Wednesday, August 26, 2015

7 Alasan mengapa harus punya MENTOR Bisnis


Bahkan seorang mastah dalam bidang bisnis pun perlu mentor bisnis seperti Coach Dewa Eka Prayoga memiliki mentor mas Jaya Setiabudi, Jamil Azzaini  Lalu mas Jaya Setiabud ke Purdi E Chandra dan yang lainnya. Mentor tahu bahwa sesungguhnya kita saling berhubungan dan bersinergi.
sumber gambar: www.ciputraentrepreneurship.com

Bahkan Rosulullah sendiri punya mentor bisnis saat dagang yaitu pamannya sendiri Abu Thalib. Jadi Menagapa sebenarnya kita harus punya mentor sendiri, inilah alasannya detailnya.

1. Orang yang berhenti belajar siap-siap bangkrut. 

sumber gambar: www.naaree.com
Keadaan manusia itu dinamis maka akan membuat ilmu juga dinamis terutama ilmu bisnis. Ilmu yang sebulan lalu mungkin sudah tidak  relevan atau bisa dipakai lagi untuk keadaan sekarang karena kondisi sudah berubah. 

2. Ada istilah Kuman di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tiada tampak.

sumber gambar: kabarkampus.com
Kesalahan orang lain, biar pun kecil, tampak; tetapi kesalahan sendiri tidak disedari. Itulah mengapa sebab kita lebih pandai menlai kesalahan orang lain dibandingkan diri pribadi. Dalam bisnis pun begitu kita lebih sulit menilai kelemahan diri sendiri, kita butuh orang yang menilai dimana letak kesalahan kita. Disitulah mentor berperan dalam menilai kesalah kita dalam berbisnis setalah kita konsultasi.

3. Hanya sesama Profesi atau Frekuensi lah yang paham. 

sumber gambar: www.ciputraentrepreneurship.com
Pengusaha juga butuh curhat, Mungkin curhat ke teman terdekat atau keluarga tidak akan nyambung kalau mereka bukan pengusaha lagi yang ada malah dianggap Galau. Nah mentor tahu bagaimana kondisi bisnis karena itu paham rasanya bagaiman, mereka juga mengalaminya. Istilahnya Kadang kita harus bangkrut dulu baru tahu artinya bangkrut itu.. Paitt.. 

4. Diri pribadi menilai terlalu subjektif atau lebih emosional sehingga kadang tidak objektif atau logika tidak jalan saat mengambil keputusan. 

sumber gambar: actioncoachsouthjakarta.wordpress.com
Saat memutuskan bila keaadan emosional yang ada hanya penyesalan. Keputusan memerlukan ketenangan dan logika.

5. Mentor biasanya akan memberi penerangan atau solusi terhadap masalah kita.

sumber gambar: createlosangeles.com
Ketika kita sudah mentok disinilah peran Mentor lainnya, YA memberikan lampu penerangan dalam jalan gelap kita. Kadang kita akan menyerah jika kita sudah mentok padahal jalan masih banyak tapi kitanya saja yang masih kurang keilmuan dan pengalaman.

6. Memberikan bantuan. 

sumber gambar: www.reorecruitment.com
Banyak mentor tak segan memberi bantuan entah informasi jaringan, modal dan media bahkan bantuan langsung dari mentornya sendiri tak jarang. Tergantung karakter mentornya sendiri, mentor biasanya hanya membimbing, kitalah yang harus bergerak dan berusaha tetapi kalau sudah terpojok kadang mentor turun tangan karena kasihan.

7.Saling mengingatkan dan saling belajar.

sumber gambar: qorganica.ugr.es
Kenapa mentor sendiri punya mentor? Ya sesuai ajaran Islam saling mengingatkan dalam kebaikan kalau kita terjerumus ke dalam kesalahan atau kesesatan atau khilaf.  Selanjutnya saling belajar kadang malah mentor lebih banyak belajar dari yang dimentorinya. Banyak yang mengalaminya karena dalam kasus lapangan yang berbeda.

Sudah punya mentor?

SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip