Thursday, November 12, 2015

Yang mengusai Saluran distribusi yang mengusai Dunia


Saluran distribusi merupakan salah satu aspek terpenting dalam promosi tanpa strategi distribusi yang jitu prodak kita hanya akan tersembunyi dibalik keheningan. Selain itu tanpa distribusi yang cepat dan merata siap-siap kompetitor akan dengan mudah masuk dan melibas prodak kita sendiri.

Sudah hukum alam (sunatullah) dimana ada gula disitu ada semut ketika prodak kita mulai laku dipasaran dan terkenal jangan heran bakal banyak kompetitor atau saingan yang muncul dengan cepat. Bagi mereka yang bermental recehan hanya akan menyalahkan keadaan atau kompetitor yang bilang niru tapi bagi yang mental kaya mereka akan terus berinovasi dan terus belajar dan berubah.

Seperti kata guru saya Jaya Setiabudi "Jangan sombong dengan kejayaan karena suatu saat akan ada kompetitor yang berdatangan" Jadi jangan terlena dengan zona nyaman jika teman-teman sekarang bisnisnya sedang bagus dan lancar maka persiapkanlah untuk perubahan dan terus belajar.

Contoh sederhana ketika lahir Gojek maka lahirlah BlueJack, ketika lahir Ma icih lahirlah keripik pedas lainnya, ketika lahir zanana maka lahirlah keripik pisang lainnya dengan konsep yang sama, ketika lahir indomart maka lahirlah alfamart, ketika lahir taksi BlueBird maka lahirlah GrabBike dan seterusnya

Bagaimana cara kompetitor masuk dan menggoda konsumen kita untuk pindah ke pangkuannya dengan mudah? Sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya Fungsi kemasan Kecil yang TERSEMBUNYI  Layaknya teori selingkuh bang napi untuk anda berpaling ke lain hati "Selingkuh bukan karena ada kemauan tetapi ada kesempatan" wkwkwk...

Itu merupakan sunatullah jadi jangan pernah menyalahkan kompetitor dan keadaan. Justru dengan lahirnya kompetitor seharusnya kita lebih pintar untuk berinovasi, tumbuh dan berkembang. Kompetitor juga bisa bermanfaat bagi bisnis kita asal kita tahu caranya.

Selain membuat kita harus berpikir kreatif dan berinovasi, Beberapa manfaat kompetitor lainnya seperti ikut mengedukasi pasar dengan begitu pasar semakin terbuka lebar. Seperti setelah lahir bukalapak.com dan tokopedia.com maka bermuncullah matahari mall. Mungkin matahari mall bisa dianggap kompetitor bagi bukalapak dan tokepedia tapi bermanfaat juga bagi mereka karena ikut mengenalkan pasar online ke masyarakat.

Seperti membukakan jalan bagi kita, tinggal kita esekusi konsumennya, kuncinya adalah kita harus bisa masuk ke jalur distribusinya maka strategi distribusi sebuah kewajiban bagi para pengusaha atau businessman yang ingin bisnisnya berkembang dengan pesat.

Jalur distribusi dari dulu memang dianggap paling vital baik dalam dagang atau perang, tidak heran ada istilah "Yang mengusai Jalur distribusi yang mengusai Dunia". Ketika perang atau dagang tanpa kita mengusai jalur distribusi siap-siap kalah. Seperti kisah legendaris ketika penaklukan Kerajaan romawi timur yang telah berkuasa selama 11 abad oleh Sultan Muhammad Al-Fatih dan namanya harum dicantumkan dalam hadits.

“Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” (H.R. Ahmad).

Anda bisa nonton Filmnya disini Fetih 1453 Full Movie Subtitle Indonesia-Keruntuhan Konstantinopel oleh Sultan Muhammda Alfatih Merupakan sebuah masa Kejayaan Islam dimasa dulu. Bagaimana Sultan Al Fatih meruntuhkan kerajaan romawi timur yang kokoh dan telah berkuasa 11 abad ? Padahal sultan Al Fatih adalah pemimpin yang diremehkan tapi Diluar dugaan semua orang bahkan musuhnya sendiri, Sultan Al fatih membuat jalur distribusi yang tidak ditebak musuh sehingga pasukannya bisa menyerang, lengkapnya tonton aja ya guys.

Hingga sekarang hukum tersebut masih berlaku dan akan terus berlaku "Yang mengusai Jalur distribusi yang mengusai Dunia". Di masa sekarang jalur distribusi lebih mengarah kepada jalur distribusi ekonomi alias perdagangan bagi mereka yang menguasai jalurnya mereka akan menang. Contoh sederhananya seperti jalur perdagangan dunia yang dikuasi dolar. Dolar sekarang menjadi pusat ekonomi.

Sepertinya bahasannya sudah terlalu jauh.. Oke balik lagi ke laptop. Jalur distribusi yang tidak cepat dimasuki dan tidak merata akan membuat kompetitor masuk dengan mudah. Munkin dulu akan susah bagi UKM untuk bisa meratakan jalur distribusinya dengan cepat dan akan keburu disabet oleh perusahaan besar.

Tapi jaman sudah berubah dengan adanya Internet jalur distribusi bisa dipangkas dengan cepat. Kita tidak perlu membangun fisiknya dulu seperti offline agen prodak distribusi. Semua bisa dilakukan dengan praktis dan cepat tinggal buka toko online atau sosial media yang gratis maka kita sudah bisa membuat jalur distribusi.

Itulah yang dilakukan zanana Chips sehingga kompetitor susah masuk, Karena dalam hitungan bulan saja reseller dan agennya sudah menyebar di seluruh Indonesia. Kompetitor alias prodak peniru akan sulit memasarkannya karena prodak zanana sudah ada dimana-mana.

Bagaimana cara agar cepat mendapatkan reseller dan agen yang banyak? Caranya simple bikin prodak yang bagus (ngangenin), Populer (lihat di instagram zanana banyak artis yang mempromosikannya), dengan begitu reseller dengan sendiri datang.

Lalu bagaimana reseller agar betah jualan prodaknya? Jawabannya simple, Keuntungan yang besar untuk agen dan reseller plus Full support system alias bimbingan reseller. Zanana Fokus membesarkan Brand-nya dengan terus membuat artis mau mempromosikan prodaknya. Lalu reseller dan agen Fokus berjualan dengan begitu akan sama-sama menguntungkan.

Istilah mas Jaya Setiabudi dalam bukunya Buka Langsung Laris adalah D (Distribusi) = P (Promosi)

Semakin banyak jalur distribusinya maka akan semakin banyak yang promosikannya. Tanpa perlu dikasih tahu reseller dan agen akan dengan sendirinya akan mempromosikannya. Semakin banyak reseller dan agen semakin banyak yang mempromosikan walau tidak laku setidaknya promosi udah ada dimana-mana.

"Keterlihatan adalah Branding"



Seperti dua gambar di atas dengan sistem Franchise/reseller maka franchisor atau agen/reseller sudah dengan sendiri mempromosikan prodak kita dengan grobak, pedagangnya dan gambar-gambar mereka di sosial media dan itu gratis tanpa disuruh.

Kuncinya Fokus pada omset dulu alias yang penting prodak ada dimana-mana dulu (distribusikan prodak dengan cepat dan merata agar kompetitor susah masuk ) dan jangan dulu mikir profit yang besar di awal. Selama masih terus beroperasi dan untung walau kecil tapi kalau distribusi sudah merata untung kecil akan menjadi untuk yang luar biasa. Itulah yang disebut prodak masal mengambil keuntungan sedikit tapi luas dan banyak.

Ingat selalu kata-kata ajaib berikut.

Omset is King, Profit is Quen and Cash is Princess.
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip