Friday, August 14, 2015

Kisah sukses: Pengusaha sukses itu tukang NYONTEK!

Kisah sukses: Pengusaha sukses itu tukang NYONTEK!
Cerita legendaris pengusaha nyontek bermula dari Legenda dari pencipta Microsoft dan Apple. Yeah! Tidak Asing lagi yang bernama Bill Gates dan Steve Jobs. Mungkin teman-teman tahu bahwa sekarang Bill Gates dan Steves Jobs bisa dikatakan saling perang dingin atau bisa dikatakan bermusuhan. 

Tetapi Apa kalian tahu bahwa mereka dulu adalah sahabat dekat? Ketika mereka berdua masih kere mereka adalah sahabat dekat dan sama-sama jenius. Semua berubah ketika negarga Api menyerang (Mulai ngaco dah) Oke fokus guys. Semua berubah ketika mereka diperlihatkan sebuah temuan oleh yang bernama Alan Kay.
Mas Bill Gates dan Om Steve masih baekan, Ciee
Alan Kay adalah sesok legendaris dari Xerox PARC (Xerox Palo Alto Research Center)

“Di Xerox PARC inilah hampir semua benih revolusi digital dilahirkan : mouse, laptop dan lainnya.

Tetapi yang paling fenomenal penemuanya dulu adalah yang bernama mesin photocopy, “Saat temuan-temuan itu disampekan penelitinya pada tahun 70an, petinggi xerox bilang : mesin fotokopi akan selamanya lebih penting drpd temuan-temua itu.”

"Mesin fotokopi akan selamanya lebih penting dari temuan-temuan itu (mouse, laptop)". Kalimat blunder yg layak dikenang.”

Tragisnya, tidak ada satupun temuan maha penting itu yg dikomersialkan oleh xerox, induk para penemunya.

Singkat tentang Alay Kay adalah quote "The best way to predict the future is to invent it" | “Ya cara terbaik untk menebak arah masa depanmu adalah dengan menciptakan masa depanmu itu sendiri.”

Baik Kembali ke Xerox PARC. Di sebuah siang yg cerah di thn 1979, alan kay kedatangan rombongan anak muda dengan jeans belel.

Di hadapan tamunya itu, alan kay mendemonstrasikan temuannya yang menjadi kunci kebangkitan sejarah digital yaitu : user graphical interface (icon-icon kecil di layar laptop/gagdet).

Saat melihat demo itu, anak muda yang jaid ketua rombongan tamu, hanya bisa speechless. Bengong. Dalam hati cuma bilang, OMG, OMG, this is it.

Anak muda itu bernama steve jobs, yg kelak dikenal sebagai dewa inovasi. Tapi sama alan kay, ia cuma dibikin bengong dan tertegun-tegun.

Steve langsung "mengadopsi" temuan icon-icon alan kay dalam Macintosh - pc legendaris dari apple. Mengadopsi adalah kata halus dari MENCONTEK.

"Good artists copy, great artists steal". Steve Jobs ngeles dengan kalimat seperti ini saat diledek Apple mencontek temuan xerox parc.

Sekembali dari xerox, steve jobs mengundang bill gates untk diskusi dan tukar pikiran. Steve dengan antusias menceritakan temuan icon-icon dari xerox kepada bill gates. Pertemuan di tahun 80an ini yg kelak menentukan sejarah gadget dunia. 

Tanpa sepengetahuan steve, setelah pulang, bill gates langsung mengumpulkan tim intinya. Dengan nafas memburu, gates bilang spt ini....

"Kita harus segera mengadopsi temuan xerox itu. Dan merilisnya duluan sebelum macintosh hadir. Ini harga mati. Be first or be killed."

Saat microsoft rilis siaran pers (produknya belum jadi) akan segera launch windows berbasis icon, steve job shocked dan murka. Banting gelas.

“Kampret kowe Gates.. asu tak pakteni kowe”

Yeah Contek Mencontek sudah menjadi awal Legenda dua orang tersukses dalam jagat usaha digital
Steve langsung panggil bill gates ke kantornya. Siang yg terik. Dua anak muda fenomenal yg saling memendam persaingan brutal, bersua.

"Fuck you bill. Kamu telah mencuri teknologi macintosh. Kamu telah menghianati pertemuan kita yg lalu". Steve berujar dengan muka mau menangis.

Bill gates menjawab dengan tenang. "Steve, kita sama-sama mencontek teknologi xerox. Kamu aja yang kebetulan mencontek duluan." Ruangan mendadak sunyi.

Pada akhirnya windows memang rilis duluan, daripada macintosh. Windows kelak jadi sejarah. Salah satu produk paling fenomenal di dunia.

Tapi dunia berubah. Kini bukan lagi era PC/laptop. Tapi era Mobile. Dan Apple merevolusi era ini sejak tahun 2007 - saat iphone rilis pertama.

Yang sukses duluan Bill Gates karena duluan mencontek lalu disusul oleh Steve Jobs dan keduanya sama-sama mencontek dari si pembuat Mesin Photocopy.

Lalu bagaimana dengan sekarang? Ya mencontek menjadi kunci kesuksesan usaha tetapi Mencontek jaman sekarang tidak seperti dulu Seperti Bill Gates dan Steve Jobs percontekan jaman sekarang 
malah diharuskan dan dianjurkan, Lho gitu?

Saya jelaskan salah satu kisah contek terbaru yang phenomenal

Tahu Air Asia? Yap salah satu penerbangan yang ternama di dunia.
Yang kini CEO nya memiliki kekayaan mencapai Sekitar 8,5 Trilyun Rupiah (tahun 2004 berdasarkan majalah Forbes)
Dulu namanya bukan Air Asia tetapi AWAIR sekarang diganti menjadi AIR ASIA oleh CEO nya << penerbangan Malaysia yang sudah terancam bangkrut.
Tetapi di tangan CEO yang baru perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang Hebat
Lalu siapa CEO AIR ASIA?

CEO Air Asia adalah Tony Fernandes.  Akhir tahun 2001, ada keputusan "GILA" yang di ambil oleh beliau. Apa itu?
Beliau mengakuisi perusahaan tersebut. Padahal di tahun itu, semua industri penerbangan komersial sedang sangat terpukul karena tragedi menara WTC di Amerika Serikat.
Tetapi, apa yang terjadi setelah itu? Bisa dilihat data di awal mengenai kekayaannya.
Kini AIR ASIA juga telah berekspansi ke Filipina, Thailand, Jepang dan India.
MANTAB GAN!

Apa rahasia?

Jawabannya, Tony Fernandes simple. Ternyata hanya 1 Rahasia beliau bisa berhasil di industri penerbangan, yaitu CUMA NYONTEK! 
Bahkan bisa dikatakan ATS (Amati Tiru SEMUANYA!).

Mulai dari, sistem, SDM hingga pesawatnya, Tony Fernandes NYONTEK.

Terus, beliau nyontek sama siapa? Ternyata, Air Asia nyontek sama Virgin Air.
Kalau Anda ngga percaya, Anda boleh googling di internet. Coba perhatikan, gambar-gambar Air Asia dan Virgin Air. Bukan hanya mirip. Tetapi PERSIS, Plek!
Karena kalau boleh jujur, yang menjadi Mentor Utama dari Tony Fernandez adalah pemilik Virgin Air, yaitu RICARD BRANSON.
Bahkan sebelum memulai Air Asia, Tony Fernandez sebelumnya adalah karyawan dari Ricard Branson.
Dan sampai hari ini, kemanapun Tony Fernandez pergi. Beliau selalu mengatakan bahwa salah satu Rahasia Suksesnya adalah memiliki mentor yang luar biasa, yaitu RICARD BRANSON.

Kenapa harus Nyontek dan saling musuhan kalau bisa nyontek baik-baik dan diperbolehkan.
Kalau mau nyontek YA LANGSUNG Cari Mentornya!
 Atau Bukunya.








Sumber:
NYONTEK dari beragai sumber Om Yodia Antariksa strategimanajemen.net danYeheskiel Zebua
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip