Thursday, October 15, 2015

Mulai Bisnis: Banyak tahu vs Sedikit tahu


Ada orang yang mengeluh saat memulai bisnis seperti ini,

"Enak ya dia seh udah banyak tahu ilmu bisnis pasti gampang sukses, lah saya masih baru banget"

atau

"Enak ya dia punya mentor bisnis, lah saya tanya ke google aja masih kebingungan"

atau

 "Enak ya dia punya fasilitas, Lah saya bayar pulsa aja susahnya minta ampun, ya wajar kalau saya gagal"

Ya itulah mental Block, sudah membatasi diri sendiri kemampuaanya, padahal belum tentu orang yang minim fasilitas akan kalah bersaing dengan yang punya fasilitas. Padahal orang yang banyak tahu ilmu bisnis, punya mentor, dan fasilitas justru lebih banyak godaannya.

Seperti kata Mas Jaya Setiabudi, kebanyakan muridnya yang sukses adalah orang yang biasa saja tidak terlalu pintar. Misal Laksita Pradyna owner kaos Vario Sock pernah diejek IQ dibawah normal tapi berhasil membuktikan omset 200juta/bulan hanya jualan kaos kaki usia 20 tahun.

Berikut godaan yang banyak tahu bisnis, punya mentor dan banyak fasilitas saat memulai bisnis.

1. Ketakutan

Orang yang banyak tahu biasanya malah takut melangkah, Seperti yang dikatakan Yuka pendiri Brodo

“Malah kalau lebih dulu punya pengetahuan, mungkin saya tidak jadi bisnis sepatu, Pasalnya, dalam bisnis ini boleh dibilang persaingannya berat. Soal pemain, misalnya. Banyak pemain yang “memelihara” vendor, perajin. Ini jelas merepotkan." Yukka menghabiskan waktu dua bulan untuk mencari vendor.

Sedangkan orang yang sedikit tahu akan mudah melangkah, seperti kata Bob Sadino

"Orang goblok itu nggak banyak mikir, yang penting terus melangkah. Orang pintar kebanyakan mikir, akibatnya tidak pernah melangkah"

2. Lebih bingung

Karena pengetahuan bisnisnya sudah cukup banyak biasanya cenderung banyak memiliki ide dan banyak peluang yang terbuka. Bingung milih bisnis yang mana, semuanya begitu menggiurkan dan banyak peluang yang terbuka.

Bukannya malah cepat melangkah malah bingung melangkah seperti kata om bob

"Orang pintar kebanyakan ide dan akhirnnya tidak ada satu pun yang jadi kenyataan. Orang goblok cuma punya satu ide dan itu jadi kenyataan"

Sedangkan orang yang sedikit tahu cuma tahu satu ide misalnya jualan bakso, ya mereka lebih cepat bergerak.

3. Mudah terganggu Fokusnya

Karena tahu banyak peluang, ketika bisnis yang dijalani tidak ada perkembangan dan bisnis teman terlihat sukses tidak jarang mereka sangat mudah tergiur dan mengganggu fokusnya.

Sedangkan yang tahu sedikit mereka tidak paham, lantas mereka lebih fokus memperbaiki bisnisnya yang sedang dijalani.

4. Lambat melangkah di awal

"Orang pintar mikir ribuan mil, jadi terasa berat. Saya nggak pernah mikir karena cuma melangkah saja. Ngapain mikir, kan cuma selangkah" Bob Sadino

Berencana memang penting tapi diawal bisnis sebaiknya banyak action dulu ketimbang berencana.

5. Jebakan Pembina

Karena banyak tahu bisnis malah cenderung karirnya menjadi pembina bisnis bukan malah fokus bisnis. Keenakan dalam belajar lupa dan mengurusi bisnisnya.

Sebenarnya Banyak tahu ilmu bisnis dan sedikit tahu saat memulai bisnis ada kelebihan dan kekerungannnya masing-masing, tapi kedua bisa sukses lebih cepat dan lebih lambat tergantung seberapa banyak action dan diimbangi dengan belajar dan terus FOKUS.
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip