Tuesday, April 21, 2015

Merk Bersama

Wah sekarang hari kartini ya.. Kalau gitu Sharing kali ini saya coba mengambil pelajaran dari Sosok Pahlawan Kartini dari sudut pandang yang Saya ketahui tentunya.

Dari pengamatan yang saya tangkap sosok kartini coba mengajarkan kepada bangsanya tentang kemandirian dengan cara membagikan apa yang diketahui terutama pengetahuannya.

Mandiri itu kuncinya. Menjadi mandiri berarti harus bisa mampu berdiri di kaki sendiri tidak bergantung kepada orang lain apalagi bangsa lain.

Mandiri di Jaman sekarang bisa diartikan juga bebas dari penjajahan ekonomi dunia, mencoba tidak bergantung kepada Negara-negara lain. Contoh bangsa mandiri seperti Negara Cina yang mampu kokoh berdiri ekonominya bahkan sudah menjadi salah satu Negara adikuasa.

Wah jauh sekali ya bahasannya, Kalau gitu mari kita bahas dari yang terdekat dengan kita, Ya mandiri financial bahkan bisa menjadi sarana pembuat lapangan kerja. Kalau bahasa kerennya Pengusaha atau Enterpreneur, Pengusaha bisa dibilang pahlawan juga di jaman sekarang karena sebagai tulang punggung Negara.

Pengusaha adalah salah satu penyumbang pertumbuhan perekonomian bangsa, Pengusaha banyak maka perekonomian akan menguat. Kata Hata rajasa Menteri perekonomian jaman SBY , minimal perlu empat persen pengusaha dari total penduduk Indonesia agar menjadi Negara maju. Saat ini sekitar 1,56 persen wirausaha di Indonesia.

Jadi jika mau menjadi pahlawan jaman sekarang jadilah pengusaha yang bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain dan ikut menumbuhkan perekonomian bangsa. Dan stop berhenti mengeluh ke Pemerintah minta lowongan pekerjaan.

Contoh Pengusaha dan Seorang kartini yang bahas adalah Sally Giovani, Lulusan SMA masih muda cantik dengan Omset 100juta perhari. Saya juga akan bahas dari segi marketingnya tentang strategi apa yang di terapkan oleh dara muda cantik nan kaya itu. Okee langsung kita hajar.


Merk Bersama


Pak subiakto (Pakar branding) menyebut merk bersama (Sebenarnya bukan merk tapi Brand, tapi saya menyebutnya merk saja biar tidak bingung) dengan komunal brand. Alias hak patennya bisa dipakai siapa saja oleh setiap warga Indonesia.

Lho merk apa itu? Trus apa untungnya? Jelas sangat menguntungakan, karena kita tidak sudah bingung lagi membuat formula differentsiasi atau faktor pembeda dan target pasarnya, yang menjadi faktor utama dalam membuka bisnis.
Bahkan produknya sudah tersedia.

Semuanya sudah tersedia tinggal dipoles dikit saja trus kita merk-in sendiri. Jual deh pasti laku soalnya sudah ada target pasarnya (alias sudah ada permintaan barang). Siapa saja yang bisa terkenal duluan maka mereka akan bisa mengusai pasar tersebut. Yang dulu-duluan terkenal yang bakal menang. Jadi merk bersama itu apa sebenarnya?

Sebenarnya ini ada disekitar kita Cuma kita kurang peka dan menyepelekannya. Yap itulah adalah potensi yang dimiliki setiap daerah masing-masing di Indonesia. Produk tersebut sudah memiliki faktor pembeda yang kuat, target pasar yang jelas, faktor produk ngangeninya sudah teruji, dan sudah terkenal lagi. Jadi semua sudah tersedia.

Tinggal kitanya saja yang bisa memanfaatkannya. Biar ga bingung langsung ke contohnya saja. Contoh produknya misalnya batik, nah setiap batik diseluruh Indonesia memiliki perbedaan, Ini sudah jelas faktor pembedanya yang sangat kuat (malahan unik) di setiap daerah.

Merk tersebut sudah setara nasional.

Contoh pengusaha yang memanfaatkan merk bersama ini adalah Sally giovany perempuan berusia 22Tahun beromset Milyaran perbulan, dia sudah punya cabang hampir diseluruh Indonesia dan masuk rekor Muri Toko Batik terluas+Termuda.

Dan Yang bikin nyesek para cowo-cowo adalah dia CANTIK BANGAT hihi.. kamu gimana bro, masa kalah sama cewe?

Sebenarnya dia itu jual apa seh? Sesosok cantik ini menjual batik Cirebon dan Memberi merk sendiri yaitu Batik Trusmi. Saya menyebutnya Jenius dalam melihat peluang. Selain melestarikan budaya, dia Juga pandai Cari duit hehe.

Karena dia pemain Batik Cirebon yang pertama besar maka dia jadi pemimpin pasar untuk batik Cirebon dan yang lain jadi Follower. Kok gitu? Ya iyalah.. karena sudah mengusai jalur distribusi produk.

Beberapa Mall Cirebon pasti ada showroomnya. Saya juga pernah kesana dan melihat langsung dia..
Subhanallah Cantiknya.. Sayangnya mblo… dia Sudah punya suami.. hehe .. Nah dari kisah diatas, sebenarnya masih banyak banget merk bersama potensi setiap daerah di Indonesia yang belum dimanfaatkan.

Lah dirimu ini malah mikirnya produk dari luar terus.. Kfc lah.. Macdonal lah.. starbuck lah. Padahal Banyak banget sebenarnya pengusaha sukses yang memanfaatkan merk bersama ini.. ada Kopi aceh.. Rendang padang.. Mungkin Cuma kalian aja yang ga sadar hehe..

Kuncinya tinggal mengemasnya dengan baik dan memasarkan dengan kreatif. Coba apa potensi daerahmu? Kalau saya sendiri dan teman sedang mengembangkan keripik ubi Cilembu.. Gimana le? Udah tobat belum dengan produk Import? Hati-hati lho.. bisa-bisa rendang ada Made in China nya haha.. Batik soalnya udah banyak..
Sebelum terlambat segera Action!

Ciri mental pemenang: tidak bergantung pada pemerintah dalam menyukseskan diri & membantu menyukseskan orang lain. Ippho Santosa   
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip