Friday, November 6, 2015

Rahasia Bagaimana berpikir Kreatif ala GOOGLE


 Pengertian berpikir kreatif : berpikir dengan cara yang berbeda. Cara yang sama tetapi ingin hasil yang berbeda namanya MIMPI, Hasil yang berbeda didapat dari cara yang berbeda pula. MIMPI, Itulah yang sering dilakukan orang yang tanpa sadar Menginginkan hasil bisnis yang berbeda tetapi cara yang dipakai masih sama.

Orang seperti itu biasanya suka berharap kepada keajaiban, padahal mareka sadar bahwa hal tersebut tidak mungkin tapi karena malas dan alasan, alhasil mereka sering berharap begitu berharap kepada KEAJAIBAN. 

Mungkin kebanyakan makan oreo kali ya.. penuh keajaiban.. 

Pengin punya mobil  tetapi cara berpikirnya dan bertindaknya masih hanya sebatas angan-angan. Pengin punya rumah tetapi cara berpikir dan bertindaknya masih ngomong doang tidak ada aksi nyata .

Itulah yang tanpa disadari dilakukan orang yang berharap KEAJAIBAN karena menutupi kemalasan.

lalu bagaimana cara berpikir berbeda?

Cara berpikir berbeda adalah dengan Berpikir di luar kebiasaanya.

Inovasi-inovasi prodak luar biasa perusahaan besar dunia biasanya menerapkan prinsip ini, "Berpikir diluar Kebiasaan" atau istilahnya berpikir kreatif out of the box atau sekarang menyebutnya tanpa box-nya sekalian biar tidak dikotak-kotakan.

Seperti contoh ide prodak diluarkebiasaan http://www.bilna.com/ jualan popok bayi hanya online. Tetapi eksekusinya kelas dunia sehingga Omzet tembus 80M dalam 3 tahun saja.

Tiket.com Jual macam-macam tiket, namun scalability-nya tak terbatas Revenue tembus 1 triliun dalam hitungan bulan.

Rumah123.com menjual property lewat online, bagi sebagian orang mungkin itu gak masuk akal menjual prodak ratusan juta hanya via online.

Hijup.com, tokopedia.com, bukalapak.com membuat pasar toko online sambil berkomunitas.

dan Contoh Untuk skala dunia, netflix layanan dvd streaming yang melibas Blockbuster yang dulunya raksasa rental Dvd fisik.


Selanjutnya GOOGLE, siapa sangka ide sederhana dan simple sebuah mesin pencari di dunia internet dan kini menjadi sebuah mesin pencari paling penting di dunia.

Bagi kebanyakan orang mungkin ide-ide itu semua seperti biasa tapi bagi mereka yang berpikir diluar kebiasaan hal sederhana tersebut dianggap luarbiasa karena mereka berpikir secara berbeda pula.

Itulah yang menjadi kunci rahasia kreatif ala GOOGLE yang dipakai sampai sekarang, yaitu membuat karyawannya berpikir diluar kebiasaan, caranya?

Seperti kalimat diawal Hasil yang berbeda didapat dari cara yang berbeda pula dan cara yang berbeda didapat dari pemikiran yang berbebeda. Ya GOOGLE membuat karyawannya berpikir dengan cara yang berbeda,  caranya sederhana yaitu membuat kantornya seperti taman bermain.






























Dengan begitu para karyawan bisa menemukan cara berpikir yang berbeda diluar kebiasaan. 


Mereka juga sadar inovasi adalah KUNCI karena  "Innovate or die." dan  kunci dari inovasi berasal dari kreaatifitas atau pemikiran yang berbeda.

Masih berharap hasil yang berbeda dengan cara yang sama?


Yuk praktikan Trik yang sederhana tapi ampuh ini.

Bagaimana caranya? Sederhana misal Teman-teman yang biasa pulang kerja pakai mobil bisa pakai motor, yang biasa pakai motor bisa pakai bus atau sepeda, yang biasa bersepeda bisa jalan kaki. Atau biasa pulang pakai jalur A sekarang pakai jalur B. Fakta membuktikan juga bahwa orang sering olahraga biasanya lebih kreatif.

Atau yang usaha biasa pakai setrategi A sekarang jadi Z. Ingat bukan hanya kebiasaan dan strategi,  ACTION pun harus berbeda jika hasil ingin berbeda.

"Innovate or die."

Sumber data: strategimanajemen.net
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip