Sunday, December 20, 2015

9 Tahapan Bisnis



9 Tahapan Bisnis, Tidak ada cara instan (shorcut) menjadi sukses yang ada percepatan alias lebih cepat tergantung keilmuan, ikhtiar dan ketekunan. Termasuk sukses menjadi pengusaha semua butuh proses yang harus dilalui.

Tapi ada cara agar mudah sukses yaitu menyukai prosesnya dengan begitu sudah tidak ada beban.

Menjadi pengusaha sukses adalah sebuah kebanggan karena jalan yang dilalui pengusaha itu minoritas, lebih banyak tantangan dan Godaan apalagi yang dimulai dari nol besar atau yang lebih ekstrim baru resign dari kerjaannya yang cukup nyaman.

Kalau begitu Selamat anda telah berhasil melewati setengah perjalanan seperti kata mas Ippho santosa memulai berarti telah menyelesaikan setengah perjalanan tinggal selesaikan setengahnya lagi. Karena memulai adalah tahap pertama yang sulit dilakukan sebagian orang kebanyakan orang hanya terjebak direncana dan rencana yang akibatnya malah jadi bencana :).

Terlalu banyak perhitungan, analisis dan dugaan di awal yang malah makin membuatnya takut melangkah. Itulah yang dialami kebanyakan orang pintar yang mau mulai usaha.

Kadang diawal yang dibutuhkan bukan kepintaran tapi keberanian. Melangkah tak usah banyak pikiran kalau perlu buat anda paksa melangkah. Berikan DP atau uang muka itu cara tercepat agar cepat melangkah. (the power of kepepet)

Jika sudah melangkah saya ucapkan Selamat sekali lagi. Anda telah berhasil melewati tahap pertama dan boleh berbangga atau Euforia. Karena tahap selanjutnya mungkin anda akan sulit merasakannya lagi.. (Mungkin..)



 Tahap selanjutnya adalah Realita di lapangan, ternyata tidak seenak yang dipikirkan diawal. Di tahap ini muncul banyak masalah dari a-z. Anda mungkin di awal berusaha menghandel segala macam masalah dari produksi hingga pemasaran.

Anda mulai kehabisan waktu, tenaga dan dana. Juga Mulai kebingungan mengatur waktu, tenaga dan dana. Entah semua saling bertabrakan di otak anda mana yang harus dikerjakan. Anda mungkin disini akan mulai kehabisan semangat apalagi tidak ada kunjung penghasilan bahkan pecah telor pun belum.

Di Tahap ini yang terpenting adalah anda harus bisa pecah telor agar merasakan bahwa bisnis anda memangberprospek. Karena rupiah pertama anda akan membuat anda semangat meraih rupiah selanjutnya. Yang sudah merasakannya pasti tahu..

Tapi selamat juga karena disini anda akan belajar tentang mengatur waktu, tenaga, emosi dan dana anda. Anda mulai bertumbuh jika anda mulai merasa kebingungan disini.

Tahap selanjutnya titik rendah alias Frustasi. Dimana semuanya kacau dan menagih. Orang tua, teman, istri hingga waktu pun mungkin mulai mempertanyakan dan meminta sesuatu. Tapi apa daya keadaan bisnis kita malah di titik minus.

Tarik menarik disemua sektor terhadap anda terjadi disini. Yang anda lihat hanyalah kegelapan.


Tahap Selanjutnya adalah anda mulai putus asa karena kegelapan lebih menyelimuti anda daripada sebuah harapan kesuksesan, Anda sekarang berada ditempat dan belum melangkah lagi.

Padahal ketika melangkah anda akan melihat jalan lagi. Seperti kata Ibu Kartini habis gelap terbitlah terang.


 Akhirnya tahap selanjutnya anda malah terjatuh alias bangkrut. Anda mulai ketakutan atas segalanya. Keluarga, teman, hingga istri apa yang akan mereka katakan kalau begini.

Kegelapan semakin menyelimuti titik dasar anda, anda mulai putus asa untuk bangkit.

Padahal sebenarnya pada tahap ini adalah titik terendah anda. Dan Kemana lagi kita melangkah kalau titik terendah sudah kita datangi selain ke atas?

 Pada tahap selanjutnya,  anda mulai sadar dan menerima keadaan yang terjadi, Anda sadar apapun yang terjadi hidup akan terus berjalan.

Disini kita akan mulai tumbuh dewasa dalam berbisnis.




 Tahap selanjutnya anda akan mulai melangkah kembali tapi langkah anda akan mulai diuji dengan kebimbingan. Hutang bisnis anda membuat anda lelah dan berpikiran negatif untuk kabur saja kah? dan Orang terdekat anda mulai mempengaruhi anda untuk bangkit tapi sayangnya menyuruh ke jalan berbeda alias bekerja.

Tapi hati kecil anda masih berkata Jalan ini masih tetap ada harapan dan harus terus diperjuangkan. Anda masih banyak merasakan penasaran. Pilihan mulai menghantui anda.


 Sebagaian orang pada akhirnya lebih memilih untuk menyelesaikan apa yang dimulainya karena biasanya pengaruh lingkungan dan hatinya yang masih membara.

Saya harus kembali karena anda masih merasakan cahaya harapan yang redup di tengah kegelapan.



 Akhirnya Anda berusaha lebih giat dan cerdas yang akhrinya Cahaya itu semakin terang anda mulai merasakan manisnya perjuangan anda selama ini. Semuanya menjadi indah pada tahap ini. Semua kelelahan dan tangisan diperjalanan malah menjadi kado cerita terindah anda ketika anda di tahap ini.

Maka tak heran mas Jaya Setiabudi bilang baginya bisnis adalah perjalanan spiritual.

Jadi nikmatilah prosesnya karena semua akan MENGALAMI sukses kalau kita tidak berhenti sebelum di tahap 9!
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

2 comments:

  1. Kurang lebih sesuai dengan kasus yang dialami salah satu temen. Tapi udah mundur ditahap ke-5 (kalau diungkapin secara kasar + lebay "sampai kurus kering bahkan mengalami kerontokan rambut diusianya yang masih muda.." hehe ) Mungkin dia harus baca artikel ini supaya sadar bahwa perjalanan yang dilalui belum seberapa. Paling tidak masih ada 4 tahapan lagi yang harus dilewati.
    Mantab ulasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya orang tuan/istrinya menyuruh kesini ya >> "..dan Orang terdekat anda mulai mempengaruhi anda untuk bangkit tapi sayangnya menyuruh ke jalan berbeda alias bekerja."

      Delete

iklan responsip