Sunday, May 24, 2015

Jangan jual prodak anda ke orang terdekat anda!


Sering saya mendapatkan pesan di FB yang kurang lebih isinya “mas saya sudah coba jual ke temen dekat dengan harga murah tapi tetap temen minta diskon.. trus diskonnya minta gede-gede lagi, gimana ga kesel udah dikasih termurah dan terbaik ke temen tapi tetep minta diskon” bahkan yang lebih parah “mas temen saya suka hutang tapi kalau ditagih susahnya minta ampun, saya juga kadang ga enak nagihnya” gimana mau berkembang usahanya kalau modalnya tertimbun dihutang.

Saya suka bilang fokus ke target pasar anda, temen dekat anda bukan target konsumen anda, karena akan lebih susah berjualan ke temen dekat anda daripada ke orang asing. Ini penjelasan Jack Ma orang terkaya di Cina sekarang, Jack Ma CEO AliBaba - pernah berkata, 

"ketika berjualan ke teman dekat dan keluarga, berapapun yang Anda jual ke mereka, mereka akan selalu berpikir, Anda sedang mencari untung dari uang mereka.
 
"ketika melakukan penjualan, orang pertama yang akan mempercayai Anda adalah orang asing. Teman Anda akan menutup diri dari Anda. Teman biasa akan menjauh dari Anda. Keluarga akan memandang rendah Anda."

Jadi sebenarnya mengapa kita gagal karena orang terdekat dari andalah yang  akan pertama menjatuhkan anda dan menyepelekan anda itulah cobaan terberat kita. Bahkan Ketika berhasil menjual ke orang terdekat kita selalu ada prasangka suudzon darinya entah cerewat tidak ada apresiasi sama sekali darinya, padahal kita berupaya memberikan terbaik untuknya.

Jadi kalau jualan fokuslah ke target pasar anda bukan ke orang terdekat anda, “bekerjalah dengan tenang  biarkan kesuksesan anda membuat keributan..”  Biarkan nanti kesuksesan anda menyadarkan temen-teman terdekat anda.

Kalau kata mas sudjiwo tedjo, jika dia mengaku  temen dekat anda atau anda menganggap dia teman anda maka hargai usaha dan karyanya dengan cara membeli karyanya bukan malah minta gratis atau bilang harga temen, karena membangun usaha atau merintis perlu dukungan dan dana ekstra lebih jika orang terdekat saja sudah minta gratis atau diskon bagaimana caranya dia bisa melanjutkan usahanya?  Jika semua diskon lantas dia dapat untung dari mana? Bangkrut sebelum dijual ke orang lain itulah yang sering terjadi.

Punya temen dekat yang baru buka usaha? Cobalah beli dan lebihkan kalau bisa karena mereka sedang merintis yang butuh dana dan dukungan lebih anda mereka akan senang betapa mengertinya keadaan orang terdekatnya dan mendukungnya. Karena sesungguhnya yang dibutuhkan orang yang sedang merintis usaha bukan modal tapi dukungan. Kadang kita pengen melanjutkan tapi karena tidak ada dukungan kita berhenti untuk bergerak.

Jika tidak ada yang mengeri maka coba terapkan juga ilmu pa Jack Ma “akan lebih mudah menjual ke orang asing dibandingkan kepada orang terdekat anda.” Maksudnya fokus kepada tergat pasar anda! Orang asing mungkin akan lebih objektif dalam menilai prodak anda jika bagus maka akan mengapresiasinya dan jika jelek akan bilang jelek. Itu bagus sebagai masukan prodak kita.

Orang terdekat mungkin akan lebih subjektif, lebih banyak suudzon kadang seperti kata Jack ma “ke temen aja udah diuntungin..”kurang lebih begitu padahal kita hanya mencoba menghargai temen terdekat kita berusaha memberikan barang yang terbaik jika dibandingkan beli ke orang lain. Tidak ada yang namanya niatan cari untung dari temen kadang kita kasih harga produksi hanya coba ingin minta dukunga dari orang terdekatnya. Emang susah kalau mentalnya udah mental miskin seh..
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip