Monday, May 18, 2015

Bisnis Supermarket



Strategi Bagaimana Supermarket-supermarket menjual prodaknya yang jumlahnya banyak, bervariasi dan memberi diskon besar tapi tetap untung dan laris: Prodak Penetrasi

Permasalahan penjual pemula terutama reseller biasanya adalah PALUGADA (apapun kamu mau beli saya ada) alias menjual prodak gado-gado dari kosmetik hingga menyebrang ke makanan. 

Dalam pikiran awalnya mereka akan berpikir “ah kalau barangnya lengkap dan serba ada akan lebih mudah menjual” nah ini neh awal dari ketidak lakuan prodak temen-temen. Kecuali emang sudah tahu trik jualannya, mau tahu triknya? 


Baik kalau gitu saya bahas kenapa kita bakal susah kalau jual prodak gado-gado. Menjual prodak gado-gado mungkin sangat cocok untuk Supermarket atau mini market yang dari awal didesain atau disetting untuk prodak segala ada.

Tapi sebenarnya Supermarket atau Minimarket jika temen-temen sadari mereka itu fokus menjual atau mengiklankan satu barang prodaknya, mengapa demikian? Nah itu adalah salah satu trik jualan prodak gado-gado.

Sebelumnya kembali kebahasan supermarket, Supermarket didesain menjual prodak dalam jumlah masal alias  jumlah dengan kuota yang banyak tujuannya agar prodak menjadi lebih murah.

Ya kalau beli prodak masal dari produsen langsung akan mendapatkan potongan cukup besar apalagi prodaknya dipasarkan ke seluruh supermarketnya. Hal ini menjadikan supermarket unggul dalam harga dibandingkan dengan toko eceran.

Jika kita menjual seperti supermarket yang gado-gado tersebut otomatis kita bakal kalah bersaing dalam harga dan fasilitas juga.

Nah itulah Keunggulan supermarket, sebisa mungkin konsumen mau langsung beli ke supermarket dibanding ke toko eceran apalagi penempatan supermarketnya sangat strategis. Itu akan melibas toko-toko eceran kecil apalagi penempatan toko eceran tidak strategis.

Nah salah satu cara agar kita bisa bersaing dengan supermarket dan minimarket adalah tempat yang lebih strategis, jika orang tidak terdesak dan tidak terburu-buru otomatis orang akan pergi ke supermarket atau minimarket tapi jika orang benar terdesak dan terburu-buru otomatis orang akan pergi ke tempat yang paling dekat.

Contohnya kalau sudah haus orang akan beli minuman yang terdekat dengannya dan kadang tidak memperdulikan harga yang harganya bisa jauh lebih mahal dibandingkan disupermarket atau minimarket. Itulah bagaimana pentingnya penempatan lokasi jika kita mau bersaing dengan supermarket atau minimarket.

Solusi kedua adalah fokus pada satu prodak. Nah keunggulan fokus satu prodak ini adalah kita bisa lebih mempersuasi konsumen dengan seluk beluk prodak, Kita lebih bisa menjelaskan dari A sampai Z tentang prodak tersebut yang tidak bisa dilakukan oleh supermarket atau minimarket.

Mana ada supermarket atau minimarket menjelaskan satu persatu prodaknya hingga detail. Bahkan masih banyak prodak asing yang ada di supermarket atau minimarket yang ga pernah dijelaskan atau diiklankan dalam promosinya.

Dengan fokus satu prodak kita jadi bisa lebih bisa mempersuasi orang dengan menjelaskan lebih detail tentang prodaknya baik manfaatnya atau kelemahannya. Apalagi didukung dengan ilmu persuasi atau copywriting yang keren itu akan lebih mudah menjual. Orang yang tadinya tidak beli jadi mau beli karena kita telah persuasi.

Bisa disederhanakan kalau orang ke supermarket karena udah ada rencana mau beli sesuatu seperti mencegat pelanggan sedangkan dengan fokus satu prodak kita coba mempersuasi yang tadinya tidak akan beli jadi beli karena pengaruh persuasinya jadi istilah kita mengejar bola. Mencegat vs Mengejar.

Itulah mengapa para Reseller gagal menjual karena meraka menjual seperti supermarket Cuma persuasi standar seperti iklan yang pada umumnya ada di Televisi. Para reseller yang jual gado-gado kurang lebih cara promosinnya seperti ini

”silakan dibeli harganya murah, prodaknya bagus, banyak orang yang sudah pernah coba” lihat kan jualannya standar kaya supermarket yang lebih umum persuasinya karena harus menjangkau target pasar yang lebih luas ini berakibat persuasi yang lemah atau tidak fokus.

Justru karena kita personal jualannya, itu adalah keunggulan kita, kita harus bisa menjual dengan lebih personal, caranya kita harus bisa mengusai prodak dengan detail jadi fokuslah satu prodak aja. Dengan jual satu prodak kita bakal bisa menjelaskan lebih detail dan lebih personal.

Contoh iklan personal “Prodak ini jelek, sejelek kamu jadi bikin ga mau berpaling” nah itu jadi lebih kena persuasinya dan lebih menarik. 

Jadi kalau anda reseller lebih baik fokus satu prodak dulu. Trus trik yang menjual banyak prodak seperti yang dijelaskan diawal seperti apa? Oke-okee… Seperti judulnya prodak penetrasi walau prodaknya banyak seperti Supermarket. Supermarket yang canggih akan mempromosikan atau mengiklankan satu prodaknya yang lebih diunggulkan sebagai umpan atau disebutnya prodak penetrasi.

Mereka menyetting salah satu prodaknya agar lebih unggul dari harga, kualitas, dan kenyamanan. Sengaja yang disetting satu prodak kemudian diiklankan dengan fokus pada prodak yang diunggulkan tersebut atau disebutnya prodak penetrasi (prodak yang dijadikan umpan) seolah-olah prodak-prodak yang disupermarket tersebut murah dan bagus padahal prodak yang diiklankan tersebut memang prodak umpan agar orang mau datang.

Bisa saja salah satu prodaknya dimurahkan dan satu prodak lainnya dimahalkan sehingga terjadinya namanya strategi prodak penetrasi. Ini seperti sama saja anda beli prodak mahal tapi parkirnya mahal atau kebalikannnya parkir gratis tapi prodak mahal. Ya itulah keunggulan menjual banyak prodak. Ada yang dikorbankan ada yang dijadikan untung.

Salah satu contoh realnya adalah Supermarket Borma, Supermarket Borma selalu menyetting prodak minyak gorengnya jauh lebih murah daripada supermarket lain. Yap sengaja prodak minyak goreng tersebut menjadi prodak penetrasi (prodak umpan) padahal mungkin prodak yang lainya ada yang disetting lebih mahal.

Supermarket lain juga sama ada yang bebas parkir tapi prodak lebih mahal ada yang prodak agak mahal tapi parkir gratis, hayo tebak supermarket mana?

sumber: harga-promo.net
 Kalau temen-temen tahu trik ini, ini akan sangat powerful dan bisa digunakan saat menjual prodak yang gado-gado. Terutama temen-teman yang menjual prodak gado-gado. Coba Fokuskan satu prodak yang menjadi penetrasi, setting prodak tersebut lebih murah, lebih bagus, lebih keren, dan lebih-lebih lainya dan fokus promosikan prodak tersebut dan yang lain jangan dulu promosinya, setalah prodak yang tadi kemakan umpannya, mulai deh selipkan prodak yang lainya.

Kalau ditoko online bisa dengan menyimpan gambar prodak lainnya disamping prodak penetrasi kalau offline tentu tinggal simpan langsung disebelah prodak penetrasi. Nah prodak penetrasi juga bisa disetting terbatas agar kita tidak terlalu tekor dan cari prodak lainnya sebagi fokus pemberi keuntungan yang gede.

Seperti main perang saja sebenarnya.. Ya Supermarket memang sedang berperang dengan supermarket lainya, mereka saling memfokuskan mana prodak yanga akan dijadikan umpan dan mana yang akan menjadi keuntungan. Perang ini akan selalu dinamis, lebih baik jangan fokus ke satu supermarket kalau mau beli. Tinggal beli saja prodak umpan-umpan mereka kalau mau untung. Tapi itu juga akan susah karena akan dicegat oleh






Untuk wakaf, yang diperlukan itu surat tanah,
BUKAN surat pengalaman kerja,
BUKAN surat keterangan polisi :D
Be rich, be right.  Ippho Santosa
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip