Tuesday, August 11, 2015

Ribut GOOGLE bubar!

Tadi pagi hingga sekarang dimana-mana lagi hangatnya perbincangan tentang GOOGLE kemudian kata kedua yang muncul adalah Alphabet. Lalu apa hubungan keduanya antara Google dan Aphabet? Terus benarkan Google bubar? Santai bro.. mari kita jawab satu demi satu dengan hikmat. #pfft

Pertanyaan yang pertama akan dijawab adalah pertanyaan no 3 apakah Google bubar? YA jawabannya! Ah yang bener.. Ya benar jika perusahaan Google dibubarkan sebagai perusahaan Induk tetapi Google tidak akan bubar sebagai mesin pencari tetapi tetap akan eksis dan akan semakin berkembang dengan pemimpin yang baru dan jika anda tahu siapa pemimpin Google yang baru? mungkin anda akan terkejut tapi kita bahas di akhir.

Google sekarang telah resmi menjadi anak perusahaan yang dulu merupakan induk dari perusahaan Google. Asal teman-teman tahu saja Google corp atau perusahaan Google mempunyai usaha lainya selain mesin pencari Google. Banyak perusahaan google lainya seperti driverless car + bioteknologi , mesin penghasil uangnya yaitu Youtube dan masih banyak lagi.

Lalu induk perusahaan Google sekarang siapa? Jawaban adalah sekaligus menjawab hubungan antara Google dan Alphabet. Ya induk perusahaan baru Google adalah Alphabet. Lalu kenapa diganti ya gan padahal lebih bagus pakai brand Google saja perusahaanya karena lebih dikenal, eh bukan lebih dikenal tetapi dikenal semua orang deh kayannya malahan.

Nah lebih jelasnya bisa lihat struktur perusahaannya yang baru,

Kalau menurut saya seh emang lebih keren dan bagus seperti itu memakai brand Google sebagai induk perusahaan, ga tau kalau mas Anang... Eh maksudnya pendiri Google,  yaitu Mas Lary dan Kang sergey brin bilangnya seh “google sudah "terlalu kecil" untuk ide-ide baru.” wkwkwk…

Mas Larry dan Kang sergey memang hebat mereka tidak terlena dengan kejayaannya sekarang. Google yang merupakan “inovasi paling hebat dalam sejarah internet  saja dibilang kecil” Coba kalau teman-teman dikasih kejayaan sedikit aja mungkin akan terlena males berubah dengan keadaan. Padahal kunci bisnis adalah terus belajar dan mau berubah. Mesti dicontoh ya Sifat yang tadi terus belajar dan mau berubah (Peka terhadap perubahan).

Bedakan sama sombong ya gan.. kalau sombong justru yang merasa cukup ilmu dan tidak mau belajar lagi. Eh malah bahas kesana lanjut ke Mas Lary page,

“Beberapa tahun terakhir, Page punya projek-projek ambisius seperti driverless car, drone delivery dan obat yang bisa buat manusia hidup hingga 250 thn.

Projek-projek ambisius itu agak aneh kalau ditempelkan ke Google. Maka Page bentuk Alphabet yang akan menaungi semua projek itu dengan #Alphabet”

Terus kenapa ya gan Mas Larry dan Kang Sergey pakai nama Alphabet apa mereka dulu ngajar Taman Kanak-Kanak (TK)? Gundul Le.. Masa Mas Lary dan Kang sergey mantan guru TK. 

Alasannya adalah karena aksara bahasa adalah inovasi terbesar dalam sejarah peradaban manusia.
“Alphabet (huruf-huruf aksara) juga adalah elemen utama dari search engine yang selama ini besarkan google. Ya, aksara adalah jantung revolusi internet.”

Trus ada yang lebih menghebohkan lagi Google memilih CEO baru bernama Sundar Pichai, anak muda cemerlang dari India.

Nah ini photo Om Sundar-nya,

“Sundar Pichai adalah anak yang dibesarkan di tamil nadu, kampung udik di India sana. Kini jadi CEO Google - raksasa teknologi dunia.

Sundar Pichai adalah otak dibalik melesatnya Chrome dan juga Android. Dia kepala dua produk hebat ini. Dua produk yang memimpin revolusi digital.”

Nah kan anak wong Deso juga bisa jadi pemimpin perusahaan Legendari seperti Google jadi situ juga bisa asal belajar ya gan..

“Terpilihnya Sundar Pichai sebagai CEO Google (setelah Satya Nadela terpilih sebagai CEO Miscoroft) adalah simbol kegemilangan Indian Diaspora.

Faktanya, anak-anak muda keturunan India banyak yang jadi figur kunci di silicon valley (dan jadi mastermind di google, FB, twttr, yahoo, intel....).”

Ih Gila ya India ini gara-gara   shakrur khan!
Aktor kebanggan India yang mempopulerkan Tarian Bollywood nya ke seluruh Dunia
Faktanya Cara menjaga daya resiliensi (Daya juang) ternyata simpel : cukup rajin bergerak (olahraga), tekun bersyukur, dan mau mengapresiasi sisi indah kehidupan.

Wkwkw itu becanda tapi mungkin juga karena suka menari dan bergerak mereka jadi kuat daya juangnya.. wallahualam bissawab J

“Ada anekdot. Kalau saja semua orang India di silicon valley pulang kampung ke India, dan tidak balik, silicon valley bisa kolaps.”

Sillicon Valley iku opo ya Gan kayanya enak ? Terserahmu Le.. Sillicon Valley itu adalah tempat perusahaan-perusahaan besar berkumpul seperti Google, Apple dan yang lainya.

“Btw, sundar pichai ini pernah diburu headhunter untuk jadi CEO Twitter. Waktu dengar, google langsung naikkan bonus berlipat agar mau bertahan.

Kembali ke Alphabet. Berbagai projek teknologi dan biotek yang ambisius dipastikan akan terus lahir dari induk Google ini

Lary Page menggunakan profit triliunan dari Google dan Youtube untuk membiayai projek idealismenya dalam jagat life science and tech.

Inovasi-Inovasi ambisius dalam dunia tech and life science memang lebih cepat dipicu oleh super entrepreneurs seperti Lary Page dan Elon Musk (tesla).

Kini Lary Page dengan Alphabet ingin terus berinovasi, menemukan produk-prodak baru yang bermanfaat bagi peradaban. Tugas mulia bagi entrepreneurs.

"Sesama orang India mengucapkan selamat. Ceo Microsoft ke Ceo Google. Amazing. >> "@satyanadella: Congrats @sundarpichai well deserved!"

Cerita tentang inovasi-inovasi hebat dunia memang selalu dipicu oleh niat profit. Bisnis adalah ujung tombak inovasi peradaban.

Alphabet adalah gabungan dari kata alpha dan bet. Alpha adalah kinerja keuangan super. Bertaruh demi uang.

Tapi ini ajaibnya : motivasi uang dan profit itulah yg melahirkan google. Juga apple, toyota, nike, dan smartphone.

Alphabet. Ini adalah babakan baru bagi Lary Page setelah era legendaris Google. Alphabet demi revolusi teknologi masa depan.

Tapi Google sendiri juga tidak boleh terlena dengan search engine. Ingat kalimat : too much love will kill you. Apakah Google bisa jg kolaps? Bisa.

Serangan Facebook terbukti berhasil menggerus revenue Google. Kini posisi Google kian defensif menghadapi kuartet FB+Instgram+WA+FBMess.

Youtube memang tetap jadi money machine bagi google. Tapi kehadiran Periscope dan FB Video Live bisa mengancam.

Maka kita tinggal nantikan saja gebrakan pemimpin-pemimpin baru dari India tersebut dalam sejarah peradaban teknologi.

Dan tidak lupa om Larry dengan Alphabetnya.
Sekian Wasalamualaikum wr.wb

#EdisiAbsurd


Sumber: Kultwitnya Om Yodhia Antariksa Founder Strategimanajemen.net
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip