Sunday, May 10, 2015

Cara Jualan online paling Laris!

Inilah strategi  Jualan online paling Laris, ada 30 Teknik Closing Jualan online agar laris manis,
Sedikit review tentang salah satu Teknik Closingnya.


Seberapa Ampuhkah trik ini? Saya katakan 100% ampuh! Makanya saya jarang pakai trik ini karena saya kasihan ke konsumen.. seperti tikus yang sudah terperangkap dalam pengerat! Trik apaan seh ini maksudnya? YA, 30 Hari Jago Jualan.

Ini adalah kelanjutan tulisan yang kemaren yang belum membahas trik Ampuh dalam buku tersebut. Saya akan menjelaskan beberapa trik ampuh yang ada di dalam buku tersebut dan bagaimana bisa segitu ampuhnya.

Yang pertama adalah Teknik Closing “Ya.. Ya.. Ya.. Jangan biarkan berkata “Tidak..” Teknik ini akan mengarahkan pikiran calon pelanggan untuk berkata “Ya.. Atau setidaknya dia terarahkan dengan pertanyaan yang kita ajukan.

Trik ini mungkin kaya hipnotis.. mengarahkan pikiran konsumen kepada yang kita inginkan. Seperti keju yang disiapkan di pengerat agar tikus terperangkap. Langsung ke Contoh studi Kasus..

Dalam menjual kita tidak bisa langsung menawarkan sesuatu atau dengan mudahnya memulai percakapan dengan konsumen. Jika kita agresif terlebih dahulu konsumen malah akan takut dan kabur. (Ini kesalahan FATAL pertama dalam menjual terlalu agresif di AWAL) Harus konsumen lah yang mendatangi kita.. atau tertarik dengan kita.

Sehingga konsumen yang mengajak memulai percakapan (ini berarti konsumen sudah masuk dalam perangkap) Tapi permasalahannya bagaimana agar konsumen yang mendatangi kita.. atau tertarik dengan kita. Yup itu disebut dengan umpan “keju untuk si tikus”.

Umpan atau keju untuk konsumen bisa berupa tulisan DISKON yang menarik, tulisan GRATIS atau sebuah tulisan yang menarik, Misal Gratis bagi yang lihat duluan, Produk Ori harga KW.. dll. (Offline atau Online bisa dilakukan) Nah konsumen yang tertarik akan mendatangi anda atau langsung menanyakannya, Sip si tikus sudah masuk perangkap tinggal Tinggal kita ESEKUSI.

Jika konsumen dalam beberapa menit tidak memulai percakapan.. anda harus memancingnya lagi dengan pernyataan atau pertanyaan.. misal penjual hijab “Iya mba.. itu banyak yang nyari..” “Iya mba itu emang lagi ngetren” sampai si konsumen mau ngomong.. kalau ga bertanya paling bilang “Oh..
Sip kita Hajar dengan jurus “Ya.. Ya.. Ya..” Mulai mengarahkan pikiran si konsumen dari mulai pertanyaan basa-basi hingga akhirnya pertanyaan Closing.

Kalian semua pasti pernah mengalami ini semua mungkin ketika membeli produk di pasar.. walau tekniknya belum sempurna atau ketika diprospek seseorang.. Kenapa harus mulai dari basa-basi.. Sederhana agar konsumen tidak menyadari kita sedang mengarahkan pemikirannya.. “kita seperti sedang ngobrol saja.

“Ibu sebelumnya sering belanja disini ya?” (Penjual pura-pura jaim jangan agresif terlihat natural seperti ngobrol saja”

“Iya bu” kata konsumen 

“Ngak jauh kan bu Kantor kami dengan ibu? “( Penjual santai )

“Iya bu” kata konsumen

“Ibu lagi nyari Jilbab model terbaru ya”

“Iya bu” kata konsumen

“Jilbab ini cantik sekali ya bu?” (santai dan agak ceuk)

“Iya bu” kata konsumen

“Ibu mau ambil yang ini saja?” (Penjual tersenyum jahat.. bayangin kartun)

Nah pertanyaan yang terakhir coba bayangkan dalam posisi konsumen..

Konsumen pasti terkejut dalam hati mungkin berkata “Eh tunggu dulu.. Lho ini jadi gini.. kalau bilang .. tidak saya Ga enak dong.. karena dari awal sudah sependapat bilang jilbabnya cantik.. Selain ga enak.. saya malu dong kalau bilang Tidak.. Gengsi neh.. (perlu diingat juga konsumen minimal berkata YA 3 atau 4 kali) 80% pasti bilang YA! 

“YEAH I WIN” kata penjual dan dalam senyum jahatnya muncul lagi. Konsumen akan berkata YA karena alasan Ga enak.. dan Gengsi.. Harga diri mereka dipertaruhkan.. HAHA.. Nah sisanya yang 10% mengatakan TIDAK dengan TERPAKSA karena tidak punya UANG tentunya

Kalau puya UANG pasti bilang YA.. karena GAK ENAK dan GENGSI.. 10% lagi karena emang sudah terbiasa dengan hal tersebut tipe karakter nya PEDULI AMAT dengan GA ENAKAN dan GENGSI alias rada KEBAL.

Nah yang Tipe Peduli amat masih bisa kita kejar Lagi dengan Trik selanjutnya yaitu Bonus, Spesial dan Terbatas.. Kalau yang Ga punya Uang jangan dikejar Cape sendiri nantinya.. Lah wong ga punya uang kok dipaksakan toh le.. Ampe berbusa juga Percuma. Trik Bonus misalnya..

Silakan mba khusus buat mba sebagai pelanggan terakhir (pelanggan no sekian… dll) saya kasih bonus.. berikan bonus yang bagus.. yang bikin KLEPEK-KLEPEK ga apa-apa rugi dikit.. Kalau Puas besok kembali lagi bawah temennya.. hehe..

Dalam dunia Offline trik ini sangan AMPUH, Kalau dunia Online? Ampuh Juga tentu.. Tapi kebanyakan jika merasa tidak enak mereka mengakhiri CHAT nya dan tidak membalasnya bahkan menghapusnya.. >> masih bisa menghindar.. Ya sudah kita juga jangan paksakan.. Nah dalam copywriting (membuat tulisan menarik) juga trik ini bisa digunakan.. Contohnya dalam iklan penawaran ini 

Jika saat ini Anda:

• Mungkin sedang bertanya-tanya apakah bisnis online memang cocok untuk Anda? Pasti jawaban YA

• Mungkin sedang mencari cara alternatif yang mengasyikkan untuk menghasilkan uang tanpa perlu bekerja 8 jam sehari dan macet-macetan di jalan? Pasti jawaban YA

• Mungkin ingin memiliki waktu yang lebih banyak bersama buah hati dan orang-orang terkasih dengan tetap mendapatkan transferan rutin ke rekening bank Anda? Pasti jawaban YA

• Mungkin sudah berbisnis online namun belum mendapatkan hasil yang Anda dambakan? Pasti jawaban YA

• Mungkin sudah menghabiskan jutaan rupiah untuk promosi online namun belum memetik hasil yang memuaskan? Pasti jawaban YA

• Atau malah Anda tidak tahu harus mulai darimana untuk memulai berbisnis online? Pasti jawaban YA

Nah sisanya trik 28 Ampuh lagi dijelaskan di dalam buku dengan lengkap.. Tinggal berlatih saja karena dalam prakteknya kita mesti terlihat natural tidak kaku.. Semakin banyak berlatih semakin Jago jualan..

Lalu Hal yang tidak kalah penting lainnya.. Setelah pembeli beli trus jangan sungkan untuk Follow Up.. meski barangnya jelek.. setidaknya pelanggan akan puas dengan pelayanan kita dan meredam kemarahannya.. Juga guna dalam mengevaluasi kualitas produk kita juga.. 

Selamat Mencoba !
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip