Thursday, May 7, 2015

Cara Riset Pemasaran yang sederhana


Mungkin diawal pasti bertanya maksudnya apa seh raksasa? Raksasa disini adalah perusahaan-perusahaan besar yang memiliki kekuatan modal yang besar, Jaringan distribusi yang kuat dan dana promosi yang besar.

Contohnya Nestle grup (produk minuman, susu dll), Indofood Grup (makanan seperti Indomie dan lain-lain) Pada saat awal saja yaitu tentang peluang pasar, perusahaan besar tidak segan-segan mengeluarkan dana budget ratusan juta bahkan milyaran buat riset peluang pasar.

Lalu Buat dana promosi bisa mengeluarkan milyaran hanya untuk biaya iklan di televisi saja, belum di media lain dan menggunakan jasa artis-artis terkenal untuk brandambasadornya. Untuk Jaringan distribusi produk? Jangan ditanya semua sudah tersedia di Indomaret dan alfamart terdekat.

Sehingga sangat sulit untuk pebisnis pemula atau UKM untuk bisa bersaing. Tapi tunggu dulu itu bagi mereka yang berpikiran pesimis bagi mereka yang berpikiran positif justru itu peluang, kok bisa?

Strateginya adalah NUMPANG

Numpang riset, Numpang tenar dan numpang ambassador. Jika perusahaan-perusahaan besar telah mengeluarkan produk atau membuka tempat usaha, kita tinggal mengikutinya. Bagaimana caranya? Caranya dengan menjual produk berbeda tapi target pasarnya sama.

Misal kalau ada perusahaan besar jual produk baru misal HP iphone baru ternyata bentuknya segitiga, segera lah anda merespon dengan membuat produk baru, produknya apa misalnya kondomnya, antigoresnya, talinya, gantungannya.. dan lain-lain..

Kenapa harus gitu karena peluang pasarnya banyak (alias yang butuhkan produknya banyak) kalau banyak yang butuh pasti laku, tinggal kita saja yang kreatif membuat produk dan kemasannya. Contohnya lainnya seperti batu akik, Sekarang banyak berlomba-lomba membuat variasi hiasan dengan batu akik, misal jadi anting jadi kalung dll

Kalau tempat? Misal, biasanya kalau ada allfa mart pasti disebelahnya ada indomart, anda bisa membuka produk yang berbeda misal franchise jualan ayam bakar atau baso ditengah-tengahnya.. pasti laku.. Karena pasti mereka riset tempat sebelumnya.

Selanjutnya Numpang tenar, Trik ini adalah trik jualan agar produk kita jadi ikut keren, Misal kita menjual celana Jeans dengan merk sendiri, agar cepat laku ya kita bisa beli celana Jeans terkenal misalnya Levis trus produk kita disimpan disampingnya. Trus pasang iklan di Depan toko ataupun di Toko onlinenya Diskon Celana Jeans LEVIS 50%.

Pasti orang-orang pada datang ke Toko kita atau melihat Toko online kita.. Trus tidak disadari mereka melihat produk merk kita yang berada disampingnya yang ternyata kelihatan sama bagusnya atau lebih bagus, dan mungkin berkata “Wah merk luar negeri mana lagi neh.. Lebih keren dari Levis..” >> Produk kita disamain dengan levis bahkan lebih keren. Mantapskan!

Coba bandingkan walaupun produk anda bagus tapi orang belum kenal trus promosi lewat iklan-iklan tentu mahal dan belum tentu efektif.. Yang ketiga Numpang brandAmbasador, Numpang brandAmbasador adalah bayar temen artis bukan artisnya. Biasanya temen artis ini suka ketemuan atau mention-mentionan dengan artis. Suruh minta foto bareng aja dengan memakai pakai produknya.

Jika anda tidak bisa melakukannya sendiri anda bisa membayar jasa orang, Ga usah pusing-pusing..
Atau Temen anda yang jadikan branAmbasador trus latarnya tempat syuting atau perusahaan besar misalnya Kantor Telkom biar disangka wah artis baru atau wah pemimpin perusahaan hehe.. Bisa juga minta temanmu yang di Luar negeri untuk jadi brandambasadornya dengan latar pemandangan luar negeri itu juga Keren..

Ikhlas atau belum ikhlas, kasih saja. Ntar lama-lama juga ikhlas. Kalau tidak pernah dilatih, kapan ikhlasnya? ~Ippho Santosa   
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip