Monday, July 6, 2015

kenapa Yunani BANGKRUT?

Sumber: www.madiunpos.com


Apa persamaan perusahan dan Negara? Ya Negara sebenarnya bisa dikatakan perusahaan besar dengan pengelolanya pemerintah. Presiden diibarakan CEO nya dan  Menteri diibaratkan managernya dan rakyat di ibarakan karyawan. Jadi jika penduduknya rajin bekerja dan menghasilkan banyak uang maka Negara makin kaya karena uang berputar dengan cepat sehingga pajak ikut berputar dengan cepat juga. Yap pajak adalah salah satu penghasilan Negara.

Nah jika CEO nya atau presidennya tidak bisa mengelola dengan benar tentu perusahaan atau Negara akan bangkrut. Ciri perusahaan bangkrut adalah lebih besar pengeluaran daripada pemasukan. Nah itulah yang dialami Yunani pengeluaran mereka lebih besar dari pada pemasukan.

Penyebab pengeluaran terbesar Yunanai bisa ada yang tebak? Jika ada yang menjawab “Subsidi” Ya anda benar. Subsidi itu kalau ada yang kurang paham, jadi prodak yang dibeli oleh kita sebagian dibantu pembeliannya oleh pemerintah. Contohnya BBM seharusnya rakyat membeli bensin misalnya 10rb/liter tapi pemerintah bantu dengan subsidi jadi pemerintah nombok untuk rakyatnya jadi misalnya kita cukup bayar 8rb dan pemerintah nanggung 2rb untuk semua rakyatnya, Kalau rakyatnya 100juta kalikan saja berapa yang harus nombok setiap harinya.

Nah Yunani begitu terlalu banyak subsidi, bahkan yang ngganggurpun dapat subsidi lumayan besar sehingga daripada kerja yang hasilnya kecil mending nganggur aja karena dapat uang lebih gede. Mereka dimanjakan oleh subsidi sehingga membuat terlena rakyat. Kalau terus-terusan rakyat malas kerja tentu perputaran uang jadi lambat yang menyebabkan pemasukan lambat juga.

Kalau pemasukannya lebih kecil dari pada pengeluarannya jika terus-terusan begitu, Ya akhirnya meledak alias bangkrut kaya Yunani. 

Lalu siapa penyebabnya? Mari kita telusuri, Yang pertama bertanggung jawab adalah tentu Bos dan managernya yang tidak bisa mengatur dengan bijak. Pemerintah tidak tegas untuk mencoba mengurangi kalau bisa menghentikan subsidi dan membuat para rakyatnya lebih mau rajin kerja. Kenapa mereka begitu? Ya karena rakyatnya.

Para politisi atau pejabat pemerintah tidak berani mencoba atau menghentikan subsidi tapi malahan sengaja memberikan subsidi atau mendukung subsidi agar harga barang tidak mahal. Ya mereka lebih mementingkan pencitraan saja dengan bilang pada janji kampanye “barang murah hidup sejahtera” tahunya mereka pake dana pemerintah untuk subsidi yang berakibat kas Negara habis disedot subsidi.
Ya rakyat juga salah karena mereka mau barang murah dan hidup sejahtera nuntut ke pemimpin tapi malas kerja. Ya jadinya pemerintah mereka dilemma, mau hilangkan subdisi agar Negara sehat tapi rakyat pasti ngamuk tidak setuju.

Jadi gimana mau berharap kesubsidi terus? Terus bangkrut kaya Yunani? Bagi pengusaha mereka tidak berpikir ke masalah tapi kesolusi jika subsidi hilang ya tentu omset jualan harus meningkat juga. Terus bagaimana agar omset ningkat? Ya karyawannya harus lebih giat kerja.

Ya itu pengusaha mindset bener tapi jika mereka fokus ke masalah bilang pemerintah jahat harga mahal karena subsidi dicabut, terus kalau Negara bangkrut kaya Yunani mau?

Para pengusaha sukses kebanyakan lahir dari zona tidak nyaman sehingga mereka harus bergerak dan berpikir kreatif terus kalau tidak mereka DIED. Semua pengusaha sukses Merry Riana terpuruk tinggal sendiri di singapura tanpa bantuan orang tua dan menanggung hutang kuliah yang besar.

Dewa Eka Prayoga bangkrut 7,7 Milyar berhasil bangkit karena terus bergerak dan berpikir kreatif, Jaya setiabudi jangan ditanya kalau yang ini sering bangkrut tapi sekarang jadi guru bisnis yang dahysat. Yeheskiel Zebua harus mencari uang untuk biaya operasi ibunya, Bob sadino diawal-awal juga bangkrut parah tapi akhirnya bisa bangkit.

Zona nyaman hanya akan membuat malas seperti halnya subsidi, Jadi walaupun sekarang terus dapat subsidi, ya siap-siap kita bangkrut kaya Yunani. Yah jangan tuntut barang murah tapi tuntutlah diri agar bisa berpenghasilan lebih besar.

Bergerak dan kretif adalah kuncinya.
Kalau kata Yeheskiel Zebua "You Don't Need Money, You Need a Better Strategy" alias lebih kreatif dan beruasaha.

Cuma Nasehat diri sendiri, semoga bermanfaat.


SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip