Thursday, April 30, 2015

Belajar CopyWriting iklan yang menghasilkan



Ngomong-ngomong tentang iklan seberapa pengaruhkah iklan untuk dampak penjualan seh? Mungkin sebagian dari kita tidak sadar kalau ternyata iklanlah yang membuat kita beli sesuatu. Apalagi prodak rokok, menurut penelitian sekitar lebih 80% penyebab orang merokok karena iklan. Padahal iklan rokok tidak mengiklankan rokoknya langsung, yup karena dilarang oleh pemerintah.

Justru karena itu rokok semakin kreatif mereka memposisikan rokok merknya masing-masing sebagai gaya hidup. Rokok yang jiwa petualang, rokok pekerja diluar kantoran dan lain sebagainya dan karena strategi marketing tersebutlah menjadi strategi ampuh keberhasilan penjualan rokok juga. Iklanlah kunci penjualan. Contoh prodak lain adalah pembersih muka, beh itu larisnya bagaimana yah, pembersih muka jadi prodak wajib mungkin sekarang. Yah semua itu karena pengaruh persuasi iklan yang mungkin kita tidak sadari.

Gambar dan Tulisan adalah senjata utamanya, Iklan sebenarnya adalah ilmu persuasi bagaimana mempengaruhi khalayak dengan gambar dan tulisan. Gambar sebagai penguat visual dan tulisan sebagai penegasan visual salah satunya. Jadi ilmu beriklan sangat dibutuhkan jika kita mau fokus di dunia usaha atau jualan.

Tapi sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari juga sangat penting bagaimana mengiklankan diri kita ke orang lain agar orang mengenal seperti apa yang kita inginkan dan menjadi menarik ketika dijadikan teman. Jika tidak begitu mungkin harga jual kita sebagai dijadikan temen akan rendah, orang-orang pengen punya temen yang asyik kan. Akan banyak orang yang mau jadi teman kita jika kita orangnya asyik.

Kembali kebahasan iklan di awal, Bagaimana pentingnya ilmu iklan, Maka sekarang saya mencoba sharing bagaimana kerangka menulis iklan yang efetif. Kalau di dunia periklanan mungkin sering di mendengar copywriting. Ya intinya itu copywriting, menjadikan tulisan tidak menarik bisa jadi menarik. Iklan yang tidak menarik sama saja bisa dibilang gagal.

Oleh karena itu kemampuan copywriting sangat dibutuhkan apalagi sekarang jamannya online. Siapa yang tulisannya menarik dialah yang menang. Skill copywriting jaman sekarang adalah keharusan jika tidak bisa siap-siap punah. Kalau kata mas Jaya Setiabudi, Berubah itu bukan pilihan tapi keharusan atau punah ditelan jaman.

Jadi yang belum kenal copywriting segara buru-buru belajar atau punah. Nah tulisan ini juga akan mungkin akan sedikit mencerahkan tentang ilmu copywriting. Saya akan bahas Unsur terpenting dari copywriting diantara yang akan saya bahas ada dua.

A. Kerangka.

Kerangka tulisan harus benar jika ingin tulisannya menarik. Kerangka copywriting ada 6, yaitu;

1. Judul

Judul jadi sangat pengting dalam tulisan jika judulnya tidak menarik jangan harapkan isinya akan dibaca. Kuncinya judul harus bisa membuat penasaran contohnya judul artikel yang menarik 3milyar3menit , unsur penasarannya dapat banget bikin orang penasaran bagaimana mendapatkan 3 milyar dalam 3 menit.

2. Lead.

Yaitu kalimat pembuka dalam tulisan, ini menjadi hal krusial jika kita tidak bisa menarik perhatiannya, tulisan kita tidak akan berlajut dibaca. Tips nya adalah salah satunya adalah buka dengan kalimat permasalahan, pada dasarnya orang mencari solusi dari permasalahnya dan berharap iklan tersebut menawarkan solusi dari permasalahannya. 
Semakin banyak masalah yang dituliskan semakin orang akan penasaran. Contoh: susah kurus? Diet ga berhasil terus? Makan sedikit tapi tetep tidak kurus? Pokoknya masalah semua isinya dan gunakan teknik cerita dalam menuliskan masalah tersebut karena orang suka cerita bukan iklan.

3. Isi 

Tentu setelah masalah kita perlu solusi. Yap berikan solusi dari permasalahn tersebut dengan prodak anda. Contohnya Ya inilah solusinya obat diet alami tanpa bahan pengawet yang telah teruji dengan berbagai testimony dari dokter atau konsumen. Penggunaan tidak ribet, makan tidak usah pilih-pilih lagi, Terbuat dari bahan alami lidah buaya dicampur dengan mawar bodas.

4. Penawaran

Berikan penawaran semenarik mungkin contoh beli sekarang dapat bonus mobil BMW, dapatkan juga goodie bags terbuat dari karung, persedian hanya untuk hari ini untuk hanya empat orang tercepat. Jadi tunggul apalagi segeralah hubungi customer service kita yang cantik dan sopan.

5. Call to action 

Ajakan untuk segera beli  dengan penekanan contoh, segeralah kunjungi outlet kami dijalan belok kanan kiri lurus terus, Hubungi ke nomer 08091111111111 atau pemesan langsung ke web kami ke sadarkanaku.com. Pemesan lewat web akan dapat bonus diskon 95%, gila kan? Ya penulis iklan ini memang rada-rada.

6. Nambah berita atau NB

contohnya: informasi ini disebarkana ke seluruh alam baik alam dunia alam gaib, Pesan sekarang juga atau keburu direbut oleh jin. Mau direbut sangingan sama jin?




Nah itu unsur-unsur dalam kerangka copywriting, trus pertanyaan selanjutnya apakah kita mesti memasukan semua unsur iklan tersebut? Jawabannya tidak, disesuaikan dengan keadaan jika tidak mungkin jangan. Tapi yang terpenting unsur kesatu yaitu Judul dan permalasahan dan penawaran tercantum. Selebihnya lebih kesesuai dengan keadaan.

B. Pemilihan Kata

Unsur selanjutnya dalam copywriting yaitu pemiliha kata-kata yang menarik dan sesuai dengan target pasarnya. Contoh kata mahal diubah dengan investasi, sedikit diubah jadi ekslusif. Pemiliahan kata-kata sangat penting. Dalam ilmu semiotika, bahasa itu berbentuk relief artinya kata-kata ada bentuknya, bentuk kata-kata seperti pedas, tajam, kasar, lembut dan lain sebagainya. Semakin bentuknya berirama dan berintonasi semakin menarik. Jadi belajarlah memilih kata-kata juga, tentu disesuaikan dengan target pasar kita, jangan sampai bahasa gaul yang aneh-aneh dipakai ke nenek-nenek dan kakek-kakek.

Yap itulah sedikit sharing saya tentang copywriting, mau lengkapnya? Hubungi penulis artikel ini.


Memperbaiki kelemahan hanya mengubah Anda dari orang di bawah rata-rata menjadi orang rata-rata Meningkatkan kekuatan akan mengubah Anda dari orang rata-rata menjadi orang di atas rata-rata -Ippho Santosa-   
SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment

iklan responsip