Friday, December 4, 2015

Saya Bingung mau Bisnis apa? Pantas saja tidak berkembang.


Ada sebuah pertanyaan yang sering diterima oleh para motivator dan pengusaha sukses dari peserta seminarnya tentang kebingungannya untuk melangkah dan memulai. Saya pun lumayan sering menerimanya (Tapi saya bukang motivator cuma penjual), kurang lebih begini isinya,

"Saya bingung mas tapi nanti mau jual apa ya?" atau "Saya bingung mas tapi nanti mau Bisnis apa?" Ketika anda berbicara tersebut secara otomatis anda akan bingung beneran dan sulit bergerak bahkan saya berani  mengatakan anda 100% bisa tidak akan bergerak.

Inilah yang yang disebut dengan kedahsyatan pilihan kata yang dipilih oleh setiap orang. Salah memilih dan mengucapkan maka akan menjadi bunuh diri karena hal tersebut secara sadar telah menusuk dirinya.

Antony Robin (Guru Marketing dunia yang menjadi acuan banyak orang termasuk para pengusaha sukses Indonesia) menyebutnya pain and pleasure. Otak manusia itu sepert magnet, ada dua kutub yang saling tarik menarik yaitu kutub kesakitan (negatif) dan kesenangan (positif). Ironis memang ternyata pikiran negatif suka dicari-cari orang. Bagaimana bisa? contoh kalau nanti bankrut gimana.. kalau nanti gagal gimana.. kalau nanti ditipu bagaimana..?

Salah memilih atau salah Fokus berucap maka sistem otak anda akan tertarik ke salah satu kutub untuk merasakannya. Kenapa saya menyebutnya Berucap bukan berpikir? Karena setelah berpikir pertama kali kemudian berucap maka setelahnya otak akan menguatkan sinyal perkatannya lagi alias ketarik ke salah satu kutub automatis akan merasakannya dampak salah satu kutubnya.

Selanjut berkata atau berucap adalah pilihan anda jadi sebenarnya kita punya 100% kendali kemana kita akan mengarahkan ke kutub mana pikiran kita. Tergantung pilihan kata yang kita pilih untuk diucapkan.

Seperti contoh di awal ketika anda bilang bingung otak akan menguatkan sinyalnya atau menguatkan Fokus pada kebingungannya. Karena kebingungan adalah kutub negatif (kesakitan) hasilnya anda akan bingung beneran (sakit beneran karena bingung) Karena secara tidak sadar anda telah meng-iya-kan sendiri. Itualah yang disebut salah pilihan kata akan menusuk diri sendiri.

Ingat otak itu selalu coba fokus ke salah pintu kutub, ketika anda membukanya dan memilihnya dengan berucap maka Otak akan fokus kesana. Tapi jika anda membuka kedua pintunya maka otak anda akan saling tarik menarik dengan kedua kutub tersebut yang akhrinya otak bingung dan susah bergerak dan selanjut automatis ketarik ke kutub negatif (Kesakitan). Bingung = Kesakitan

Membuka kedua pintu maksudnya gimana? Contoh anda membuka pintu senang (positfi)"Kalau saya kaya saya bisa jalan-jalan, makan di tempat-tempat enak, bisa bantu orang banyak". Sedangkan kutub kesakitan "Kalau jualan pasti malu, diejek, belum lagi ditipu dan bangkrut" dan Pikiran negatif lainnya yang membawa kesakitan. Ya Ketika anda bilang bangkrut, ditipu, dikhianati anda secara tidak sadar akan langsung merasakaanya padahal belum kejadian, apalagi kalau yang sudah merasakannya.

Begitu juga perkaatan yang dikatakan tubuh kita (Non verbal) ketika pembawaan tubuh kita loyo, jalan bungkuk lihat kebawah, mata sayu.. maka secara tidak sadar anda akan loyo benaran karena otak meyakinkannya untuk mengarah ke kutub negatif merasakan loyo.

Kemudian Saat presentasi ketika pembawaan tubuh anda tidak Pede maka anda tidak akan pede beneran (Otak sudah mengarah ke kutun negatif dan coba Fokus ke kutub negatif (rasa sakit). Tapi ketika anda pede maka anda pede beneran.

Ketika pikiran anda berkata sedih maka anda akan sedih betulan. Ketika memilih senang maka anda akan senang. Ya kita diberi pilihan untuk sedih atau senang tergantung kita sendiri.

Jadi ubah perkataannya, teruslah berpikir positif dan jangan pakai tapi... "Jika saya kaya saya bakal jalan-jalan ke tempat anu... pakai mobil anu... bawa keluarga semua.. ntraktir semua keluarga.. keluarga senang.. bisnis lancar... maka saya harus kerja keras tiap hari harus cari pelanggan minimal 10 orang" Ingat jangan pakai tapi.. setelah pakai tapi maka otak akan bingung karena akan ditarik ke kutub negatif dan selanjutnya tarjadi tarik menarik antar kutub.

Misal kalau pakai tapi Pengen jualan tapi ga punya modal.. Ya sudah ga jadi jualan beneran. Pengen prospek 10 pelanggan tapi kan panas cuacanya dan malu, Ya malah akan sakit benaran (padahal belum terjadi) Coba ubah tapinya "Pengen jualan kayanya asyik deh kalau mulai dari nol dari tenaga dulu." atau "Kayannya asyik jualan sambil panas-pansan bisa bikin badan sehat dan kurus" Maka otak secara sadar akan fokus senang dan anda akan senang betulan dan bergerak.

Jadi ubah pilihan katanya Maka tak salah jika muslim menyebutnya Doa senjata utamanya sebelum beraktifitas. Mengucapkan pilihan yang baik semua. Lapangkan rezeki.. diberi kesanggupan.. kesehatan...

Jadi ubah pertanyaan saat bertanya "Mas saya bingung anu... " Jika anda bingung bagaimana dengan mentor anda? Ingat mentor hanya memberi saran dan keputuasan ada ditangan anda. Jadi ubah pilihan kata pertanyaannya, Mas saya cuma punya tenaga doang kalau bisnis jualan prodak orang bagus kan? Mas bisnis batu akik jual divsekolahan bagus kan?" "Mas Bisnis modal dengkul kayanya asyik deh, Bolehkan mulai dari jualan prodak tetangga"

Pilihlah hal positif terus dengan begitu otak akan fokus ke kutub solusi maka akan membuat anda lebih mudah bergerak.

Yes ketika anda bertanya berarti anda sedang memfokuskan otak anda pada isi pertanyaaanya! Remember that.

Salam Dahsyat... ! wkwkwkwk...
 Kenapa para motivator banyak bilang begitu? YES "pilihan kata" kalau motivator bilang salam loyo... automatis semuanya akan loyo.

-------------------
Thanks yang sudah pesan buku, Diskon paket Meroket sudah ditutup ya.

SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip