Saturday, October 31, 2015

PENGUSAHA SUKSES DI DUNIA yang Mulai dari NOL



Pengusaha sukses di dunia yang Mulai dari nol  ternyata memiliki kesamaan yang unik beberapanya, yaitu beberapa dari mereka ada yang mulai dari Garasi. Berikut Pengusaha sukses di dunia mulai dari  garasinya. 

1. Mbah Google


Perusahaan Dunia sekaligus perusahaan paling terkenal dan berpengaruh di jagat raya ini ternyata memulai usahanya dari Garasi. Tanpa mbah Google mungkin kita sekarang hanya butiran debu hehe.. Fakta mengejutkannya lagi ternyata itu bukan garasi mereka sendiri alias sewa tempat orang lain yang bernama Susan Wojcicki di California dengan biaya USD 1.700 perbulannya.

Gila ya tidak menyangka mereka kere banget dulunya bahkan sampai tidak bisa menyewa tempat yang lebih okee. Tapi mungkin mas Larry Page dan Sergey Brin sadar memulai binis lebih penting dari pada menunggu sempurna untuk memulai. 

Kini terbukti mindsetnya tersebut telah membawa perusahaanya yaitu Mbah Google menjadi perusahaan  sakti dan sukses luar binasa hehe..

2. Apple

Mas Steve Jobs dan Kang Steve Wozniak sebagai pendiri perusahaan Apple,  perusahaan Gadget canggih masa kini yang banyak dicari alias laris ternyata pertama kali merakit bisnisnya tersebut di Garasi. Pada tahun 1976 memulai perusahaannya dengan projek pembuatan komputer yang bernama Apple Computers. 

Mereka telah berhasil menjual 50 Unit Komputer Apple I seharga 500 dolar AS (6,4 Juta rupiah) untuk perusahan lokal. Mereka dan tim kecilnya merakit 50 komputer teresebut selama 30 hari di Garasi di Cupertino, California.

3. Microsoft

Berbeda dengan mas Larry Page dan Sergey Brin yang memulai dari garasi hasil sewaan Kali ini Microsoft lebih sedikit beruntung karena memulai dari garasi milik pendirinya sendiri yaitu Om Bill Gates. Selain Om Bill Gates, Pendiri Microsoft  juga di bantu Kang Paul Allen.

Garasi tersebut sampai sekarang telah menjadi legenda tentang cerita orang yang sering dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia (Bill Gates). Tempat tersebut menjadi Cikal bakal pengembangan software Windows yaitu system komputer atau laptop yang sering dipake oleh sampean sekarang. Microsoft sampai sekarang menjadi system operasi komputer yang paling populer di dunia.

Gara- gara terlalu sibuk Om Bill Gates Droup Out dari Kampusnya yaitu Harvard University jadi bukan kerena malas belajar tapi kampus sudah tidak bisa menampung gagasannya makanya dia DO. Jadi kalau yang mau DO gara-gara malas belajar, MIKIR! (ngomong sendiri, maklum belum lulus)

4. Komputer Dell

Lagi-lagi pendirinya seorang mahasiswa yang cari uang tambahan atau istilah gaulnya Partime. Pendiri perusahaan Dell adalah Kang Michael Dell. Mulai bisnis komputer pada tahun 1984 dengan modal $1.000. Garasi kecil di rumahnya ia manfaatkan dengan baik, daripada nganggur saat tidak ada kuliahan, Kang Dell memanfaatkannya untul menjual rakitan komputernya ke pelanggan.

Setelah 1 ½ tahun bisnis, Kang Dell telah berhasil menjual komputernya total senilai $80.000. Lagi-lagi karena keenakan bisnis dan tempat kuliahnya tidak bisa menyesuaikan, ia mengikuti jejak Bill Gates DO dari kampus dan Fokus bisnis secara Full time.

Prodak Dell terus berkembang sampai saat ini, bukan hanya komputer dan laptop saja juga prodak elektronik lainnya seperti printer, smartphoe hingga televisi, Banyak pokoknya deh, ya percaya aja.

5. Hewlett - Packard (HP)


Yaitu perusaahn yang terkenal karena printernya mungkin kalau di Indonesia. HP didirikan oleh Mas Bill Hewlett dan Kang Dave Packard campuran Jawa dan sunda (abaikan bro) di garasi Packard, Palo Alto, California dengan modal awal 538 dolar AS atau sekitar 6,9 juta rupiah.


Prodak yang berhasil pertama diciptakan adalah Osilator audio yaitu alat pengembangan system suara film fantasi mirip kaset jama dulu mungkin ya.. Pembeli pertama mereka adalah Walt Disney. Siapa iku mas Walt Disney ini? Kita bahas di selanjutnya ya. HP kini pun menjelma menjadi perusahaan Elektronik dunia.
 
6. Walt Disney


Nah Nama Walt Disney itu biasanya muncul di pembukaan film-film barat terutama film animasi, misal film lets it go.. let it go.. (Frozen, production by walt Disney). Ya Walt Disney dikenal sebagai perusahaan animasi dunia dan sekarang yang terbesar. Buat informasi saja film animasi biasanya lebih mahal ketimbang film aseli manusia untuk ukuran Hollywood.


Perusahaan Walt Disney pertama bermula dari Garasi yang berlokasi 45 menit dari Disneyland Park di Anaheim, California. Yaitu garasi rumah paman mereka, itu bermula ketika tahun 1923 pada saat Walt Disney dan adiknya Roy pindah kesana.

Disana mereka mendirikan studio Disney yang pertama. Salah satunya karya di garasi tersebut adalah syuting komedi Alice yang bagian dari cerita Alice’s Wonderland.

7. Harley Davidson


Tahun 1901, Wiliam S. Harley salah satu pendiri motor Harley Davidson pada saat usainya 21 tahun berencana untuk membuat mesin untuk bisa  menggerakan sepeda. Setelah dua tahun, Harley dan teman masa kecilnya yaitu Arthur Davidson mulai membuat motor di gudang kayu teman mereka di Milwaukee, Wiconsin. Jadi Harley Davidson diambil dari kedua nama pendirinya Wiliam S. Harley dan Arthur Davidson.

Pada tahun 1903 Mereka berdua resmi mendirikan Harley Davidson sepeda motor yang paling eksklusif dan paling terkenal saat ini di dunia.

8. Amazon


Wow siapa yang tak kenal amazon.com pada saat ini, Toko online terbesar di dunia, sekaligus yang mempopulerkan toko online hingga saat ini. Pendirinya yaitu Jeff Bezos membuat toko online amazon.com tahun 1994 di garasinya Bellevue, Washington. 

Prodak yang pertama dijual adalah buku pada bulan juli 1995, dua tahun kemudian mengeluarkan IPO (Penawaran saham ke public) pada tahun 1997.

9. Toko mainan Mattel


Pendirinya Harold “Matt” Matson dan Elliot Handler mendirikan pertama Mattel pada tahun 1945 sebagai perusahaan bingkai foto di tahun 1945 di garasi mereka di California selatan.


Perusahaannya pun berkembang dari bingkai foto menjadi rumah boneka karena uji coba jualan prodak boneka tersebut laku pesat. Hingga akhirnya seutuhnya menjadi perusahaan mainan. Sekarang perusahaan Mattel Inc adalah perusahaan mainan paling sukses di jagat ini.



Karena mereka semua bermula dari bawah sehingga ketika kaya mereka tetap menjadi pribadi yang membumi alias tidak sombong.



Foto penampakan saat anggota DPR RI berkunjung ke markas Mbah Google dan berphoto bersama pendirinya yaitu mas Larry Page dan Sergey Brin yang tetap pakai pakaian yang sederhana 


Jangan menunggu sempurna untuk memulai biarkan proses yang menyempurnakannya. kalau kata mas Ippho Santosa memulai itu sama  saja sudah melakukan setengah perjalanan.

Yuk Mulai, mungkin bisa dari kamar atau garasi anda sekarang!
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip