di film cara menggantungkan baju ke kayu telah mengajari teknik dasar kungfu.

Ya kita paham ilmu dasar setelah kita konsisten atau terus-terusan melakukannya, Ketika kita paham dasarnya maka ilmu lainnya akan lebih mudah dipelajari,

Saya juga bisa dibilang mengalaminya yaitu dalam menulis, Saya sekarang cukup paham tentang menulis dan pola-polanya yang dikembangkan termasuk dalam ilmu Google SEO. walau belum ahli, tapi saya yakin jika terus konsiten bakal menemukan hasilnya.

Ya bahkan orang-orang hebat pun semua sepakat dengan ajaran film tersebut, Pahami dasarnya dengan cara konsistensi maka yang lainnya akan mudah didapat, seperti kata Bruce Lee

"Aku lebih takut kepada orang yang melatih
1 jurus tendangan sebanyak 1000 kali
daripada kepada orang yang berlatih 1000
jurus tendangan sebanyak 1 kali"


SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip