Monday, April 20, 2015

Konsisten ?




Duh baru inget belum upload artikel.. Jadi inget tentang konsep Konsisten. Yaudah kali ini saya akan sharing tentang Konsisten. Kalimat yang pertama yang cocok tentang bahasan konsisten adalah "Konsisten adalah kunci keberhasilan"

Ujung dari konsisten adalah keberhasilan dan bekal yang kita bawa mententukan akan seberapa tinggi kesuksesan itu. Bingungkan? Maksud ujung dari konsistensi adalah keberhasilan, adalah Jika kita terus-menerus melakukannya kita akan mencapai titik puncaknya. Contoh jika kita konsisten terus membiasakan menabung puncaknya akan kaya. Jika kita terus-menerus berlatih menulis puncaknya bikin buku.

Jika kita terus-menerus berlatih main bola puncaknya Jago main bola. Kalau kita terus-menerus jualan puncaknya Jago jualan. Seberapa tinggi puncak tergantung bekal yang kita bawa. Kalau bekal kita cuma cukup satu hari paling tinggi puncaknya hanya beberapa meter. Tapi jika bekal kita banyak tinggi puncak yang kita lampui akan berbeda.

Bekal diibaratkan Kapasitas diri. Jika kapasitas hanya sebatas tahu tentang puncak gunung itu maka puncaknya hanya sampe gunung itu. Kapasitas diri itu berupa Mindset, Mental dan Skill. Kuncinya terus belajar dan berlatih.

Bekal + Konsisten = Menentukan ketinggian puncak

Sebenarnya ilmu konsisten adalah ilmu Branding, Branding adalah ikatan emosional antara konsumen dengan prodak. Ikatan emosional itu semacam memasukan ruh ke dalam prodak. Contoh motor harley itu dimasukan ruh maco. Kalau kita pakai motor harley ruh motor harley akan menempel juga pada penggunanya, Ya secara otomatis tanpa dijelaskan juga. Ruh itu kalau diprodak akan membawa "akan menjadi siapa" kalau memakainya.

Ruh mobil Jepp akan menjadikan penggunanya itu menjadi petualang. Ruh Hp iphone akan menjadikan penggunanya anak gaul. Ruh makan indomie akan menjadikan penggunanya ingat keluarga. Ruh keripik balado adalah oleh-oleh makanan padang. Jadi prodak yang berhasil adalah prodak yang berhasil memasukan ruh ke dalam prodaknya. Apakah memasukan ruh kedalam prodak sesuatu yang instan? Mudah?

Ya lama dan susah
Lalu apa kuncinya KONSISTEN

mereka melakukannya terus-menerus! Apakah orang yang pertama kali pemakai harley disebut maco? apakaha orang yang pertama memmakai Jepp disebut petualang? apakah orang yang pertama memakai Hp iphone disebut gaul? Ya jawabannya TIDAK tapi mungkin disebut ANEH. tapi pemilik perusahaan tersebut melakukannya terus-menerus. Mereka berpikir bagaimana caranya ruh motor harley davidson sebagai maco bisa masuk kepada orang-orang.

Ya perusahaan tersebut tiap hari terus-menerus membentuknya dan memberi tahukan kepada orang (kampanye). Mereka membentuknya secara terus-menerus dengan cara pengguna motor harley harus bertato, celana jeans, jaket kulit, brewokan, berkaca mata, Knalpot yang besar...

Ya mereka melakukannya terus-menerus hingga akhirnya ruh maco ada di motor harley. Jadi ruh apa yang akan dimasukan kedalam prodak anda? Et ingat prodak bukan hanya benda tetapi manusia juga! Misal jika ingin dikenal sebagai penulis konsistenlah menulis, satu, dua tulisan mereka mungkin tidak akan mempercayainya, tetapi pada akhirnya mereka akan percaya dengan kekonsistenan anda.

Jadi orang pintar gambar? Konsistenlah menggambar. Jadi pelawak? Konsistenlah melawak. Jadi hati-hatilah dalam konsistensi, Konsistensi akan melekatkan anda pada konsistensi tersebut.
Jika anda tidak sadar setiap hari konsisten mengkritik maka anda dikenal sebagai pengkritik tanpa sadar!

Makanya konsisten lah hanya dalam hal anda inginkan, Maka anda akan dikenal seperti itu. Konsisten itu bukan hal perkara mudah tapi perlu tekad yang kuat!

Oke segini dulu ya bro! semoga bermanfaat!

Masa-masa terburuk, kelak akan kita kenang sebagai masa-masa terbaik. Asalkan kita mampu mengambil hikmah Ippho Santosa   
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip