Thursday, November 5, 2015

Jaya Setiabudi Biografi si JURAGAN BISNIS SEJATI



Jaya Setiabudi Biografi si JURAGAN BISNIS SEJATI, itulah kalimat yang cocok untuk menggambarkan seorang Jaya Setiabudi, Bukan hanya seorang pebisnis sukses tapi mampu melahirkan banyak pebisnis sukses lainnya melalui tangan dinginnya dan saluran ilmu yang dibaginya.

Karena prinsipnya "Berbagi adalah kebutuhan kita untuk tumbuh" tidak heran beliau sangat sering dan ringan berbagi soal ilmu bisnis yang dimilikinya.

Dari modal ACTION hanya berkendera ojek berkeliling menjadi supplier di bidang industri berubah menjadi Grup Bisnis BESAR beromset mendekati Triliyunan perbulannya yang bernama Momentum Grup, terdiri dari: Mechanical & electrical, Otomatisasi industri, Konstruksi, Supplier bahan masakan, Pelatihan bisnis dan Karya Amazing-nya Yukbisnis.com.

Semua bermula ketika ayah berpesan kepada mas J (sebutan akrab untuk mas Jaya Setiabudi)

"Jangan ulangi kesalahan Papa, lebih baik kecil jadi bos, daripada gede jadi kuli! Kuli kerja, kuli dapat makan, kuli gak kerja, gak dapat makan! Kalau Bos, ngak kerja pun dapat makan!"

Pesan tersebut disampaikan ayahnya ketika mas J masih kecil (umur belasan tahun) hingga akhirnya nancap dibenak mas J. Pesan tersebut tidak semata keluar begitu saja, Dia menyesal kenapa tidak menjadi pengusaha sejak dulu, karena Beliau harus terus bekerja hingga usia 68tahun untuk menghidupi 7 anaknya dengan kondisi serba pas-pasan.

Setelah lulus kuliah yang ada dibenak mas J adalah harus menjadi pengusaha, tapi mas J kebingungan harus mulai dari mana, Modal pun tidak punya, tidak ada yang membimbing dan kalangan keluargapun tidak ada yang pengusaha.

Karena buntu dan putus asa, bingung harus mulai darimana, mas J memutuskan untuk bekerja terlebih dahulu untuk mengumpulkan MODAL. Miriplah dengan kasus kebanyakan orang bingung mau mulai bisnis dari mana dan semuanya mentok karena MODAL. Itulah salah satu ciri orang yang dominan otak kiri menurut mas J.

Inilah cikal bakal mengapa mas J menganjurkan harus menggunakan otak kanan ketika memulai bisnis karena beliau pernah mengalami menjadi orang yang kebingungan saat mau memulai bisnis yang disebabkan pengaruh dominan otak kiri harus ngurut dari cari modal dulu baru buka usaha.

Setelah melamar kerja, ternyata lamaran mas J tocker sekali daftar langsung diterima di AMT (astra microtonics technology) pulau batam, sebagai technical buyer. Lebih cepat dari apa yang ditergetkan hanya 1 tahun, 4 bulan, mas J mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri.

Kerja juga mengajarkannya sesuai dengan prinsipnya ayahnya,

"Jangan berkerja untuk perusahaan tapi bekerjalah untuk diri sendiri agar diri berkembang sehingga ketika perusahaan tidak membayar seperti saat kita lembur atau susah payah kita tidak merasa rugi tapi beruntung kerena diri telah berkembang"

Dengan sisa 4,5 juta di tabungan mas J memulai bisnis tapi sayangnya uang tersebut hanya cukup untuk bertahan hidup. Setelah mencari investor Mas J kemudian mendapatkan 2 orang pemodal, seorang warga singapore dan mantan teman kerjanya di astra.

Mas J kemudian mulai memulai usaha menjadi supplier spare part dan luar biasanya dalam waktu 3 bulan mas J telah berhasil bangkrut untuk pertama kalinya. sesuai dengan yang dibicarakan ayahnya ketika ditanya,

"Jay kamu benar mau jadi pengusaha?"
"iya pa"
"udah siap?"
"udah"
"siap apa aja?"
"siap BANGKRUT!"

Sisa uangnya yang tersisa hanya recehan yang ada di kaleng bekas susu, cukup Alhamdulillah masih bisa beli telor dan mie instan untuk makannya katanya. itu semua tentu tidak membuatnya menyerah hanya sedikir merasa nelongso.

Mulai deh dari sana mas J kebingungan lagi, setelah kebangkrutan yang pertama, Dia mulai berpikir ala otak kiri lagi, dia berniat untuk kerja lagi cari modal, kini dia berniat untuk pergi ke singapore mencari dolar selama 2 tahun.

Namun malam sebelum esok menjelang keberangkatannya mas J merasa gusar "kerja 1 tahun, 4 bulan saja tidak betah, apalagi 2 tahun, apalagi ini di sangapore yang notebene tata kramanya kurang" Otaknya membuatnya berpikir hingga membuat lonceng otaknya berbunyi "thing!" sebuah gagasan tiba, "mengapa saya tidak menggunakan cara yang sama waktu pertama kali? Ya cari investor!

Mulailah mas J teringat nama yang dulunya menjadi supplier-nya. Lagi-lagi tocker, orang tersebut mau jadi investor sekaligus partnernya, berkat kejujuran mas J yang tidak mau menerima suap saat menjadi suppliernya. Itulah usaha kedua mas J, Sayangnya hal tersebut tidak berjalan langgeng. Tetapi hal tersebut membuatnya banyak belajar dan membangun jaringan dengan supplier dan konsumen.

Itulah cikal bakal mas J memulai usaha dengan otak kanannya, Modal bukan segalanya karena yang dibutuhkan awal adalah keberanian dan kreatifias. Harus bisa memanfaatkan traffic atau sumber pengunjung dan bisa menghubungkan dengan yang butuh.

Karena  ada yang kelebihan modal tapi tidak ada skill dan waktu
Punya banyak tenaga tidak punya modal dan skill
punya banyak waktu sedikit modal dan skill
Punya skill tidak ada sumber tenaga dan modal
atau kemungkinan-kemungkinan lainnya

Selama bisa mengendalikannya traffic dan bisa saling menghubungkan kita tidak perlu modal dalam bisnis yang perlu dilakukan adalah Berani, buat kepepet, Bayar dengan nego, pakai strategi, ukur dan ulangi terus.

Hingga akhirnya mas J terasah menggunakan otak kanannya saat berbisnis. Setelah kebangkrutan bisnis yang kedua yang di atas lantas mas J tidak langsung sukses, masih banyak kebangkrutan yang dialaminya, Yang lengkap diceritakan di bukunya yang kedua Kitab Anti Bangkrut  itulah mengapa namanya disebut kita anti Bangkrut agar terhindar dari apa yang pernah mas J alami.

Bisnis baginya adalah perjalan spiritual, bagi mas J kebangkrutan mengajarkan sesuatu selama masih punya skill, jaringan dan nama baik kita akan bisa hidup dimana saja dan tidak akan takut bangkrut.

Cara menjadi pengusaha tidak selalu ngurut (dominan otak kiri) ilmu kepepet telah mengajarkannya, itulah mengapa kebanyakan yang membaca bukunya the power of kepepet banyak yang menjadi pengusaha besoknya. seperti owner zanana dan mensrepublic pemuda usia 19 tahun dengan omset mencapai 500juta perbulannya.

Berikut Sedikit Profile beberapa bisnisnya,

Yukbisnis.com 
Yukbisnis.com adalah portal bisnis sekaligus tempat untuk berkomunitas sesama pebisnisnya, anda bisa mendapatkan ilmu keren di hot.yukbisnis.com yang GRATIS, Mal pebisnis Indonesia di store.yukbisnis.com dan buka Toko online keren hanya 5 menit yang Gratis  juga kini lebih 47ribu toko online sudah bergabung.

Entrepreneur Camp
ECamp Indonesia merupakan pelatihan membentuk mindset/pola pikir entrepreneur/wirausaha selama 3 hari 2 malam. Alumninya sekitar 4000an dari 106 batch/angkatan yang tersebar di Indonesia. ECamp sempat di beberapa kota besar seperti Pekanbaru, Cipanas, Anyer, Surabaya, Jogja dan sebagainya, Namun sekarang ECamp dipusatkan di Kota Bandung dan Kota Malang.


Seandainya saya mampu, saya akan mewajibkan semua entrepreneur untuk mengikuti ecamp, bukan hanya menjadi entrepreneur yang tangguh tetapi juga positif dan berintegritas.
Ipho Santosa, Penulis Best Seller

Ilmu itu di hampiri, tidak datang sendiri, ecamp telah membantu saya melatih intuisi untuk semakin yakin mewujudkan mimpi.. bukan Cuma teori, silahkan buktikan sendiri !
Rangga Umara, Owner Pecel Lele Lela

dulu saya punya ego yang tinggi dan berpikir negatif. Sampai akhirnya setelah ikut ecamp, jadi jauh lebih berpikir positif, tidak hanya sifat, mental usaha jadi tambah gila dan jadi tidak takut bangkrut.
MasterwebID, Social Media Marketer

YEA Indonesia 
Young Entrepreneur Academy atau Sokolah bisnis khusus anak muda untuk usia 17-25 tahun dan kelas terbatas untuk 25 siswa pendaftar pertama, dibuka dua kelas setiap angkatan.

(90%) tercatat sebagai pengusaha baru yang berhasil membuka lapangan kerja baru bagi rekannya  yang tercatat sebagai alumninya dan  sisanya (10%)ada yang kembali melanjutkan kuliah dan meneruskan usaha warisan orangtua. Tentunya hasil ini adalah suatu pencapaian yang luar biasa.






SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip