Tuesday, April 21, 2015

Kejahatan Bisnis Ritel, alfamart


Dalam bsinis offline atau tatap langsung dengan konsumen, Faktor Placing atau peletakan sangat berperan sekali. Siapa yang mendapatkan tempat strategis dialah kemungkinan besar jadi pemenangnya.

Contoh bisnis Macdonalds, Kfc selalu berusaha menempatkan tokonya di Perempatan jalan agar bisa dilihat dari berbagai sudut ketika kita berada didekat jalan tersebut. Kemudian Indomart, Alfamart selalu berusaha menempatkan tokonya di pinggir jalan raya dekat Gang utama tempat pemukiman.

Dan bukan hanya itu penempatan letak prodak kita di toko sangat berpengaruh juga, Misal di supermarket dan Mall. Letak prodak yang di depan pintu, di sebelah kanan, kiri, atas, bawah, dan belakang.

Itulah mengapa harga sewa walau satu toko berbeda harga. Kenapa bisa begitu? Karena prodak yang di pajang di depan toko akan kemungkinan lebih besar dilihat konsumen sehingga prodaknya kemungkinan akan lebih laris.

Nah ini juga berlaku bagi bisnis retail seperti indomart dan alfamart, Penempatan prodak akan berbeda sewa harga, beda atas bawah saja akan berbeda. Karena pengaruhnya sangat besar.


Dalam kontrak dengan pemilik prodak biasanya sudah di atur tentang peletakan prodak tapi ini neh jahatnya bisnis retail. Pada awal nya mereka benar begitu, ketika prodak laris di peletakan suatu tempat, mereka mulai meniru prodak tersebut dan melabeli prodaknya dengan brand pribadi dan meletakan prodaknya di tempat yang laris tersebut.

Kemudian prodak yang tadi di letakan di bawah nya yang paling baiknya tapi kalau yang benar jahat bisa ditempatkan di belakang bagian bawah.

Alhasil prodak mereka laris dan prodak yang tadi jadi tidak laris, contohnya kasusnya permen kino ketika prodak diletakan di bawahnya dan prodak permen buatan alfamart diletakan di atas, penjualan permen kino terjun payung dratis.

Jadi setelah suatu prodak tertentu laku mereka akan akan menduplikasi prodak tersebut dan membuat brand sendiri dan meletakan prodak tersebut di tempat prodak yang di copy tadi. Dan prodak yang di copy akan akan diletakan di tempat yang bukan utama.

Contoh lainnya, prodak kacang atom yang digambar yang saya upload, itu mungkin modifikasi kacang atom garuda setalah prodak tersebut laku mereka mencopynya dan meletakan di tempat kacang atom garuda tersebut.
sumber: Alfamart.com


Jadi hati-hati guys.. kalau mau masukan prodak ke retail seperti indomart atau alfamart dan retail lainnya.

Awalnya mungkin laris tapi kesana prodak kita akan ditiru dan diletakan di tempat bukan utama yang membuat penjualan akan tiba-tiba anjlok. Karena kelemahannya sulitnya pengawasan langsung di toko tersebut karena berbasis Franchise atau lepas.

Oke semoga bermanfaat.

Banyaknya kendala mestinya tidak menciutkan impian kita.  Sebaliknya, mestinya memompa semangat kita Ippho Santosa   
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip