Tuesday, May 12, 2015

Jualan itu menyedihkan



Lihatlah sales-sales penjual di jalan belum juga nawarin barangnya konsumen langsung kabur kaya lebih-lebih lihat setan. Disitu Kadang saya merasa sedih..

"Mba.. mba" kata si salesnya
"oh maaf terima kasih (sambil tangan kaya pak polisi bilang STOP trus Kabur)" Kata konsumen
"lho mba.. aku belun ngomong lho" (nangis dipojokan)

Trus pada teriak ayo mba dibeli, dicoba dulu, ini barang bagus lho, ini barangnya dijamin kualitasnya, aku kasih diskon deh, Plus kasih bonus deh, Ayo mba.. ayo mba dicoba dulu plisss..
trus konsumenya jawab "maaf mas saya pengamen" *sakitnya tuh disini* *nunjuk dompet*

Kamu itu jualan atau ngemis seh.. melas-melas.. gitu, Jualan itu banyak mendegar bukan, Ngeceblak Mulu, Jualan itu banyak tanya bukan berceramah (Teknik menanya juga harus benar awas disangka kepo, pahami triknya) Gali kebutuhan konsumen..

Bandingkan dengan yang ini, ada cerita tentang seseorang setiap hari naek mobil bus untuk ngobrol dengan kenek bus tersebut kalau engga dengan penumpang disampingnya, awalnya basa-basi ngalor-ngidul ujungnya bilang “wah di terminal ada baso enak banget lho yang pinggir jalan”

Setiap hari seperti itu naek bus sebelum masuk terminal kalau engga nyuruh orang.. Alhasil penumpang pada dengar semua  Hasilnya warung rame oleh penumpang bus  (ini kisah nyata lho) Bandingkan dengan memasang banner dijalan yang mungkin jarang dilihat..

Alhasil promosinya ga efektif

Ingat konsumen tidak suka iklan tapi suka cerita

Jualan itu seprti memancing jika kita memberikan umpan yang tepat konsumen datang sendiri. Ya seperti diatas kalau orang berpergian naek bus turun2 pengen makan. Kalau jualan pakaian ya bisa kasih umpan anak muda pake pakaian produk anda suruh nongkrong ditempat anak gaul, suruh cerita juga. (kualiatas pemuda menentukan)

Jualan itu asek kalau tahu ilmunya dan menghasilkan, bukannya dipaksa-paksa jatuhnya akan menakuti orang.

Banyak anggapan: "Saya nggak bakat bisnis!"
Yang ngomong gitu pasti belum pernah berbisnis
dan belum pernah mengkader orang-orang untuk berbisnis :) Ippho Santosa


SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip