Tuesday, April 21, 2015

Sistem Bisnis dan KESALAHANNYA



Salah satu penyakit pengusaha pemula lainnya adalah suka salah Fokus. Diawal sudah melakukan sistemasi padahal sumber keuangan masuk belum jelas dan apalagi stabil.

Di awal Terlalu Fokus diproduksi, beli mesin produksi, bahan baku yang banyak, merekrut pegawai, Menyiapkan tempat produksi, bikin sistem keuangan, inovasi prodak. Memang hal tersebut penting tapi tidak untuk diawal usaha apalagi untuk UKM yang dananya pas-pasan.

Lucunya pas ditanya, udah produksi begitu banyak trus gimana jual? pasarnya ada? jawaban "ga tahu.. pokoknya hajar aja". Hajar-hajar.. situ ntar yang bakal dihajar karyawan karena ga bisa gaji.

Gara-gara produksi banyak diawal tanpa memikirkan jualannya akibatnya stok banyak yang ga terjual alias numpuk digudang. Pemasukan macet, Ga bisa gajih pegawai dan biaya operasional akhirnya Gulung tikar.

Nah melakukan sistemasi diawal bisnis adalah Kesalahan Fatal. Di awal yang harus di Fokuskan adalah Marketingnya, Kalau ini dijual laku ga? ada yang mau ga? Bahkan jika pasarnya udah ada kita bisa bisnis tanpa modal.

Ya dengan cara Preorder. Berikan sample dikombinasikan dengan penawaran yang menarik. Uang terkumpul baru deh produksi. Pastikan dulu prodaknya laris baru deh mulai bertahap melakukan sistemasi. Sistemasi pada dasarnya hanya membantu operasional ketika operasional yang sekarang sudah mulai kewalahan

Bahkan banyak yang saya lihat yang tidak punya alat produksi, tempat produksi bahkan kantor tak ada, tapi memiliki omset ratusan juta. Ya mereka dari awal membangun pasar, sambil perlahan menawarkan prodaknya, laku ga neh? mereka bikin sample beberapa prodak.

Bikin lima terjual ga neh? laku produksi lagi. bikin 5 lagi, laku lagi bikin lagi. Tiba-tiba banyak yang mau, ketika setelah beberepa kali jual 5 biji laris terus, itu tandanya. Prodak dan pasar sudah siap.

Nah boleh mulai produksi banyak, tapi kan ga punya modal ? Ya tinggal Pre order kan udah banyak yang mau alias pasarnya udah ada. Mas kan kalau pre order orang agak males, Nah kuncinya dipenawaran, bikin penawaran yang keren, Diskon khusus PO, bonus khusus PO, Dicetak terbatas.

Intinya jual sedikit dulu kalau terus-terusan laris bikin Produksi banyak dan PO jangan kebalik Produksi banyak dulu malahan. Karena prodak dan pasar.mesti dites dulu bagaimana pun..
Semoga bermanfaat

Semua bermula dari keluarga. Pastikan impian kita diridhai oleh keluarga. -Ippho Santosa- 

SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip