Saturday, August 22, 2015

Memilih Prodak, Brand, Harga dan Kualitas.


Konsumen sering dibingungkan dengan banyaknya prodak sejenis dengan berbagai brand, harga dan kualitasnya. Apalagi Semua iklan Brand tertentu mengklaim yang terbaik dan terjangkau. Alhasil hanya menambah kebingungan konsumen.


Contohnya saja dalam memilih handphone. Selain bingung dengan tawaran iklan berbagai brand yang mengklaim yang terbaik,  kebanyakan juga konsumen bingung tentang hal teknis atau hardware perangkat. Apalah RAM itu, Grapic, pixel,Hsdpa atau Proseccesor, “embuhlah sing aku ngerti iku istilah melebu sirah eh enyong memuti” 
sumber tabloidhp.net

Permasalah selanjutnya adalah tentu hal yang paling krusial yaitu budget yang kita miliki apalagi budget nya terbatas hanya cukup buat nyicil saja. Sabar ya mblo.. Hidup memang penuh cicilan eh maksudnya perjuangan.

Nah biar tidak bingung atau bikin “ndash mumet” atau “nyeri sirah” ada beberapa tips dalam memilih prodak yaitu berbadasarkan ketiga kategori ini, Yup seperti yang terlihat dijudul, Brand, Harga dan Kualitas.

Kenapa membedakan menjadi ketiga hal tersebut? Sederhana karena prodak yang kualitasnya sama bahkan prodaknya  hardware dan softwarenya sama percis tetapi berbeda BRAND bisa membedakan harganyanya bahkan bisa jauh sekali bedanya.

Contoh sederhana adalah ketika sebuah pemasar melakukan penelitian minuman cola yang sama yang satu dikasih Brand coca cola yang satu polosan. Hasilnya coco cola yang tidak ada brand bukan hanya menjadi murah harganya bahkan tidak laku sedangkan yang ada brand coca cola tetap laris manis.

Atau contoh lainya, Sepatu yang sama, yang satu dikasih tanda ceklist (logo Nike) yang satu tidak dan di jual. Harganya jauh berbeda yang berlogo ceklist bisa minimal tiga kali lipat dari yang  tidak berlogo ceklist. 

Kalau anak Meme memplesetkannya seperti ini
 
sumber memecenter.com
Ya membedakan adalah Brand. Value atau manfaat sebuah brand bukanya hanya sebatas kualitas prodak tetapi ada Gengsi nya juga. Brand yang bagus adalah kualitas oke dan gensinya juga dapat kelemahannya tetapi harganya MAHAL. 

Prodak lumayan adalah gengsi kurang oke tetapi kualitas oke, kelebihannya adalah harga lebih murah dari yang atas. Sedangkan Brand jelek adalah  gengsinya jelek dan kualitas jelek kelebihannya harganya murah.

Jika kita punya uang banyak bolehlah kita pilih Brand bagus selain dapat kualitas oke, gengsinya juga dapat, tetapi awas jangan songong ntar ditimpuk orang hehe.. Fokuslah kepada fungsinya saja sebagai prodak memenuhi kebutuhan seperti untuk kerja.

Nah jika uang kita pas-pas jangan sok-sokan beli yang di atas. Pilihlah prodak yang fungsional alias kualitas oke tetapi brandya kurang oke. Jangan kebanyakan gengsi kalau sudah bingung buat makan baru tahu rasanya.. “makan tuh gengsi hehe”.. Jadi pilih prodak yang fungsional ga apalah merk axioo tetapi kualitas sama dengan apple.

Lalu pilihan ketiga, Kualitas jelek dan brand jelek, yah kalau yang ini lebih baik dihindari saja karena ujungnya kualitas jelek nantinya akan lebih boros contohnya beli prodak KW sepatu murah, kualitas jelek karena harganya murah. Tetapi setelah diitung-itung itu akan jauh lebih rugi lagi. Kenapa? Sederhana prodak KW tidak akan tahan lama prodak original akan lebih awet. 

Prodak original akan menjaga kualitasnya, mungkin prodak KW akan bertahan satu bulan tetapi prodak original akan bisa bertahan bertahun-tahun. Coba pasti anda pernah mengalami ini kan? 

Contoh sederhana beli sepatu KW dibandingkan dengan sepatu original, Awetnya lebih tahan lama sepatu original bahkan bisa tahan lama sekali. Jadi lebih baik hal ini dihindarkan kecuali Terpaksa karena darurat. lebih bagi BELI YANG KUALITAS OKE tetapi Brand kurang oke. Sederhana saja ga usah gengsian kita tidak akan mati karena genggsi tetapi kita bisa mati kalau memaksakan gengsi. Setuju apa setuju?

Permasalah lainya hal di atas, saya hanya mencontohkan untuk hal sederhana dalam memilih barang seperti sepatu dan tas. Nah bagaimana prodaknya sesuatu yang agak komplek atau rumit seperti prodak elektronik seperti gadget. Apalagi kita GAPTEK?

Ada beberap tips dalam memilih prodak, tapi kita tetap mengacu kepada tiga hal di atasnya ya >> Brand, Kualitas harga. Tips yang pertama adalah memilih Gadget laptop dan netbook. Tipsnya sederhana bahwa semua prodak hardware laptop atau Netbook kebanyakan sama yaitu keluaran Intel. 

Prodak intel dan lainnya sudah pasti bagus jadi ga usah khawatir lagi memilih Brandnya. Brand yang kurang terkenalpun tidak masalah karena dalamannya hampir sama. 

Tips sederhana lainya Jangan ragu lagi anda bisa memilih brand seperti Lenovo, asus, advan, axioo, hinggga piqio karena hardware dan sofware bisa dipastikan hampir sama. Jadi kalau ga punya budget gede bisa beli prodak tersebut, jangan gengsian maksakan beli macbook ya.

Selanjutnya memilih gadet Handphone kurang lebih sama dengan memilih laptop. Hardware dan software perusahaan handphone hampir sama. Jika punya uang lebih banyak bisa memilih prodak Apple atau Samsung dengan kualitas dan spesipikasi yang sudah teruji.
sumber enolsoft.com

Jika memiliki budget yang terbatas lebih baik memilih prodak yang kualitas oke, brand yang lumayan, plus ada tambahan lagi yaitu yang sedang promo atau ngepush gila-gilaan.

Nah banyak orang yang belum tahu tentang yang satu ini yaitu Kualitas oke tetapi harga sangat murah karena sedang promosi gila-gila dalam rangka mempush pasar. Prodak apakah itu. Yang Fenomenal terbaru adalah Oneplus 1. Mereka menjual dengan harga relative lebih murah dan kualitas sangat oke. 
sumber yourstory.com

Setelah keberhasialn oneplus 1 mereka pun menyusul dengan membuat oneplus 2 denga system preorder. Dan wow suda lebih satu juta orang yang ikut list preorder ini. Sebuah angka fantastic.
sumber www.hardwarezone.com.

Atau sebagai alternative bisa memilih xiaomi, sebenarnya Oneplus meniru xiomi Cuma oneplus lebih gila lagi. Jadi jika punya uang terbatas lebih baik memilih xiomi atau oneplus yang memilih kualitas oke dan harga lebih murah.
sumber tokopedia.com

Mungkin ada pertanyaan kenapa lebih murah? Seperti yanga saya jelaskan sebelumnya Mereka sedang mempush pasar. Konsepnya kurang lebih seperti strategi subsidi yang pernah saya bahas dalam artikel. Memberikan harga murah dengan kualitas oke sebagai penarik konsumen. 

Suatu saat mereka akan menaik harganya setelah konsumen terlena dan terbiasa dan terbukti harga oneplus 2 semakin lebih mahal dari oneplus 1 dan harga xiaomi juga beranjak meningkat. Jadi selagi masih promo perang harga bisa kita manfaatkan jika kita ingin beli gadget harga relative murah tetapi spesipikasi oke.

Oh sebagai tambahan strategi ini menggunakan online bukan offline. Ya sederhana karena trendnya sedang menuju ke online. Mereka sedang bersaing membangun pasar onlinenya masing-masing.

SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip