Tuesday, November 24, 2015

Desain Kemasan Prodak Grobak yang FUNGSIONAL

Desain kemasan prodak sangat berperan dalam keberhasilan suatu bisnis seperti yang telah saya jelaskan di artikel Bagaimana desain kemasan akan meningkatkan penjualan seketika dan Bagaimana Fungsi kemasan bekerja dengan halus.

Kemasan prodak adalah alat promosi pertama sekaligus sales yang bekerja secara terus-menerus yang tanpa dibayar. Pakar Branding pak Subiakto menyebutnya Packaging adalah the silent salesman.

Dengan kemasan prodak yang oke sudah akan bisa meningkatkan penjualan dan jika ditambah elemen lainnya seperti lokasi itu akan menciptakan kombinasi penjualan yang mematikan seperti yang pernah saya tulis Tips Memilih tempat usaha, Yakin lebih murah?  Contoh sederhana hanya menggunakan strategi tempat strategis adalah penjual kaki lima, jika anda tanya berapa omset dalam sebulan mungkin akan terkejut.

Katerlihatan adalah Branding guru saya Mas Jaya Setiabudi selalu mengingatkan, Dengan semakin banyak prodak kita yang ditempel dan dibicarakan akan membuat prodak kita rame. Sesuatu yang rame akan mengundang yang lain lagi sehingga prodak kita akan semakin menjadi populer dan banyak dicari. Layaknya bola salju yang terus bergulir membesar.

Mengkombinasikan kemasan yang oke, tempat yang strategi dan terlihat rame itu menjadi hal yang idamkan semua pebisnis karena tidak mudah mendapatkan dari semua elemen tersebut seperti memilih tempat strategis pasti sudah ada yang ngambil.

Tapi sebenarnya ada yang lumayan gampang lho untuk mendapatkan ketiganya. Bagaimana caranya? Sederhana yaitu dengan berjualan menggunakan Grobak. Kita tinggal membuat grobak yang keren dan membuat grobak yang fungsional yang bisa berpindah-pindah. Dengan begitu prodak anda akan terkesan rame karena ada dimana-mana padahal cuma satu grobak tapi mangkalnya aja  yang kemana-mana.

Kerennya lagi atau manfaat yang bisa dirasakan lainnya menggunakan grobak yang jarang disadari padahal sangat ampuh adalah Dengan grobak kita bisa menguji tempat-tempat, dimana sajakah yang cocok dan tempat mana yang cocok untuk prodak tertentu.

Selanjutnya anda juga bisa menguji waktu jualan, kapankan waktu jualan yang tepat dan kapan waktu yang tepat untuk jualan di suatu tempat tertentu. Ya Grobak bisa menjadi alat survei yang sederhana namun simple. Dari data yang ada peroleh selain anda bisa manfaatkan untuk jualan anda tentunya tentu bisa dimanfaatkan lainya untuk membuka atau menjual peluang usaha lainnya kepada orang lain. Keren bukan?

Biar tidak bingung karena terlalu diangan-angankan bagaimana membuat desain kemasan grobak yang keren dan Fungsional bisa dipindah kemana-mana berikut saya beri contoh desain kemasan grobak dan bentuknya.

1. Desain kemasan Grobak mobil Van untuk jualan sandwiches


Dengan didesain klasik tetapi bersih dan enak dipandang akan membuat desain kemasan grobak ini sulit untuk tidak dilirik. Dengan menggunakan Mobil yang diubah menjadi grobak teman-teman bisa uji coba tempat-tempat yang rame seperti kantor dan sekolahan. Kemudian tentunya dengan menguji waktu yang tepat juga saat sarapan atau minum kopi misal jam 8-10 pagi, mana yang rame dan catat jadikan rute anda untuk jualan.

2. Desain Kemasan Grobak dorong klasik

Dengan desain kemasan grobak dorong klasik seperti gambar di atas, kita bisa jual sesuatu yang tradisional seperti jualan surabi hangat, bala-bala, gehu hingga pecel. Karena Grobak biasa yang hanya bisa didorong ini sangat cocok jualan di pinggir jalan dekat perkantoran, sekolah dan perempatan jalan.

3. Desain Kemasan Grobak Sepeda untuk jualan Baso, Cilok, Kopi dan jajanan ringan lainnya



Dengan kemasan grobak Sepeda gambar di atas teman-teman bisa menjual jajanan anak-anak. Sepeda sangat cocok dengan anak-anak sehingga lebih mudah untuk membumi dengan anak-anak. Sepeda juga cocok untuk jarak yang tidak jauh-jauh seperti ke sekolah-sekolah dan pinggir jalan. Mungkin grobak seperti ini sudah banyak sekarnag tetapi kemasannya masih kurang menarik itu menjadi peluang bagi anda untuk mengemas lebih baik. Selamat mencoba.

4. Desain Kemasan Grobak sepeda untuk jualan coffe, Susu, dan minuman lainnya

Minuman adalah sesuatu yang selalu dibutuhkan orang jadi pasti akan laku asal anda di tempat yang tepat. Misal jual di dekat kantor pada waktu siang hari orang kantoran pasti banyak ngantuk tuh.. Jual Es di dekat Sekolah di dekat lapangan atau jual di tempat yang cuacanya panas.. seger tuh lihat Es, apalagi kemasan gerobak anda menggoda. Desain kemasan grobak minuman lebih simple atau sederhana dan lebih mudah laris, Jadi sangat dianjurkan bagi yang mau memulai dengan modal yang  minim.

Kalau tidak salah info dibuku kita bisa dapatkan pinjaman grobak gratis kalau jual seperti teh botol atau brand perusahaan minuman yang besar. Jadi bisa sangat minim modal dan tahu berapa penghasilannya? Bisa sama dengan pegawai kantoran level menengah hehe..

Dan jika desain grobak sepedah tadi masih belum cukup? Neh saya beri lagi















5. Desain Kemasan Grobak Mobil untuk jualan makanan siap saji


Dengan Desain Kemasan Grobak Mobil ini akan membuat jarak yang ditempuh bisa satu kota kecil. Dengan begitu jualan makanan siap saji sangat cocok. Kita bisa nongkrong dekat kostan mahasiswa atau tempat kontrakan pekerja, mereka biasanya tidak mau ribet bikin makanan dan mencari makanan. Nongkrong di pagi, sore, dan malam hari di tempat-tempat tersebut sangat potensial.

6. Desain Kemasan Grobak Motor untuk makanan dan minuman ringan










Layaknya seperti dengan gerobak sepeda tadi, dengan desain grobak motor daya jangkau akan lebih jauh. Dengan grobak tersebut bisa sangat potensial untuk mangkal di perumahan-perumaha elit pada waktu mereka keluar dari rumah seperti sore hari pada waktu mereka joging dan jalan-jalan di taman.


Masih alasan untuk tidak action?


Sumber Gambar

Info Wanita Terkini
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

1 comment:

iklan responsip