Saturday, July 4, 2015

Hanya Jual kaos kaki lulusan SMA kini beromset 200juta/bulan dan kini usainya baru 20tahun









Ehm.. Bagaimana teman-teman THR- nya neh? Semoga lancar.. aamiin.. .Jebakan pebisnis sering kali terjebak di zona teknis yang sering tidak disadarinya padahal pebisnis tidak fokus pada teknis tapi pada strategi bisnis dan penjualan.


Sebagai pebisnis misal kita memiliki prodak seharusnya cukup hanya sebatas menciptakan dan selebihnya serahkan kepada pekerja yang ahlinya di bidan produksi tersebut.

Contohnya lain, penyakit blogger biasanya mereka terlalu assek mendesain blognya dan melupakan esensi utama blogger yaitu isi konten tulisannya. Tampilan blog memang penting tapi isi blog lebih penting, Fokuslah pada tulisannya dan desain blog yang penting enak dilihat.

Contoh lainnya, seorang internet marketer biasanya terjebak di aplikasi internet marketer seperti aplikasi abc dan malah terjebak assek mengutak-atik aplikasi. Padahal fokus internet marketer adalah jualan dan aplikasi Cuma pendukung.  Cukup bisa menggunakan ga usah tahu detailnya.

Atau di showroom mobil jika kita seorang pemiliknya kita cukup mengerti mesin saja tapi tidak usah fokus detail ngerti mesin. Karena fokus pemilik atau owner hanya strategi bisnis dan jualan bukan teknis seperti mesin. 

Jadi sebagai pebisnis hati-hati terjebak di zona teknis, Kita sebagai pebisnis memang dituntut tahu segalanya tapi cukup hanya sebatas tahu jangan detail dan serahkan detail teknis ke ahlinya atau ke tukangnya.

Jika kita malah fokus ke teknis kita bukan pebisnis tapi tukang atau pesuruh.Jangan berbelit-belit di teknis serahkan semuanya bagian ahlinya dan kitan sebagai pebisnis hanya mengontrol dan mengendalikannya. 

Karena FATAL jika kita malah terjebak di teknis, Penjualan bisa terbengkalai, alhasil ga ada pemasukan trus Bangkrut deh. 

Contoh lain, kita pebisnis tidak harus mengerti detail tentang sosial media tapi kita cukup tahu saja dan serahkan yang mengelola teknis ke ahlinya atau ke tukangnya. Seperti wanita yang sekarang berusia 20tahun yang omsetnya juga 200juta/bulan lulusan SMA dan hanya jualan kaos kaki.

Baik cerita seperti ini, nama Laksida Pradnya dia adalah muridnya mas Jaya Setiabudi guru panutan saya juga. 

1.Saya (mas JayaSetiabudi) bertemu dengannya saat dia masih menggunakan seragam putih abu, main ke rumah saya bersama kawannya.

2.Saya berkata kepada mereka, “Kamu gak akan sukses dg cara bisnismu spt itu. Kamu harus FOKUS..”

3.Saya berkata spt itu karena mereka yg masih ingusan menjalankan 2 macam usaha skaligus.

.4. Beberapa bulan kemudian, kedua bisnis mereka bangkrut & tutup selamanya. Cerita baru dimulai.

5.Saat tak sengaja pergi ke Pasar Baru, Bandung, cewek ini terkaget dg kaos kaki kualitas eksport yg dijual 3 - 15 ribu.

6.Langsung dengan sisa uang di tangannya, dia beli 3 set (9 pcs), total 45 ribu.

7.Gak pikir panjang, dia upload di socmed dengan harga 15 ribu sepasang. Gak berapa lama, ehh laku semua.

8.Artinya dia untung hampir 3 kali lipat dari modal yang dikeluarkannya. Asik bener..


9.Gak pikir panjang, dia menyambangi ibu grosir kaos kaki di Pasar Baru, tempat dia beli sebelumnya.

10.Dia borong edisi yg serupa, foto2, upload di social media dan laku lagi..


11.Hingga suatu saat, setelah kembali beberapa kali, ibu penjual kaos kaki tsb mengatakan “Abis Neng, itu sisa eksport”
12.Antara sedih dan gembira, dia coba memutar otak, kemana lagi ya carinya..? Aha.. mbah google berbicara.
13.Setelah browsing seharian, dia dapatkan beberapa kontak produsen kaos kaki. Buat janji ketemu & mulailah dia pesan.

14.Yang membuat saya kagum adalah akun Instagramnya yang keren. Sempet bertanya, “Beneran itu kamu yg update?”

15.Dia bilang, “Bukan Om, aku bayar ‘bencong’ (istilah buat orang pinter) buat foto & update statusnya..”

16.Oww pantesan.. kirain kamu jago banget englishnya. Lha cuma lulusan SMU, bahkan pernah diledek krn IQ-nya dibawah 100.

17.Omzetnya bulan lalu tembus 200 juta perbulan. Masih single, usia 20 tahun, Oh ya, akun Instagramnya >> VoriaSocks

Jadi gimana masih ngurusin tekniks?





Yuk Fokus ke strategi bisnis dan penjulan!




















SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip