Saturday, May 30, 2015

Kenapa orang lain nyirnyir terhadap kesuksesan kita?


sumber: jateng.dompetdhuafa.org
Sendiri juga masih susah dan serba kekurangan, mana sempat bisa bantu orang? Yah kalimat tersebut adalah awal dari petaka kenapa kebanyakan orang susah sukses. Kita kadang terlalu naïf pengen dibantu orang tapi tidak mau bantu orang. Ingat bagaimana kita memperlakukan orang dan bagaimana kita juga akan diperlakukan oleh orang tersebut. 

Orang pada dasarnya suka iri kepada orang lain, Kita sukses sedikit pun orang lain kadang langsung nyirnyir atau menyendir dengan kata-kata negaif “pantas aja punya mobil.. lha wong pelit” “paling rumahnya dapat kredit “baru punya motor aja sombong..” Sadar tidak sadar selalu ada orang yang tidak suka kepada kita terutama atas pencapaian kita dan selalu ada kata-kata yang muncul dan celah untuk berucap jelek. Lalu apa masalah?

Terdapat banyak faktor kenapa mereka tidak suka kepada kita, tapi yang utama karena meraka belum tahu kita. Ketidak tahuan dan mindset yang belum masuk menyebabkan ucapan negative itu muncul. Karena mindsetnya belum masuk makanya dia nyirnyir karena dia tidak bisa mencapai atau mendapatkan hal tersebut. Trus kita harus bagaimana?

Seperti kalimat pembukaan artikel, Yap kita harus bantu orang tersebut. Jika hal tersebut kita lakukan akan berbeda ceritanya. Jika diatas ceritanya kita sukses tapi orang lain malah nyirnyir ini akan berbeda jika kita bantu orang dulu maka ketika kita sukses orang akan ikut senang juga. Kita yang membantu meraka dulu, selain akan lebih kenal kita, mereka bukan sekedar ridho kita sukses, mereka juga malahan akan membantu kita untuk sukses. Bagaimana orang lain kita diperlakukan maka kita juga akan diperlakukan seperti itu. Jika orang yang kita bantu merasa terbantu dengan kita, mereka akan suka rela mendukung kita untuk sukses. Ya karena kita sudah mendapatkan hatinya. Dapatkan hatinya maka kita dapatkan dukungannya.

Pertanyaan selanjutnya bagaimana cara kita membantu orang lain tersebut? Nah cara yang pertama adalah sedekah. Mungkin muncul seperti pertanyaan diatas, “sendiri juga masih serba kekurangan trus apa yang mesti disedekahkan? Justru karena itu disini awal mula keputusan kita diuji. Apakah kita percaya kepada Sang Pencipta Allah SWT atau tidak? Ingat Janji Allah sedekah kita nanti akan dibalas 10x lipat.

Ada sebuah cerita tentang sahabat, Ketika diperjalanan dia menemukan orang yang sedang kelaparan kebetulan dia punya satu  Aple sisa dibekalnya. Walaupun sahabat tersebut sama-sama merasa lapar karena belum makan juga semenjak dari berangkat perjalan tapi dia tetap memberikan aple tersebut kepada orang yang orang yang kelaparan tersebut.

Singkat cerita dia sampai dirumah, kemudian orang yang dirumah cerita ada tetangga yang mengasih aple. Kemudian keluarga memperlihatkan aple tersebut, setalah dilihat jumlah aplenya ada Sembilan. Sahabat tersebut kemudian bertanya “Mana satu aple lagi?” Sontak keluarga yang dirumah terkejut. “Bagaimana bisa tahu tahu kalau tetangganya kasih 10 aple? Padahal kan tidak ada yang kasih tahu kalau satu aple lagi sudah dimakan?”

Yah karena sahabat tersebut percaya bahwa Allah SWT akan membalas kebaikannya 10x lipat. Okee mas saya udah coba kok uang yang saya sedekahkan tidak balik 10x lipat. Dalam hukum Fisika energi tidak bisa hilang Cuma berubah bentuk saja, Jadi mungkin saja uang yang disedekahkan tadi berubah bentuk dalam bentuk bantuan atau pertolongan lain. 
Nah orang-orang kaya dunia sekarang mun banyak yang melakukan hal itu, Contohnya Bill Gates yang pernah menyumbangkan USD1,5 M lebih, Bill Gates Didaulat Miliarder Paling Dermawan totalnya sudah mencapai US$ 30,2 miliar, Selain Gates, orang kaya lainnya yang berhati rupawan adalah bos Facebook, Mark Zuckerberg. Pada 2013, Zuckerberg telah mendonasikan US$ 991 juta dibidang pendidikan dan kesehatan, Total donasi yang telah disalurkan adalah US$ 1,5 miliar, Lainnya adalah pendiri Intel, Gordon Moore dan istrinya, Betty. Berada diposisi 8 orang kaya yang dermawan, sumbangan pasangan ini pada tahun lalu mencapai US$ 321 juta. Total donasi Intel selama ini mencapai US$ 2,6 miliar atau setara 37 persen dari pendapatan bersihnya. 

Apakah sekarang meraka miskin? Malah makin kayakan. Dan yang paling penting orang yang dibantu Meraka akan senang, orang yang dibatu meraka akan mendoakan, dan membantu mereka juga, jika perlu bantuan dan tentu orang yang dibantu bakal senang jika mereka sukses juga tidak nyirnyir. Bahkan kita juga yang tidak dapat bantuannya senang melihat Mereka. Jadi membantu orang lain itu seperti membuka jalan kesuksesan kita, orang lain ridho kita melalui jalan tersebut. Kalau orang lain kita tidak bantu mungkin jalan kesuksesan tersebut orang lain bakal menghalanginya. Secara sederhana sedekah adalah uang pelican kesuksesan kita yang diridhio oleh Allah SWT.
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip