Thursday, October 1, 2015

Google Trends, Cara menggunakan dan manfaatnya

Sebelum membahas cara menggunakan google trends dan manfaatnya (Google trends explore). Sedikit menyinggung dulu tentang batu akik. Dengan mengetahui cara menggunakan google trends dan tahu manfaatnya ini akan menjawab dengan akurat dan detail mengapa pengusaha batu akik harus segera menjual barang dagangannya.

Google Trends adalah salah satu alat (tool) bantuan dari Google yang disediakan gratis untuk mengetahui  tingkat popularitas kata kunci, tipe kata kunci, tempat orang yang mencari kata kunci dan grafik perkembangan kata kunci tertentu.

Kata kunci itu apa? Kata dan frase yang sering dan banyak dicari di google.

Manfaatnya adalah kita bisa mengetahui perkembangan trends dan dijadikan sebagai acuan untuk mengambil keputusan, terutama bisnis yang sedang dijalankan apalagi bisnisnya adalah bisnis online.

Bisnis memang investasi, tetapi kita harus paham tentang apa yang diinvestasikannya terutama tentang investasi di bisnis. Semua bisnis memang bagus asal konsisten tetapi kita harus tahu juga keadaan dan zona tempur kita. Jangan sampai mau perang tanpa persiapan. Pemenang selalu menyukai persiapan.

Kesalahan pengusaha pemula atau penyakit orang yang sudah dibuktikan oleh ilmu pengetahuan adalah Latah atau ikut-ikutan atau bahasa kerennya (Social Approve). Manusia cenderung latah dan menyukai kerumunan, Saat ada keramaian maka ikut-ikutan. Inilah yang berbahaya dalam bisnis.

Jangan sampai pilih bisnis tertentu karena ikut-ikutan, itu sama saja seperti mempersiapkan kekalahan.

Contohnya batu akik, Batu akik layak dijadikan investasi atau tidak? Layak saja asal kita tahu tentang tipe bisnis tersebut. Ada tipe bisnis yang musiman, trends, dan selalu stabil. Contoh musiman, bisnis buah-buahan , contoh yang stabil adalah emas dan yang trends seperti ikan lauhan, kembang cinta.

Lalu batu akik tipe bisnis apakah? Musiman akan selalu ada setiap musima, apakah ada musim batu akik? Tipe bisnis stabil adalah berlaku disemua Negara contoh emas bisa laku disemua negera, lalu apakah batu akik laku disemua Negara? Mungkin laku tapi tidak akan mahal seperti di Indonesia.

Ya Batu akik bisa dibilang tipe Trends, Cuma pada saat trendsnya saja prodak tersebut banyak permintaannya.

Jika kita menggunakan alat google trends,  kita akan tahu bagaimana tingkat popularitas pencarian batu akik seperti yang ada digambar.

Data tersebut menunjukan bahwa dari tahun 2005 hingga 2011 hampir nyaris tidak ada pencarian kata kunci batu akik. Baru mulai pertengahan tahun 2011 terus naik hingga puncaknya pertengahan tahun 2015 dan secara DRASTIS  pencarian kata kunci batu akik turun juga sekarang.

Itulah mengapa banyak pedagang batu akik yang penghasilannya turun drastis, sebelum makin turun hingga dasar,  ada baiknya anda yang berprofesi sebagai pengusaha batu akik menjual batu akiknya dan menyiapkab bisns lainnya agar bisa terus makan. Atau tanggung sendiri akibatnya, kecuali batu akik akan populer lagi misalnya tiba-tiba semua artis pakai akik, mungkin itu bisa terjadi.

Selain itu dengan menggunakan google trends kita juga bisa tahu Negara mana yang banyak mencari batu akik, bisa dilihat digambar.


Yups, tidak usah diragukan lagi, hanya di Indonesia saja yang populer, dan sisanya hanya singapura 2, india, Bolivia, Malaysia 1 dan sisanya 0. Jadi susahlah kalau mau jual ke luar negeri.

Jika ingin detail lagi dengan mengklik kota, kita akan tahu daerah manakah yang populer orang mencari batu akik, bisa dilihat digambar.

Ternyata kota yang banyak mencarinya saat ini adalah kota kupang dan kota-kota besar posisinya masih ditengah-tengah, dan urutan kota terakhir adalah jawabannya kita harus menskrol kebawah dan ini jawabannya.

Ternyata kota pekanbaru adalah daerah populer terakhirnya yang masih mencari batu akik, semuanya diluar dugaan ternyata.

Dengan Google trends selain mengetahui grafik perkembangan, daerah populer yang mencari, terakhir adalah tipe kata kunci. Tipe kata kunci apakah yang sering dicari, bisa dilihat digambar.

Ternyata kata kunci harga batu akik lah yang populer dicari, posisi tengah-tengah ditempati batu bacan. Salah satu batu akik yang paling populer. Jika kita scroll ke bawah lagi, kita juga akan mengetahui kata kunci populer terbawah.

Ternyata batu akik yang populer terakhir adalah batu akik merah.

Dengan melihat-data di atas bagi seorang pengusaha batu akik anda harus segera begerak dan memanfaatkan yang masih populer untuk dijual ke tempat orang yang masih mencarinya, contoh anda bisa jual ke kupang dengan begitu harga masih bisa bersaing.

Selain berguna sebagai acuan membuat keputusan, google trends juga berguna sebagai riset bagi para penjual, marketer, internet marketer untuk menjual prodak secara tepat. Misal jual batu akik jangan ke papua karena di data tidak ada permintaannya.

Bagaimana cara menggunakan google trends?


Sangat sederhana,

1. Ketikan kata google trends di gooogle atau langsung ke alamatnya kesini https://www.google.co.id/trends

2. Maka anda akan melihat tampilan gambar seperti berikut.

3. Dari gambar, kita bisa melihat hal-hal yang sedang trends banget pada saat sekarang juga, Contohnya, saya menggunakan google  trends pada tanggal 1 oktober 2015.

4.    Disana terdapat jenis topik yang sedang trends bisa dilihat hal yang banyak dicari adalah chlesea Olivia

5.    Jika ingin lebih spesifik lagi seperti data batu akik seperti penjelasan di atas, anda cukup masukan kata kunci yang ingin dicari, misalnya batu akik,
6.    Maka akan muncul data seperti yang saya jelaskan di atas, semuanya termuat dalam satu halaman kebawah, jika ingin lebih detail melihat data tinggal scroll kebawah dan klik keterangan lainnya.






Jika kita ingin melihat secara detail mengenai jumlah kata kunci pencarian, memang google trends tidak bisa tapi google menyediakan alat lainnya juga dan gratis.

Namanya  Google Keyword Planner, Jika memasukan kata kunci batu akik maka hasilnya seperti ini

Apa itu Google Keyword Planner ?

Penjelasannya disini >> Kecanggihan Google Adword
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip