Monday, May 11, 2015

Rahasia Strategi Pemasaran Apple

Apa rahasia mengapa setiap perusahaan Apple launching prodak, selalu terjadi ada antrian orang di toko resminya yang mau beli prodaknya?


Memang prodak aple emang bagus tapi sebenarnya bukan itu  mengapa orang banyak yang ngantri saat prodak-prodak baru aple dipasarkan, tapi memang disengaja seperti itu oleh pemasarnya atau sengaja disetting seperti itu. Jika benar laris seperti lalu mengapa aple tidak menyediakan tempat lebih jika saat prodak aple baru diluncurkan selalu banyak yang mengantri.

Inilah ada yang namanya unsur marketingnya, Strategi konformitas atau bahasa indonesianya ikut-ikutan, orang akan cenderung ikut-ikutan, padahal belum tahu itu bagus atau tidak, karena kebanyakan orang begitu makanya ya saya ikutin, itu kata-katanya.

Seperti demam batu akik, karena pengaruh ikut-ikutan sangat kuat orang pada ikut-ikutan semua demam batu akik. Jika dipikir logika batu akik bukan unsur logam batu mulia seperti emas jadi prodak ini hanya akan berlaku di Indonesia dan tidak akan berlaku di negera lain. Beda dengan logam mulia seperti emas, berlian, intan yang akan berlaku juga di negera lain mahalnya.

`Batu akik mahal karena pengaruh booming atau trends orang-orang pada ikutan jika trends turun batu akik kemungkinan harganya akan kembali turun lagi seperti dulu tananan hias kembang cinta yang kini trends sudah turun. Begitu kuat nya pengaruh ikut-ikutan sehingga ini sering dijadikan stretegi pemasaran.

Dasarnya sederhana mengapa orang ikut-ikutan? Ya karena rame atau booming, karena rame make orang-orang akan ikut-ikutan. Jadi prinsipnya bikin rame sehingga orang akan ikut-ikutan. Prinsip ini diterapkan oleh aple, Mereka membuat prodak terbatas dan ekslusif sehingga orang-orang akan ngantri bahkan antrian sampai panjang dan itu memang tujuan dari tim pemasar aple. Semakin rame semakin orang ikut-ikutan dan semakin diperbincangkan.

Itu kasus aple yang memang prodaknya bagus tapi bagaimana jika prodaknya tidak terlalu bagus? Ya tinggal di setting aja seperti bikin pengantri bayaran dan ini real sering dipake oleh perusahaan besar disettting dibikin ngantri oleh pengantri bayaran. Contoh lainnya ditelevisi suka ada penonton bayaran ya itu tujuaanya bikin rame kalau udah rame orang akan ikut-ikutan dan semakin akan mengundang orang.

Nah jika kita baru buka usaha tempat makan agar cepet laris ya dibikin rame contoh sederhana apa hayo? Neh saya tak kasih yaitu bikin halamannya Gratis Parkir. Semakin banyak yang parkir disana semakin orang menyangka rumah makan kita rame padahal itu Cuma numpang parkir ini terbukti efektif dan sering digunakan juga.

Contoh lainnya bikin diskon atau prodak gratis tulisannya sederhana Diskon 50% untuk menu ayam goring, Nah karena yang didiskon ayam goreng maka bikin ayam goreng sedikit aja ehehe.. nah kan kalau udah habis terus orang masuk rumah makannya kalau lihat yang lain habis ya tetap orang akan makan yang ada aja karena sedang lapar.

Okee selamat mencoba



Selalu mengeluh tidak punya modal?
Berarti anda memang TIDAK pantas jadi pengusaha :) Ippho Santosa
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip