Tuesday, September 29, 2015

Cara kerja Otak Kanan VS Otak Kiri, Pengusaha WAJIB baca!

Dengan mengetahui cara kerja otak, Ini akan menjawab kenapa anda yang berniat buka usaha tetapi usahanya tidak dibuka-buka. Ini juga akan menjawab mengapa kebanyakan sekolah bisnis di Indonesia akhrinya malah membuat kita menjadi takut usaha.

Ini juga akan menjawab mengapa orang yang biasa saja lebih cenderung sukses untuk jadi pengusaha ketimbang orang yang lebih pintar. Ini juga akan menjawab orang-orang yang cenderung memakai otak kanan lebih cocok jadi pengusaha.

Hal ini juga akan memberikan Tips bagaimana seharusnya kita berpikir dan bertindak jika ingin jadi Pengusaha. Secara sederhananya cara kerja otak dibagi dua, otak kanan dan kiri, Setiap bagian memiliki fungsinya masing-masing. Berikut lengkapnya,

1. Otak kiri berpikir secara berurutan, 1 , 2, 3 atau a, b, c atau mereka menyukai hal yang sistematis dan beraturan. Kebalikannya Otak kanan menyukai hal yang sifatnya tidak beraturan, sistematis atau mereka menyukai hal yang bersifat kreatif contohnya unik, indah, menyenangkan.

Kebanyakan di sekolah bisnis di Indonesia kita diajarkan cenderung menggasah otak kiri, seperti bisnis itu harus berurutan, produksi, distribusi, promosi. Selanjut diajarkan bisnis plan bagaimana membuat rancangan bisnis secara detail dari a ke z dengan perhitungan.

Dengan begitu malah membuat kebingungan dan ketakutan dan berkata bisnis itu sulit dan susah. Akhirny tidak jadi membuka usaha.

Kita di awal sudah di fokuskan ketakutan rintangan yang akan dialami dan keribetan yang akan dilalui dan secara tidak sadar sudah mensugesti ke bawah alam sadar kita.

Padahal bisnis itu tidak usah sistematis seperti di atas bikin dulu bisnis plan, apalagi UKM yang tidak punya banyak modal. Kita bisa mulai menjual prodak orang dulu, sembari mencari modal, juga mengasah skill.

Selanjutnya di awal seharusnya Fokus kepada hal yang menyenangkan agar kita mudah melangkah, Bayangkan bagaimana anda bisa jalan-jalan dengan keluarga menggunakan mobil impian anda. Itulah otak kanan menyukai hal yang menyenangkan.

Dengan begitu agar sebisa mungkin kita tidak menunda buka usaha dan hari ini juga mulai dibuka.

Ya, Buka dulu usahanya baru selanjutnya berpikir, itu membuat langkah kita ringan di awal.

2. Otak Kiri menyukai hal yang detail seperti perhitungan laba utung rugi, cash flow harian bulanan sedangkan Otak kanan menyukai pola, misalnya pola lingkaran, segitiga atau contoh realnya pola jualan dan bisnis.

Lagi-lagi kita didokrin di sekolah, kita harus bisa mengerjakan hitungan akuntasi laba-rugi, cash flow harian, bulanan. Tentu itu membuat pusing karena saya juga merasakan.

Tapi apakah benar  pengusaha  wajib bisa perhitungan akuntasi labar rugi dan cashflow? Jika anda Fokus menggunakan otak kanannya. Jawaban sangat mudah, "TIDAK!"

Otak kanan menyukai sesuatu hal tentang pola, kalau udah ada polanya gampang, Ternyata hal di atas juga sudah terpola, Ya tinggal rekrut orang yang pintar hitungan akuntasi, kita hanya menerima hasil jadi laporan.

Kalau belum bisa menggaji? Coba pakai otak kanannya lagi, cari polanya, banyak cara jika kita mau berpikir kreatif (otak kanan). Contoh tips Mas Jaya Setiabudi seperti merekrut anak magang, bagi hasil saham, dan lainnya

Tapi? Tapi? Ya jika anda menanyakan tapi-tapi terus berarti memang anda dominan otak kiri semuanya harus berurutan. Orang yang cenderung otak kanan akan menjawabnya dengan hal-hal kreatif.

3. Karena otak kiri sukanya berpikir yang urut, maka pertanyaan bagaimana? Bagaimana bisa 3 milyar dalam 3 menit, bagaimana bisa membuat hal tersebut dalam satu bulan, itu mustahil. Karena mereka berpikirnya linier makanya bilangnya mustahil. 

Dengan begitu kita akan menutup segala kemungkinan jalan yang ada, karena sudah ditutup oleh pikiran sendiri dengan kata "mustahil"


Jika anda fokus berpikir dengan cara otak kanan, anda akan bertanya, Mengapa? Mengapa orang lain saja bisa sebulan dapat 100juta tanpa modal mengapa saya tidak bisa? Mengapa orang lain saja bisa dapat puluhan juta dari internet kenapa saya tida bisa?

Tapi catatan anda harus mengukur kemampuan, uang, waktu dan skill anda sebagai bahan pertimbangan 

Dengan begitu otak anda akan berusah mencari-cari jawabanya hingga ketemu dan saat itu juga otak anda akan encer.

4. Otak kiri berfungsi untuk hitungan sedangkan otak kanan warna,

Jika segala sesuatu dihitung dengan angka anda telah menghilangkan sesuatu kesempatan luar biasa lainnya. Membantu orang tidak perlu dihitung dengan hitungan angka. 

karena jika semua dihitung anda tidak akan bisa melihat keindahan warna senyuman orang yang terbantu oleh bantuan anda

5. Fungsi otak kiri untuk membaca, bahasa, berbicara  sedangkan otak kana musik, gambar dan seni.

Tidak semuanya anda dapatkan dengan membaca tetapi kita perlu juga action agar merasakannya keindahannya juga.

6. Otak kiri berpikir logika sedangkan otak kanan emosional

Penjelasan ini dijawab dengan peribahasa, ketika sudah cinta maka logika akan mati. Jika sudah menyukai pekerjaannya jika mereka bilang susah anda akan tetap melangkan karena anda suka.

Tahi kucinng pun rasa coklat kalau udah jatuh cinta. (Tapi saya belum setuju kalau yang ini, emang beneran ya? ada yang pernah nyoba? )

7. Otak kiri karena berpikirnya logika jadi akan berpikir resiko.

Kalau gini kemungkinannya kecil sukses. Ya kalau kita berpikir pakai logika, apalagi logikanya belum terasah, jadi belum masuk akalnya kalau kata mas Jaya Setiabudi.

Otak kanan lebih cenderung suka tantangang otomatis siap menghadapi resiko.

Namanya juga bisnis pasti penuh resiko tapi justru itu yang membuat bisnis jadi menarik.

8. Otak kiri mengatur indera pendengaran sedangkan otak kanan penglihatan.

Apakah dengan begitu otak kiri tidak baik? Tidak begitu, ini hanya bagaimana berpikir menggunakan otaknya dengan benar terutama dalam bisnis.

Jika anda dominan otak kiri, ya mungkin anda cocok jadi teknisi, dan biarlah anda kerja di tempat otak kanan, karena otak kanan butuh anda hehe... #Kanan

Semua orang punya otak kanan dan kiri, cuma bedanya, setiap orang mengasah kebanyakan otak kirinya lupa dengan otak kanannya.

Yuk mulai berpikir kanan alias kreatif.

Jadi secara sederhannya tipsnya.

1. Buka dulu bisnisnya baru berpikir dan dianalisis
2. Bisnis tak mesti ngurut, yang penting bisa dapat uang sambil belajar bisnis
3. Bisnis tidak harus jago teknis seperti hitungan cukup jago cari orang yang jago hitung.     Pebisnis itu jago sistem kalau jago di teknis namanya teknisi.
4. Action

Bagaimana masih berpikir bagaimana cara jadi pengusaha, berarti anda masih dominan otak kiri.

Sederhana, seperti tips di atas no pertama, BUKA dulu.


Bingung mau buka bisnis apa, anda bisa menjual prodak orang dulu seperti tips no 2, belajar bagaimana dapat uang dulu sambil belajar bisnis.

Teman-teman bisa coba jadi supplier kalau masih bingung 


SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

1 comment:

  1. Mantap kang artikelnya tentang otak kanan. Sangat menambah informasi lagi buat saya ini. Informasi tentang otak kanan saya jadi bertambah. hehehe. Tapi Kang saya ingin tanya bagaimana cara untuk melatih otak kanan?

    ReplyDelete