Wednesday, November 11, 2015

Fungsi kemasan Kecil yang TERSEMBUNYI

Fungsi Kemasan kecil yang kita tahu atau sadari, untuk bisa dibeli dengan harga murah karena isinya satuan dan lebih praktis karena bisa dibawa lebih mudah. Seperti halnya gambar Orea di atas dengan kemasan mininya, bagi yang biasanya harus beli satu pack tapi ketika tidak punya uang alias lagi skak tapi ngebet ingin beli Orea tapi apa daya hanya punya uang 1500.

Nah bagi mereka yang mengalami hal tersebut kemasan kecil bisa sangat menjadi solusif banget, walau uang pas-pasan dan lagi ngebet pengen Oreo, mereka bisa beli ukuran kecilnya dengan harga satuan yang murah. Jumlah memang lebih sedikit tetapi yang penting kan hasrat untuk beli Orea tersalurkan?

Berlaku juga dengan prodak-prodak lain, Ya Fungsi kemasan kecil salah satunya solusi bagi mereka yang lagi kere dan bagi mereka yang ingin lebih praktis. Maksud lebih praktis paham ga? Mungkin akan sulit paham jika contohnya Oreo di atas. Baik agar lebih jelas saya contohkan dengan gambar berikut ini.

Mulai ngerti kan? Ya biasanya bagi mereka yang mau jalan-jalan berpergian sebentar untuk tamasya atau pergi berenang mereka tidak mau ribet membawa barang-barang yang terlalu banyak karena kantong yang dibawa pun kecil atau terbatas. Jika ada yang lebih praktis mengapa tidak, Yupps dari pada bawa botol shampo yang memakan space lebih besar yang mendingan membawa yang ukurannya sachetnya dong, praktis.

Nah sebenarnya ada satu Fungsi kemasan lagi yang jarang orang tahu atau Tersembunyi. Apakah itu? Jika teman-teman perhatikan dua Fungsi di atas berguna bagi mereka yang sudah menjadi konsumen prodak tersebut biasanya konsumen loyal  seperti yang ngebet pengen Oreo.

Fungsi kemasan kecil satunya lagi adalah berguna untuk calon konsumen alias untuk prospekan baru. Fungsi kemasan kecil berguna sebagai penggoda konsumen. Pasti sering dong melihat suatu prodak yang menarik apalagi kemasannya juga menggoda dengan banyak menawarkan fitur dan manfaat.


Contoh kasus seperti ini yang sering terjadi adalah pada kasus kartu telepon, biasanya kita punya satu langganan kartu telepon tapi gara-gara ada iklan kartu telepon  lainnya yang menggoda, misal internetan gratis 24 jam, teleponan seumur hidup, berkesempatan mendapatkan mobil (tahu kan kartu apa ini?) Dengan iklan seperti itu kita mulai tergoda. Tapi ketika melihat harganya mahal, tiba-tiba kita malas membelinya walau udah tertarik.

Nah agar konsumen mau mencobanya biasanya pihak perusahaan membuat kemasan mini atau trialnya seperti kasus harga kartu perdana yang murah sangat luar biasa (biasanya harganya 5ribuan) dan bonus yang bejibun, kalau gitu kan konsumennya jadi klepek-klepek. Otomatis kita tergoda untuk membeli dan mencobanya, mengapa tidak harga lebih murah dan bonus banyak, walau misalkan ternyata kualitasnya lebih jelek dari kartu langganan kita, toh cuma rugi 5 Ribu, gak masalah.

Seperti itulah pola pikir konsumen, Ya Kemasan kecil atau kemasan trial adalah kemasan penggoda konsumen untuk beralih dari langganannya. Jadi Fungsi kemasan Kecil yang TERSEMBUNYI  yang jarang disadari adalah sebagai Penggoda layaknya selingkuh karena melihat ada yang nganggur dan murah dijangkau, mengapa tidak? hahaha... Bener kata bang Napi "Selingkuh bukan karena ada kemauan tetapi ada kesempatan" wkwkwk... #Lupakan

Contoh lainnya seperti kemasan kecil berikut,
Layaknya Penggoda jika kita tidak menemukan prodak langganan yang biasa dibeli tetapi yang tersedia dipasaran prodak pesaingnya. Plus prodak pesaing menawarkan kemasan kecil atau sachetnya, Mengapa tidak? Misal prodak langganan kita obat batuk Mektril botol tetapi prodak habis atau tidak ada dan yang ada Komix apalagi ada Komix sachetnya. Toh cuma rugi 2ribu kalau ga cocok tapi kalau cocok? Siap-siap konsumen langganan anda akan beralih ke prodak pesaing.

Jadi jangan biarkan ada Celah untuk distribusi prodak anda atau tidak merata karena akan menjadi celah untuk kompetitor masuk, layaknya obat batuk sachet di atas. Bagaiman cara agar prodak anda merata dengan cepat dan membuat kompetitor sulit masuk? Temukan di artikel selanjutnya..




SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

2 comments:

iklan responsip