Tuesday, October 13, 2015

10 Fakta Thomas Alpha Edison yang Mengejutkan


Thomas Alpha Edsion selain dikenal dengan penemuannya Bola Lampu dan pendiri perusahaan dunia General Electric. Penemu besar sepanjang masa ini yang lahir tanggal 11 Februrari 1847, ternyata menyimpang fakta yang mengejutkan.

1. Waktu kecil Dianggap Gila


Ketika kecil dianggap gila, membuat sekolahnya mengeluarkannya. Kisah lengkapnya bisa dibaca artikel saya yang  ini Merinding, Pahlawan dibalik kesuksesan Thomas Alpha Edison

2. Dianggap Tuli

Thomas Alpha Edison memiliki kesulitan mendengar sehingga kerap disebut tuli. Penyebabnya, ada beberapa sumber mengatakan karena demam serta beberapa infeksi telinga yang tidak diobati, ada juga yang menyebutkan karena dipukul kondektur kereta api saat terjadi kebakaran digerbong tempat laboratoriumnya.

3. Penemu surat kabar pertama diatas kereta api

Hobi bereksperimen di gerbong kereta api lalu dia menciptakan laboratorium di sana tetapi yang pertama terbakar. Kemudian Edison membangun kembali laboratorium kimia dan percetakan di bagasi mobil. Bermula dari sana selanjutnya mempublikasikan Grand Trunk Herald yang merupakan surat kabar pertama di atas kereta.

4. Mempunyai anak yang dinamai dari sandi Morse


Dot dan Dash, Dot (Marion Estelle Edison) dan Dash (Thomas Alva Edison Junior), diambilnya  sandi Morse yaitu titik "." dan garis "-". Edison Sendiri memiliki 3 orang anak dari pernikahannya dengan Mary Stilwell.

5. Melamar kekasihnya denga Sandi Morse

Suatu hari Edison bertanya kepada kekasihnya yaitu Mina: --./---/..-/.-../-..//-.--/---/..-//--/.-/.-./.-./-.--//--/.//  kemudian dijawab Mina dengan: -.--/./...  lalu mereka pun menikah. Edison bertemu Mina Miller yang adalah seorang anak penemu, Lewis Miller setelah Mary Stilwell istrinya pertamanya meninggal dunia.

6. Memprotes surat kabar karena menyebut gagal


Ada surat kabar yang berjudul  "Setelah 9.955 kali gagal menemukan bola lampu pijar, Edison akhirnya berhasil menemukan lampu yang menyala". Ia meminta surat kabar diganti judulnya, akhirnya judulnya diganti  "Setelah 9.955 kali berhasil menemukan lampu yang gagal menyala, Edison akhirnya berhasil menemukan lampu yang menyala"

7. Ditolak badan legislatif atas paten penemuannya yang pertama


Penemuan yang berhasil dipatenkan pertama adalah mesin perekam suara telegrafik yang didesign untuk badan legislatif pada tahun 1869 saat usianya 22 tahun. Fungsinya dengan alat itu, setiap anggota badan legislatif cukup mengerakan satu tombol pada mesin  yang akan yang akan merekam RUU yang dipilihnya. Sayangnya, alat tersebut ditolak badan legislatif karena cara kerjanya yang lambat.

8. Cikal bakal penemu Mesin Tato

Penemuannya Stencil-Pens Pada tahun 1876 , sebuah alat yang kemudian dimodifikasi Samuel O'Reilly untuk menjadi mesin tato pertama. Namun ia tetap dianugerahi penghargaan atas penemuan mesin tato yang pertama.

9 Pembuat Laboratorium riset industri pertama

Thomas Alpha Edison mendirikan sebuah kawasan tempat pengembangan inovasi prodak teknologi dari menjual quadruplek telegraf senilai $10 ribu ke Western Union,. Tempanya bernama Menlo Park, New Jersey. Tidak sia-sia tempat tersebut menjadi laboratorium riset industri pertama di dunia.

10 DiJuluki Penyihir Menlo Park

Jika belum tahu cikal bakal darimana asal kaset atau hingga sekarang menjadi data rakaman, Inilah jawabannya. Thomas Alpha Edison adalha penumu Fonograf yaitu alat yang bisa merekam suara pada kertas timah yang mengelilingi sebuah silinder beralur walaupun kualitas suara yang dihasilkan masih buruk dan hanya bisa diputar terbatas beberapa kali saja. Pada jamannya hal tersebut dianggap luar biasa sehingga dapat julukan penyihir Menlo Park.


11 Pengkonsep Industri Listrik pertama

Membuat listrik bisa dinikmati oleh semua orang atau membuat prodak masal agar semuanya bisa menikmati. Itulah konsep ide industri listrik pertama yang ditemukan Thomas Alpah Edison. Dengan membuat pembangkit listrik dan bisa didistribusikannya. Tanpa hal itu mungkin sekarang kita masih dalam kegegelapan dunia.




Sumber http://nationalgeographic.co.id/
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip